Wisata Kepulauan Karimun jawa Jepara

Wisata Kepulauan Karimun jawa Jepara

Karimunjawa adalah sebuah kecamatan di Jepara, Jawa Tengah yang berbentuk kepulauan di tengah Laut Jawa. Berjarak sekitar 83 KM di utara kota Jepara, Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, tapi hanya 5 pulau yang berpenghuni. Potensi wisata utama dari Kepulauan Karimunjawa adalah estetika lautnya. Karena potensi wisata taman laut hal yang demikian, kepulauan ini diatur sebagai salah satu taman nasional Indonesia pada tahun 2001.

 

Hasan, putra Sunan Muria yang bandel dan adalah murid Sunan Kudus. Ia dibuang ke kepulauan yang apabila diamati dari kejauhan disebut kerimun-kerimun dalam bahasa Jawa atau berarti samar-samar dalam bahasa Indonesia. Lama kelamaan, kepulauan hal yang demikian akrab dipanggil sebagai Kepulauan Karimunjawa. Tempat wisata yang telah diatur sebagai taman laut nasional Indonesia ini memiliki lebih dari 90 tipe karang laut, dan lebih dari 240 tipe ikan. Di sebagian pulau, anda dapat memandang hutan mangrove dan hutan pantai. Kecuali itu anda juga dapat menjumpai sebagian tipe satwa di daratan, seumpama rusa, simpanse, beraneka tipe burung, penyu, dan lain-lain.

 

Jalur laut adalah trek yang paling biasa diterapkan wisatawan untuk berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa. Ada 3 alternatif kapal yang dapat membawa anda ke tempat wisata ini, adalah kapal motor kencang Kartini, kapal Bahari Expres, dan kapal motor penumpang Muria. Kalau mengaplikasikan kapal motor kencang Kartini, anda akan menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari Pelabuhan Kartini. Kalau mengaplikasikan kapal Bahari Expres, anda akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Pelabuhan Kartini. Dengan kapal motor Kartini anda akan menempuh pelabuhan Karimunjawa dalam waktu kurang lebih 6 jam. Perlu diingat bahwa situasi cuaca dan ombak benar-benar berdampak pada pelayaran, sehingga dapat saja pelayaran ditunda atau dibatalkan apabila cuaca sedang buruk.

 

Kecuali mengaplikasikan kapal laut untuk menuju Karimunjawa, anda juga dapat mengaplikasikan pesawat terbang. Penerapan pesawat terbang ke Bandara Dewandaru di Pulau Kemujan, Karimunjawa memang kurang terkenal mungkin karena harganya yang lebih mahal apabila diperbandingkan dengan mengaplikasikan kapal laut. Anda dapat mengaplikasikan pesawat dari maskapai Merpati Airlines, Sky Aviation, dan Wings air dari Bandara Ahmad Yani, Semarang. Asal muasal nama Bandara Dewandaru cukup menarik, adalah berasa dari nama sebuah pohon yang hanya ada di Kepulauan Karimunjawa. Berdasarkan cerita masyarakat setempat, apabila anda mengambil dan membawa pulang kayu pohon Dewandaru, karenanya kapal yang anda tumpangi akan karam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *