Bahaya Penurunan Berat Badan Terlalu Banyak

Diet GM

Diet GM yang juga diketahui dengan General Motors diet adalah program diet selama 7 hari dengan fokus mengonsumsi tipe makanan tertentu dan dengan porsi tertentu. Metode diet ini betul-betul populer karena diklaim dapat menurunkan berat badan sekitar 6,8 kg dalam waktu seminggu saja. Sebelum Anda menentukan untuk melaksanakannya, simak dahulu review lengkapnya berikut ini!

 

Mulanya diet GM dipelopori khusus untuk para karyawan General Motors pada tahun 1985 di Amerika Serikat. Melainkan kemudian, program diet yang konon telah melewati pengujian di Johns Hopkins Research Center ini beredar luas di kalangan lazim.

 

Penurunan berat badan yang terlalu ekstrim justru hanya membuat Anda kehilangan otot, tulang, dan air, bukannya lemak. Selain itu, diet yang terlalu banyak memangkas kalori dan tidak diimbangi dengan olahraga juga dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lebih lambat dan membuat tubuh kekurangan gizi.

 

Penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat menyebabkan batu empedu, dehidrasi, kekurangan gizi, dan ketimpangan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, juga menimbulkan berjenis-tipe keluhan, seperti sakit kepala, kelelahan, pusing, wasir, perubahan mood, menstruasi yang tidak teratur, hingga kerontokan rambut.

 

Daripada berkonsentrasi pada diet GM atau diet coba-coba lain yang belum jelas bukti ilmiahnya, lebih baik Anda melakukan program diet sehat pantas anjuran dokter gizi. Saran para spesialis kesehatan adalah penurunan berat badan secara berjenjang, setidaknya 0,5 kg – 1 kg per minggu. Menerapkan pola makan sehat yang dipadu dengan olahraga adalah cara terbaik untuk mendapatkan berat badan ideal yang dapat bertahan untuk jangka waktu lama. Sekiranya mengalami kesusahan untuk menentukan pola makan dan program diet yang pantas, Anda dapat berkonsultasi ke dokter gizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *