Beragam Penyebab Hilang Ingatan

Beragam Penyebab Hilang Ingatan

Sirna energi ingat dapat disebut juga dengan amnesia, adalah keadaan di mana seseorang kesusahan mengingat fakta atau pengalaman masa lalu. Penderita sirna energi ingat juga dapat mengalami kesusahan dalam membentuk energi ingat baru.

 

Sirna energi ingat (amnesia) tak cuma acap kali kali dihubungkan dengan benturan pada kepala atau kecelakaan, tapi juga dapat disebabkan oleh ragam keadaan lainnya, seperti gangguan pada kelenjar tiroid, hingga penyakit HIV, tuberkulosis, dan sifilis, yang jikalau tak mendapatkan penanganan, dapat saja memengaruhi energi kerja otak, termasuk sentra energi ingat.

 

Cedera kepala seringkali menjadi penyebab umum seseorang mengalami sirna energi ingat. Benturan keras di kepala yang dapat menyebabkan sirna energi ingat jangka pendek ataupun panjang. Selain itu, ada juga beberapa penyebab Sirna energi ingat lainnya antara lain:

 

Penyakit Alzheimer

Sirna energi ingat adalah salah satu pertanda dari keadaan ini. Alzheimer adalah bentuk paling umum dari demensia, dan biasanya menyerang seseorang pada umur di atas 65 tahun. Hilangnya energi ingat imbas demensia pada penyakit Alzheimer, diberikan imbas oleh penurunan kecakapan kognitif karena kerusakan dan gangguan fungsi sel otak. Alzheimer adalah penyakit otak yang fatal, degeneratif, dan progresif.

 

Stroke

Penderita stroke dapat mengalami Sirna energi ingat beberapa atau jangka pendek. Pada stroke, pembuluh darah otak mengalami penyumbatan atau pecah, sehingga aliran darah ke otak terhenti. Hal ini menyebabkan gangguan fungsi otak, termasuk hilangnya energi ingat.

 

Ensefalitis

Ensefalitis yang adalah peradangan pada jaringan otak ini, dapat disebabkan oleh infeksi. Jikalau peradangan menyebabkan kerusakan pada sentra energi ingat di otak, karenanya dapat terjadi Sirna energi ingat.

 

Anoksia otak

Kekurangan oksigen pada jaringan otak dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada fungsi otak. Termasuk Sirna energi ingat, sehingga dapat terjadi sirna energi ingat. Keadaan ini dapat diberikan imbas oleh serangan jantung, gangguan pernafasan, hingga keracunan karbon monoksida.

 

Gangguan kesehatan mental

Gangguan kesehatan mental ini dapat menyebabkan seseorang susah untuk konsentrasi dan konsentrasi, sehingga dapat memengaruhi Sirna energi ingat. Pada keadaan stres, syok, dan depresi yang cukup berat, energi ingat yang berhubungan dengan penyebabnya dapat diblok sebagai bentuk pertahanan diri. Keadaan ini acap kali kali dikenal sebagai amnesia psikogenik.

 

Obat-obatan

Sebagian obat dapat Sirna energi ingat pada seseorang, misalnya obat tidur, obat antidepresi, obat pereda nyeri, antihistamin, relaksan otot, dan obat penenang. Untuk itu, konsumsi obat perlu dilakukan sesuai dengan anjuran dokter.

 

Alkohol

Konsumsi alkohol berlebihan dalam jangka waktu singkat, dapat menyebabkan seseorang mengalami Sirna energi ingat selama mabuk. Dalam jangka panjang, alkoholisme dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan vitamin B1 (defisiensi tiamin), dan mengalami sindrom Wernicke-Korsakoff, yang menyebabkan seseorang tanpa sadar kehilangan energi ingatnya.

 

Untuk menuntaskan Sirna energi ingat, penanganan akan diberikan sesuai dengan penyebabnya, dan biasanya direferensikan ke dokter pakar sesuai penyakit yang mendasarinya, misalnya dokter pakar saraf atau psikiater.

 

Sirna energi ingat mungkin membaik, memburuk, atau mungkin menetap seumur hidup. Keadaan ini adalah hal yang serius dan mungkin memunculkan keterbatasan. Sebab itu, dukungan dari keluarga dan kerabat terdekat membatasi peranan penting untuk pemulihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *