Gejala dan Perawatan Kelainan Otot

Kelainan Otot

Kelainan otot atau miopati ialah istilah medis yang merujuk pada sebagian situasi gangguan otot di dalam tubuh. Kelainan pada otot bisa disebabkan pelbagai hal, bagus yang berhubungan dengan kelainan genetika maupun non-genetika, seperti cedera otot dan penerapan otot berlebihan, peradangan, infeksi, penerapan obat-obatan tertentu, kanker, dan penyakit saraf yang memengaruhi otot. Beberapa kasus kelainan otot malahan tak diketahui pasti penyebabnya.

 

Gejala utama miopati atau kelainan otot ialah kelemahan otot yang disebabkan kelainan pada serabut otot. Kelemahan otot ini bisa memengaruhi otot di semua tubuh, seperti otot mata, wajah, lengan, kaki, otot untuk menelan, otot untuk berbicara, malahan otot pernapasan. Gejala lainnya bisa berupa nyeri otot, kram, otot kaku, dan kejang otot. Kelainan otot pada si kecil-si kecil lazimnya ditandai dengan keadaan sulit tumbuh kembang, seperti telat bicara, berdiri, atau berjalan.

 

Situasi kelainan otot membutuhkan pemeriksaan dan penanganan medis seketika, terpenting seandainya gejalanya telah mengganggu kegiatan sehari-hari, seperti kelelahan, atrofi otot, kesusahan bergerak, sulit berjalan, sulit menggenggam sesuatu, serta kelemahan otot berkepanjangan yang kian parah dan terjadi telah lebih dari sebagian pekan. Bila terdapat gejala-gejala hal yang demikian, segeralah berkonsultasi ke dokter.

 

Imbas kelainan otot pada tiap-tiap orang bisa berbeda. Beberapa orang bisa hidup normal, namun sebagian lainnya mengalami gangguan dalam berkesibukan, kelumpuhan, hingga pelbagai situasi yang berpengaruh fatal.

 

Penanganan kelainan otot tergantung pada penyakit atau situasi yang mendasarinya. Kelainan otot yang disebabkan oleh elemen genetika lazimnya tak bisa disembuhkan, dan penanganan cuma bersifat suportif. Untuk kelainan otot yang diperoleh setelah lahir (acquired), dokter bisa memberikan penanganan berupa terapi obat, fisioterapi, bracing untuk menunjang otot yang melemah, hingga operasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *