Hal Seputar Operasi Bibir Sumbing Yang Perlu Anda Tahu Part 1

Bibir Sumbing

Operasi bibir sumbing adalah prosedur bedah yang dilakukan untuk menuntaskan bibir sumbing. Bibir sumbing adalah kelainan bawaan yang terjadi pada bayi yang ditandai dengan adanya celah pada bibir dan langit-langit mulut. Celah hal yang demikian terbentuk imbas penyatuan yang tidak sempurna antara kedua sisi bibir dan langit-langit mulut.

 

Operasi bibir sumbing umumnya bisa dilakukan pada bayi berusia 3-12 bulan. Seandainya bibir sumbing yang terjadi memengaruhi wujud hidung, dokter yang melaksanakan operasi bibir sumbing juga akan mengkoreksi wujud hidung pasien. Operasi perbaikan wujud hidung ini diketahui dengan nama rhinoplasty. Untuk keperluan operasi, dokter bisa mengambil jaringan dari bagian tubuh lain (cangkok). Pasien penderita bibir sumbing bisa menjalani beberapa kali operasi untuk menutup sumbingnya secara sempurna.

 

Indikasi Operasi Bibir Sumbing

Operasi bibir sumbing dilakukan kepada buah hati bila menderita bibir sumbing, langit-langit sumbing, atau gabungan dari keduanya. Bibir dan langit-langit sumbing seringkali diketahui oleh dokter sesudah lahirnya bayi pada ketika pemeriksaan pasca persalinan. Akan tetapi pada beberapa kasus, bibir sumbing bisa diketahui pada ketika pemeriksaan pra persalinan lewat USG kehamilan, walaupun langit-langit sumbing tetap mesti diperiksa sesudah bayi lahir.

 

Operasi bibir sumbing ini mesti dilakukan kepada buah hati penderita bibir sumbing karena bisa mengganggu cara kerja makan, menyusui, dan berbincang-bincang. Kecuali itu, mereka juga bisa mengalami gangguan pendengaran dan infeksi telinga karena penumpukan cairan di dalam telinga. Buah penderita bibir dan langit-langit sumbing juga lebih mudah mengalami pembusukan gigi imbas perkembangan gigi yang tidak sempurna.

 

Peringatan Operasi Bibir Sumbing

Sejauh ini belum diketahui adanya kondisi khusus yang menyebabkan seorang buah hati tidak boleh sama sekali menjalani operasi bibir sumbing. Akan tetapi, pada beberapa buah hati yang memiliki alergi kepada obat bius yang akan dipakai, operasi bibir sumbing bisa tetap dilakukan dengan perlakuan atau pengawasan khusus.

 

Prosedur Operasi Bibir Sumbing

Operasi bibir sumbing dilakukan dengan kondisi buah hati tidak sadar sesudah diberikan obat bius sempurna. Saat buah hati tidak sadar, dokter akan langsung melaksanakan perbaikan bibir sumbing dengan cara menyatukan kedua sisi bibir yang terpisah. Seandainya celah sumbing terlalu lebar untuk dijahit, dokter akan melaksanakan prosedur khusus dengan menggunakan zat lem bibir (adhesi) atau alat penggabung bibir. Bibir kemudian disatukan dengan menggunakan benang jahit, bagus dengan benang jahit yang bisa menyatu dengan bibir maupun yang tidak bisa menyatu. Seandainya bibir buah hati dijahit dengan benang jahit yang tidak menyatu dengan bibir, buah hati akan menjalani prosedur pencabutan benang jahit sesudah pulih sepenuhnya dan bibir telah menyatu dengan bagus.

 

Operasi umumnya akan meninggalkan bekas luka pada bibir di bagian bawah hidung. Akan tetapi untuk menjaga penampilan buah hati, dokter akan mengendalikan dan membikin bekas luka operasi sealami mungkin. Bekas luka operasi akan memudar dengan sendirinya seiring tumbuhnya buah hati. Seandainya diperlukan, dokter juga akan mengendalikan wujud hidung agar cocok dengan wujud bibir yang telah menjalani operasi bibir sumbing. Operasi bibir sumbing umumnya berlangsung sekitar 2 jam.

 

Pemulihan pasca operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing umumnya berjalan tanpa adanya kondisi sulit atau komplikasi serius. Kecuali itu, sesudah selesai menjalani operasi bibir sumbing, buah hati akan menjalani pemeriksaan pendengaran yang bisa diberikan imbas oleh kondisi mulut pasca operasi. Pemeriksaan pendengaran ini bisa diulangi pada waktu-waktu tertentu beberapa tahun sesudah cara kerja operasi. Buah juga bisa mengalami gangguan bicara imbas perubahan wujud otot mulut pasca operasi. Untuk menolong kondisi ini, buah hati bisa menjalani terapi bicara yang dituntun oleh petugas khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *