Hal Seputar Operasi Bibir Sumbing Yang Perlu Anda Tahu Part 2

Operasi Bibir Sumbing

Operasi bibir sumbing merupakan prosedur bedah yang dikerjakan untuk menyelesaikan bibir sumbing. Bibir sumbing merupakan kelainan bawaan yang terjadi pada bayi yang ditandai dengan adanya celah pada bibir dan langit-langit mulut. Celah hal yang demikian terwujud imbas penyatuan yang tidak sempurna antara kedua sisi bibir dan langit-langit mulut.

 

Operasi bibir sumbing umumnya bisa dikerjakan pada bayi berusia 3-12 bulan. Jikalau bibir sumbing yang terjadi memengaruhi bentuk hidung, dokter yang mengerjakan operasi bibir sumbing juga akan memperbaiki bentuk hidung pasien. Operasi pembetulan bentuk hidung ini diketahui dengan nama rhinoplasty. Untuk keperluan operasi, dokter bisa mengambil jaringan dari bagian tubuh lain (cangkok). Pasien penderita bibir sumbing bisa menjalani sebagian kali operasi untuk menutup sumbingnya secara sempurna.

 

Prosedur Operasi Langit-langit Sumbing

Operasi langit-langit sumbing umumnya dikerjakan dikala buah hati berusia 6-12 bulan, bagus pada buah hati yang juga mengalami bibir sumbing atau yang cuma mengalami langit-langit sumbing saja. Buah yang menjalani operasi langit-langit sumbing khususnya dahulu akan diberi obat bius sempurna, sehingga tidak akan sadar selama prosedur operasi berlangsung. Dokter kemudian akan menutup celah sumbing di langit-langit mulut. Kecuali itu, dokter juga akan mengontrol posisi dan bentuk otot-otot yang terdapat pada langit-langit mulut. Setelah posisi otot dibatasi dengan bagus, dokter kemudian akan menyatukan celah langit-langit mulut menerapkan benang jahit yang menyatu dengan otot langit-langit mulut.

 

Operasi langit-langit bibir sumbing umumnya akan berlangsung sekitar 2 jam. Operasi ini akan mewujudkan bekas luka di bagian dalam mulut, dan tidak akan kelihatan dari luar. Bunyi buah hati-buah hati yang menderita langit-langit sumbing umumnya akan mendengung dikala berbincang-bincang, dan sekali-sekali dengung hal yang demikian tetap ada meskipun buah hati sudah menjalani operasi. Kecuali itu pada sebagian kasus, bunyi dengung baru muncul sebagian bulan setelah buah hati menjalani operasi langit-langit sumbing.

 

Operasi Tambahan

Seiring tumbuhnya buah hati, bentuk bibir dan wajah buah hati bisa berubah. Situasi ini sekali-sekali menyebabkan buah hati semestinya menjalani operasi tambahan. Teladan operasi tambahan yang bisa dijalani merupakan faringoplasti untuk memperbaiki bentuk tenggorokan guna meningkatkan kwalitas bicara, dan operasi gusi sumbing apabila terdapat celah antara gusi yang terwujud bersama dengan bibir sumbing. Operasi gusi sumbing akan melibatkan cangkok tulang sebagai bahan untuk menyatukan gusi yang terpisah.

 

Setelah Operasi Bibir Sumbing

Setelah operasi bibir sumbing dikerjakan, buah hati akan dibawa ke ruang perawatan untuk menjalani pemulihan pasca operasi. Umumnya, buah hati akan menjalani rawat inap sekitar 1-3 hari atau pantas keperluan. Selama rawat inap, buah hati boleh didampingi oleh orang tuanya.

 

Orang tua akan diberi instruksi oleh dokter untuk menjaga luka operasi bibir sumbing tetap bersih dan terhindar dari infeksi. Kecuali itu, luka operasi tidak boleh teregang atau tertekan selama masa pemulihan, merupakan sekitar 3-4 minggu. Untuk membersihkan luka operasi, orang tua bisa menerapkan sabun khusus dan mengolesi luka dengan salep untuk menjaga supaya luka dan kulit di tempat operasi tidak kering. Buah semestinya dijaga tangannya supaya tidak meraba dan mengganggu jahitan operasi, sehingga pemulihan bisa berlangsung dengan optimal.

 

Selama masa pemulihan dari operasi bibir sumbing, buah hati cuma diperkenankan untuk diberi makanan cair. Jikalau kondisi buah hati tidak memungkinkan untuk disusui ibunya, dokter akan memberikan botol yang didesain khusus bagi buah hati yang menderita bibir dan langit-langit sumbing. Air susu ibu bisa diperah dan dimasukkan ke dalam botol hal yang demikian untuk diberi kepada buah hati. Jikalau betul-betul dibutuhkan, buah hati akan dipasangi selang khusus pada hidung sebagai jalanan substitusi masuknya makanan lewat mulut.

 

Pemulihan pasca operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing umumnya berjalan tanpa adanya kondisi sulit atau komplikasi serius. Kecuali itu, setelah selesai menjalani operasi bibir sumbing, buah hati akan menjalani pemeriksaan pendengaran yang bisa diberi imbas oleh kondisi mulut pasca operasi. Pemeriksaan pendengaran ini bisa diulangi pada waktu-waktu tertentu sebagian tahun setelah cara kerja operasi. Buah juga bisa mengalami gangguan bicara imbas perubahan bentuk otot mulut pasca operasi. Untuk menolong kondisi ini, buah hati bisa menjalani terapi bicara yang dituntun oleh petugas khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *