Review dan Spesifikasi Lengkap Komparasi Toyota Vios vs Honda City 2013

Toyota Vios

Toyota siap merenggut kembali pasar sedan low-entry yang selama ini dirasakan oleh Honda City sesudah Toyota Vios mendapatkan ubahan model secara keseluruhan di tahun ini. Nah, yang menjadi pertanyaan “Apakah Toyota Vios terupdate ini lebih bagus diperbandingkan dengan Honda City terupdate?” Mari kita simak di artikel Komparasi Toyota Vios vs Honda City 2013. Bagus Honda City dan Toyota Vios sekarang mempunyai garis desain yang mirip-mirip. Kedua kendaraan beroda empat ini telah meninggalkan aura desain manis yang dahulu sempat menjadi primadona dipertengahan tahun 2000-an. Sekarang keduanya menganut model desain yang sporty dan bengis seperti singa kelaparan yang siap memangsa rusa Afrika.

 

Mulai dari Honda City. Tapi yang tahun lalu mendapatkan facelift ini mempunyai desain yang lebih datar diperbandingkan dengan Toyota Vios. Dari format depannya kendaraan beroda empat ini terlihat lebih gemuk  dan pendek. Grille chrome besar memberikan dialek sedan mewah yang mencoba keluar dari kelas low-entry sedan sedangkan sepertinya gagal sedangkan harganya telah mendekati. Yang unik, Honda tak melengkapi kendaraan beroda empat ini dengan fog lamp sebagaimana kendaraan beroda empat Indonesia kebanyakan. Selain aura kemewahan tetap terasa pada eksterior Honda City terupdate.

 

Berbeda dengan Honda City, Toyota Vios terlihat lebih tinggi dan ramping pada eksterior depannya. Padahal pada bagian buntut mungkin terlihat sebaliknya. Toyota Vios dibekali dengan sebuah grille tipis dengan bumper menjorok ke atas seperti layaknya sebuah sedan sport. Dibandingi pada bagian eksterior belakang, Toyota berhasilkan mewujudkan garis desain sebuah sedan yang manis seperti Toyota Vios edisi-edisi sebelumnya. Tapi dengan Honda City, desain Toyota Vios terupdate terlihat lebih segar karena lebih baru. Selain sekadar anjuran, jangan memilih Toyota Vios berwarna hitam, karena warna hal yang demikian menutupi kecantikan format bumper depan yang dilengkapi dengan ventilasi udara sporty seperti kendaraan beroda empat balap. Padahal diperintah memilih, Sepertinya Toyota Vios lebih unggul dalam hal desain diperbandingkan dengan Honda City yang telah mulai terlihat uzur akhir-akhir ini ini.

READ  Review dan Spesifikasi Honda Brio S AT

 

Bicara seputar mesin, tentunya Toyota wajib takluk dengan Honda City. Kita berkeinginan Toyota segera meninggalkan mesin 1500 cc VVT-i yang dibekali pada kendaraan beroda empat-kendaraan beroda empat murah sampai kendaraan beroda empat-kendaraan beroda empat anyar mereka. Pasalnya mesin 1NZ-FE Toyota ini telah diterapkan di banyak model mulai dari Daihatsu Grand Max, Luxio, Terios sampai Toyota Avanza, Yaris dan Toyota Rush. Dibandingi lebih gampang untuk penggantian spare parts dan terkenal dengan ketangguhannya. Rasanya kurang bergengsi sekiranya sebuah sedan yang mempunyai harga lebih dari 250 juta Rupiah memakai mesin yang sama dengan kendaraan beroda empat barang. Selain pengaplikasian mesin 1NZ-FE Toyota selain menjadi boomerang, ia juga menjadi kelebihan di segmen ini. Sebutkan kelebihan mesin Vios yang telah lebih dari 10 tahun tanpa penemuan kreatif ini. irit? Iya, kencang? Iya, jahil? Iya, gampang dirawat? Iya, untuk dimodifkasi juga pasti modifikator Indonesia akan menganggukan kepala. Dibandingi ini membuat Toyota dapat banyak berhemat untuk memangkas pengaplikasian spare parts dan pengembangan mesin di kelas ini. Intinya Toyota Vios tetap setia memakai mesin lama yang telah teruji lebih dari 10 tahun ini. Satu-satunya penemuan kreatif pada mesin Toyota Vios terupdate ada pada Electronic Power Steering yang menggantikan teknologi hidrolik.

 

Berbeda dengan Honda City, Mesin L15A7 1.500 cc i-VTEC pertama kali diberi tahu pada tahun 2007 dan mempunyai tenaga yang tak perlu diragukan lagi, tenaga kendaraan beroda empat ini lebih besar 10 Ps diperbandingkan mesin Toyota. Sama seperti Toyota, mesin kendaraan beroda empat ini juga diterapkan pada Honda Freed dan Honda Jazz yang terkenal dengan keiritannya. Kelebihan mesin L15A7 Honda City diperbandingkan dengan Toyota Vios juga ada pada jenis transmisi automatic yang diterapkan. Honda City telah dilengkapi dengan transmisi automatic CVT 7 percepatan yang dapat dioperasikan via paddle shift dibalik setir seperti kendaraan beroda empat balap F1. Dibandingi Toyota Vios masih memakai transmisi automatic 4 percepatan tanpa mode manual seperti kendaraan beroda empat-kendaraan beroda empat masa sekarang. Untuk mesin dan transmisi, nampaknya Honda City lebih unggul diperbandingkan dengan Toyota Vios. Soal irit-iritan, kedua kendaraan beroda empat ini hampir sama, cuma saja Honda City lebih boros sedikit karena output tenaganya lebih besar.

Related posts

Leave a Comment