Review dan Spesifikasi Lengkap Mitsubishi Mirage GLS AT 2013

Mitsubishi Mirage GLS

Untuk ikut meramaikan pasar small city car di tanah air, sejak September 2012 lalu PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) meluncurkan Mitsubishi Mirage di Indonesia. Nah kali ini melewati unit pinjaman dari Rental Kendaraan Jakarta Autonet Rent Car, AutonetMagz menerima kans untuk melaksanakan ulasan dan test drive mendalam mengenai Mitsubishi Mirage. Penasaran? Kami juga ulasan kendaraan beroda empat ini dalam wujud video di YouTube.

 

Ketika memperhatikan konsep desain Mitsubishi Mirage pertama kali dalam wujud sketsa dan konsep, tentunya siapa saja pasti menerima ekspektasi yang tinggi mengenai desain kendaraan beroda empat ini, melainkan kenyataannya pada figur produksi tidak segarang figur konsep. Melainkan desain kendaraan beroda empat ini masih dibilang manis mulai dari depan, belakang dan samping. Pada bagian depan, Mitsubishi Mirage diwujudkan sungguh-sungguh aerodinamis, malah hingga dikerjakan pengetesan dalam wind tunnel untuk mengetes seberapa besar nilai hambatan angin kendaraan beroda empat ini, umumnya hanya kendaraan beroda empat-kendaraan beroda empat mewah dan kendaraan beroda empat balap saja yang melaksanakan pengetesan nilai hambatan udara hingga demikian itu rincinya. Dan benar saja Mitsubishi Mirage menerima nilai yang sungguh-sungguh baik dengan angka 0,29 CoD.

 

Masih seputar desain depan Mitsubishi Mirage, kendaraan beroda empat ini sudah di desain sedemikian rupa supaya ramah kepada pejalan kaki ketika terjadi kecelakaan dan memiliki nilai yang baik pada test uji tabrak. Terbukti ketika kendaraan beroda empat ini menerima bintang 5 pada test karena pengaplikasian High Tensile Steel yang sungguh-sungguh kuat melainkan ringan dibandingkan dengan material kendaraan beroda empat lainnya. Penggunaan High Tensile Steel pada body kendaraan beroda empat hal yang demikian juga membuat muatannya sungguh-sungguh ringan berkisar 850 hingga 870 kilogram saja.

 

Cuma perlu menjadi catatan bagi Mitsubishi Mirage Indonesia ada pada ground clearance-nya yang diwujudkan lebih tinggi dari Mirage versi negara lain, adalah ada di angka 160 mm untuk membuat kendaraan beroda empat ini tidak mengalami friksi ketika melewati polisi tidur. Kendaraan saja penambahan tinggi hal yang demikian justru membuat kendaraan beroda empat ini nampak ‘cingkrang’ pada bagian belakangnya. Terakhir, karena unit yang kami test adalah unit GLS, Kendaraan ini pada desain eksteriornya belum dilengkapi dengan fog lamp, rear spoiler dan muffler cutter. Melainkan sudah dilengkapi dengan high mounted berhenti lamp dan velg racing 14 inchi dengan profil ban sungguh-sungguh tipis sehingga nampak lebih kecil.

 

Malah murah, desain dan kwalitas material dashboard Mitsubishi Mirage cukup baik dikelasnya, memang masalah kwalitas dashboard kita tidak perlu berkeinginan lebih pada kendaraan beroda empat kelas city car, melainkan Mitsubishi Mirage sudah kapabel tampil mengesankan soal interior lebih-lebih dari dimensi.

 

Bagi kami yang memiliki tinggi 170 cm, penumpang depan dan belakang kapabel terakomodasi dengan baik, tidak ada masalah lutut dan kepala yang mentok dengan tempat duduk depan maupun dashboard. Begitupula bagi yang memiliki tinggi dibawah rata-rata, Mitsubishi sudah melengkapi Mirage dengan height adjuster pada tempat duduk depan dan tilt steering untuk membatasi ketinggian setir kendaraan beroda empat.

 

Cuma paling menarik dari kendaraan beroda empat ini ada pada desain tempat duduk depan yang kapabel menopang pengemudi dengan sempurna mulai dari bagian punggung, pundak hingga kepala. Melainkan ketika mengemudi kendaraan beroda empat ini kepala kita dengan gampang bersandar tegak pada head rest tidak seperti kendaraan beroda empat murah pada umumnya. Sandaran kepala figur depan juga diwujudkan terpisah, tidak menyatu sehingga bisa dikuasai ketinggiannya. Sayangnya pada bagian tempat duduk belakang sandara kepala diganti menjadi figur menyatu. Terakhir adalah bagasi, bagasi Mitsubishi Mirage memang sungguh-sungguh luas di kelasnya, melainkan masih kalah luas dibandingkan dengan Nissan March dan Suzuki Splash. Mekanisme pelipatan jok belakang juga demikian itu gampang. Untuk macam Exceed, Mitsubishi Mirage memiliki warna interior dan jok berwarna putih yang lebih cemerlang dan mewah.

 

Soal fitur, hakekatnya Mitsubishi Mirage ini jagonya, hanya saja untuk unit test drive kami bukan macam Exceed, kami tidak bisa mencoba fitur start/berhenti engine yang menjadi fitur favorit kendaraan beroda empat ini. Melainkan untungnya meskipun versi GLS dan GLX, Mitsubishi tidak pelit kepada fitur-fitur kendaraan beroda empat ini. Mitsubishi Mirage sudah dilengkapi dengan integrated head unit dan kontrol AC elektronik yang sungguh-sungguh gampang diterapkan lengkap dengan fitur automatic.

 

Mulai dari audio, bunyi yang diwujudkan Mitsubishi Mirage cenderung ke arah bass dan middle. Melainkan jika memutar audio dari mp3, USB, AUX dan handphone, bunyi treble beru terasa keluar. Asyiknya, bunyi speaker Mitsubishi Mirage ini sungguh-sungguh bertenaga, malah menurut kami setting audio kendaraan beroda empat ini cukup disetel pada angka 3 untuk ukuran kekuatan bass (maksimal 6). Untuk anda yang suka memperdengarkan musik atau berdendang di dalam kendaraan beroda empat, Mitsubishi Mirage tidak memberikan audio murahan meskipun kendaraan beroda empat ini memiliki harga yang sungguh-sungguh terjangkau.

 

Mitsubishi Mirage sudah melengkapi kendaraan beroda empat ini dengan fitur standar seperti electric mirror, intelegent MID, rear wiper dan rear seat pocket + hook, alarm, SRS Airbag sebagai fitur standar. Melainkan untuk macam Exceed sudah dilengkapi dengan leather steering dan smart entry + start berhenti engine button dan ABS pada pengeremannya. Fitur-fitur hal yang demikian membuat Mitsubishi Mirage tampil mengesankan dibandingkan kendaraan beroda empat sekelasnya.

 

Kendaraan Mitsubishi Mirage ini memiliki suspensi yang sungguh-sungguh empuk untuk kendaraan beroda empat sekelasnya, malah dibandingkan dengan Honda Jazz sekalipun. Kenyamanan akan bertambah ketika kita disuguhi tempat duduk kendaraan beroda empat yang empuk dengan kontur yang lembut. Melainkan pada Mitsubishi Mirage kenyamanan ini sedikit terusik dengan ruang kabin yang cukup berisik pada kecapatan tinggi karena bunyi kolong kendaraan beroda empat yang memiliki sedikit peredam, malah mesin 3 silinder yang katanya lebih berisik dibandingkan dengan mesin 4 silinder, justru dirasa masih lebih tenang dibandingkan dengan bunyi ban yang masuk ke dalam kabin. Ada pantasnya ketika membeli Mitsubishi Mirage untuk menambah karpet dasar dengan busa yang sedikit tebal untuk menambah peredaman kendaraan beroda empat ini.

 

Uniknya meskipun bunyi kolong cukup mengganggu, justru bunyi luar seperti bunyi motor dan percakapan orang lain diluar terasa cukup kedap. Melainkan umumnya bunyi luar yang lebih dominan masuk mengisi ruang kabin dibandingkan bunyi ban dan mesin. Mungkin inilah karena mengapa Mitsubishi Mirage memberikan kwalitas audio yang baik, karena ketika audio dinyalakan, kita akan lupa kepada bunyi noise yang menggangu kehengingan kabin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *