Alasan Asuransi Kendaraan Saat Mudik Penting

ASURANSI Mudik

Mudik ialah salah satu adat istiadat masyarakat Indonesia memasuki datangnya hari raya lebaran. Mereka yang tinggal di kota-kota besar kembali ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudara. Salah satu moda transportasi alternatif pemudik untuk pulang kampung dengan membawa kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Umpamanya ini dikarenakan mereka tidak mau repot berebut karcis mudik sekiranya semestinya menerapkan kendaraan biasa semisal, bis, kereta api atau pesawat terbang. Kecuali itu, karcis mudik juga diukur kencang sekali ludes dalam waktu singkat.

 

Oleh sebab itu, bagi Anda yang memilih untuk mudik dengan menerapkan kendaraan pribadi, persiapkan kendaraan sebaik-bagusnya seperti kesehatan mobil serta asuransi yang dimiliki. Asuransi kendaraan sangatlah penting ketika mudik, hal ini sebab pada ketika mudik risiko yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Untuk itu, simak ulasan berikut perihal pentingnya asuransi kendaraan ketika mudik.

 

Rawannya Kecelakaan

 

Tak bisa dipungkiri dengan meningkatnya jumlah volume kendaraan memasuki mudik membuat risiko terjadinya kecelakaan juga meningkat. Umpamanya ini disebabkan oleh banyaknya pemudik yang memilih untuk pulang ke kampung halamannya dengan membawa kendaraan pribadi membuat jalanan kian padat. Menurut data dari Kementerian Perhubungan khusus untuk jalanan darat, terdapat 1.289 kasus kecelakaan pada tahun 2016 lalu.

 

Kecuali itu, jarak yang panjang dan waktu rehat yang sedikit pada ketika mudik bisa menurunkan konsentrasi para pemudik dalam mengendarai kendaraannya. Kebanyakaan dari mereka berkeinginan kencang hingga ke kampung halamannya tanpa mengindahkan waktu untuk rehat dan rambu-rambu lalu lintas. Akhirnya mereka acap kali mengantuk di jalan dan tidak memandang rambu lalu lintas yang membahayakan pengendara lain dan diri sendiri.

 

Solusi: Lakukan rehat sekiranya telah merasa lelah dalam berkendara, jangan terlalu memaksakan ketahanan tubuh. Lengkapi juga kendaraan Anda dengan asuransi agar berkendara terasa lebih aman.

 

Rawan Terjadinya Kehilangan

Menjelang hari raya idul fitri, kriminal dilaporkan meningkat. Umpamanya ini dikarenakan kebutuhan masyarakat juga turut meningkat. Tak dipungkiri bahwa meningkatnya kebutuhan ekonomi memasuki hari raya ini membuat oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menghalalkan segala metode demi memenuhi kebutuhannya. Salah satu obyek yang menjadi target oknum ini ialah kendaraan bermotor sebab poin jualnya yang cukup tinggi. Mereka umumnya mengincar mobil atau motor yang kurang pengawasan dari pemiliknya untuk dicuri. Banyak kasus kehilangan kendaraan ini tidak cuma terjadi di tempat-tempat biasa, akan melainkan di rumah sendiri bahkan bisa terjadi.

 

Solusi: Untuk menyelesaikan segala itu diperlukan adanya asuransi sebab dalam asuransi telah ada perlindungan untuk kehilangan yang lebih dikenal dengan asuransi Total Loss Only (TLO). Dengan menerapkan asuransi, Anda telah tidak perlu cemas lagi akan risiko hal yang demikian. Asuransi akan melindungi kendaraan yang dibawa mudik serta kendaraan yang ditinggal di rumah selama mudik.

 

Umpamanya Rawan Rusak

 

Dikarenakan perjalanan mudik yang rata-rata mencapai jarak yang cukup jauh. Tentu kesehatan kendaraan semestinya benar-benar diperhatikan sebelum dipakai untuk pulang kampung. Jangan membawa kendaraan yang berpotensi mengalami kerusakan selama perjalanan.

 

Akan melainkan kerusakaan pada kendaraan selama perjalanan mudik tidak bisa diprediksi. Umpamanya ini sebab di ketika perjalanan mudik hal apa saja bisa terjadi di jalan. Kecuali, mobil yang tiba-tiba ngadat ketika di perjalanan, tentu saja hal ini benar-benar membuat dongkol sebab bisa membuat perjalanan menuju kampung halaman terhambat.

 

Solusi: segera miliki asuransi untuk menangani hal hal yang demikian sebab asuransi mempunyai perlindungan atas risiko hal yang demikian. Kecuali itu bawalah kendaraan Anda ke bengkel sebelum dibawa mudik untuk mengecek kesehatan kendaraan hal yang demikian.