Gunung Rinjani Rahasia Wisata Lombok

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok utara tentu telah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Gunung Rinjani yang mempunyai tinggi lebih dari 3,700 meter di atas permukaan laut yakni gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan yakni primadona liburan di Pulau Lombok.

 

Gunung Rinjani mempunyai panorama alam yang paling menawan seandainya dibandingi dengan gunung lain di Indonesia, pun keindahannya disebut-ucap sebagai yang paling menawan tidak cuma di Indonesia, namun juga di Asia. Sebab panorama alamnya yang menawan inilah Gunung Rinjani menjadi gunung favorit para pendaki yang umumnya yakni mahasiswa, pecinta alam, penduduk lokal, hingga wisatawan asing.

 

Bulan Juli dan bulan Agustus yakni waktu di mana Gunung Rinjani paling banyak dikunjungi wisatawan. Para pendaki gunung ini bertujuan untuk menempuh puncak Gunung Rinjani selain untuk merasakan panoramanya, juga untuk mendapatkan kepuasan tersendiri sebab telah sukses menaklukan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia ini.

 

Tiap-setiap tahunnya, jumlah pendaki Gunung Rinjani kian banyak, dan beberapa besar pendaki ini yakni mahasiswa pecinta alam yang berasal dari pelbagai tempat di Indonesia. Hal yang paling menyukai mereka lakukan yakni merayakan hari kemerdekaan Indonesia di puncak Gunung Rinjani pada bulan Agustus. Namun perlu diingat bahwa pada bulan Agustus acap kali kali banyak angin cepat di puncak gunung ini.

 

Kecuali panorama alam Gunung Rinjani yang tiada duanya, Gunung Rinjani juga mempunyai keunikan lain yakni flora dan faunanya yang pelbagai jenis. Saat mendaki Gunung Rinjani, anda akan mengamati betapa kayanya Gunung Rinjani. Tiap-setiap 1,000 meter pendakian anda akan mengamati jenis flora yang berbeda, contohnya pada ketinggian 2,000 meter anda akan menemukan banyak cemara gunung, dan pada ketinggian 3,000 meter anda akan mengamati banyak bunga edelweiss.

 

Untuk fauna Gunung Rinjani yang dapat anda temui di antaranya yakni lebih dari 100 jenis burung yang berbeda, landak, rusa, kera perak, kera ekor panjang, dan lain-lain. Adakalanya hewan yang ada di Gunung Rinjani, lebih-lebih kera ekor panjangnya menyukai bertingkah bandel. Kenakalan kera hal yang demikian yakni masuk ke dalam kemah pendaki dan mengambil makanan yang ada di dalam kemah.

 

Suhu udara di Gunung Rinjani cukup dingin dengan temperatur rata-rata sektiar 20 derajat Celsius dan temperatur paling dingin dapat menempuh 10 derajat Celsius sehingga anda perlu membawa pakaian tebal dan jaket untuk menghalau temperatur yang dingin hal yang demikian.

 

Dibalik keindahan Gunung Rinjani, juga terdapat resiko yang lumayan tinggi dalam pendakiannya. Sampai ketika ini, Gunung yang paling familiar di Lombok ini telah menelan korban jiwa yang cukup banyak, oleh sebab itu anda juga sepatutnya berhati-hati ketika mengerjakan pendakian. Biasanya hal ini terjadi sebab cuaca buruk yang tiba-tiba datang, menyebabkan para pendaki kehilangan arah, tersesat, dan pada alhasil ditemukan tidak bernyawa.

 

Sebab resikonya yang lumayan tinggi, aku memberi rekomendasi anda untuk mendaki Gunung Rinjani ditemani pemandu agar tidak tersesat. Biasanya banyak paket tur Gunung Rinjani, mulai dari paket pemula, paket profesional, hingga paket yang cuma separo jalan saja. Dengan mencontoh program hal yang demikian, anda akan aman dari bahaya tersesat, selain itu, umumnya paket tur hal yang demikian juga menyediakan jasa pembawa barang dan juga meminjamkan alat-alat seperti kemah, alat masak, dan lain-lain sehingga anda cuma perlu datang dengan barang-barang pribadi lalu berangkat merasakan pesona Gunung Rinjani.

 

Biasanya untuk dapat menempuh puncak Gunung Rinjani, pendaki akan membutuhkan waktu 2 malam untuk pendaki profesional, dan 3 malam untuk pendaki pemula. Oleh sebab itu anda sepatutnya bersiap membawa bekal yang cukup dan perlengkapan yang memadai untuk menaklukan tantangan ini