Cakrawala Proteksi Yakin Laba Bersih Tumbuh Minimal 20%

Cakrawala Proteksi

Prospek industri asuransi umum diyakini masih memiliki prospek positif padahal tahun lalu Asosiasi Asuransi Awam Indonesia (AAUI) mencatat premi bruto industri asuransi umum cuma tumbuh 2,72% secara tahunan. Komisaris Asuransi Cakrawala Proteksi, Dobias Iskandar, mengatakan, prospek positif industri asuransi umum Indonesia nampak dari banyaknya atensi investor asing untuk masuk ke industri ini.

 

PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia meluncurkan layanan klaim berbasis aplikasi mobile, Cakrawala Proteksi Online, khusus untuk asuransi kendaraan bermotor. Wakil Direktur Utama PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia Nicolaus Prawiro menerangkan layanan ini mempermudah nasabah dalam mengajukan klaim asuransi kendaraan bermotor, pengecekan status laporan klaim, status polis, serta lokasi bengkel rekanan.

 

Aplikasi Cakrawala Proteksi yang dapat dimanfaatkan semenjak 1 Maret 2017 tersebut, jelasnya, dapat diunduh via hp android atau dapat diakses via situs sah Asuransi Cakrawala Proteksi. “ Mengingat perkembangan dan pemakaian hp di Indonesia yang amat pesat. Karenanya kami mengembangkan aplikasi di mana nasabah dapat dengan mudah mengajukan klaim kapan saja dan di mana saja serta cek status laporan klaim tersebut ” ujarnya dalam keterangan sah.

 

Nicolaus menerangkan untuk mempercepat cara kerja klaim nasabah cukup mengisi data tertanggung, polis dan kronologis kejadian. Kemudian, Cakrawala Proteksi Call Center Officer akan menghubungi nasabah guna memproses klaim tersebut. Berikutnya, ia mengatakan nasabah dapat mengenal perkembangan cara kerja klaimnya via hp.

 

“Aplikasi Cakrawala Proteksi online ini sudah terintegrasi dengan bengkel rekanan dan supplier rekanan, dan mencari kantor perwakilan Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia terdekat.” Adapun, Sepanjang 2016 Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia sukses membukukan premi bruto sebesar Rp777 miliar. Seandainya dibandingi tahun sebelumnya, kenaikan premi perusahaan asuransi umum ini menempuh 110%. Kecuali itu, perusahaan juga mencatat tingkat solvabilitas atau risk based capital (RBC) sebesar 236% hingga akhir tahun lalu. PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia memperkirakan kapabel mencatatkan pertumbuhan laba bersih sekitar 20% pada tahun ini seiring dengan proyeksi peningkatan premi  dan hasil investasi.

 

Vice President PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia Nicolaus Prawiro mengatakan pihaknya optimistis meningkatkan tenaga kerja sepanjang tahun ini seiring dengan upaya memperluas jaringan bisnis dalam sebagian tahun terakhir. Dia mengatakan pihaknya dalam 2 tahun terakhir aktif menambah kantor cabang. Kecuali itu, jelasnya, rekanan kerja juga semakin bertambah, seperti multifinance dan broker. ” Premi bruto kan targetnya tumbuh menjadi Rp1,2 triliun. Jadi, minimal laba bersih dapat tumbuh 20%, ” ungkapnya kepada Bisnis.

 

Menurut laporan keuangan yang dipublikasikan di Bisnis Indonesia, Cakrawala Proteksi membukukan laba bersih senilai Rp23,08 miliar. Realisasi itu bertumbuh sekitar 45% dibandingi dengan realisasi tahun sebelumnya, ialah senilai Rp15,89 miliar. Pada bentang waktu yang sama, premi bruto perusahaan asuransi umum ini meningkat sekitar 30% menjadi Rp838,39 miliar. Hasil investasi perusahaan bahkan tumbuh 8,5% menjadi Rp11,51 miliar. ” Kami yakin premi bruto tumbuh dan hasil investasi tumbuh sehingga laba bersih juga dapat tumbuh, ” ujarnya. Pada kuartal I/2018, jelasnya, Cakrawala Proteksi mencatatkan premi senilai Rp493 miliar atau tumbuh 9,5% dibandingi bentang waktu yang sama tahun lalu.

 

Komisaris PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia Dobias Iskandar mengatakan pihaknya masih akan berkonsentrasi pada pasar segmen menengah, secara khusus untuk produk ritel. Menurutnya, 80% pendapatan dari Cakrawala Proteksi masih akan bersumber dari produk ritel. ” Kami berkeinginan menjadi perusahaan asuransi umum terbaik di segmen menengah, sebab pasar Indonesia memang besarnya di situ, ” ungkapnya.