Cara Menghilangkan Bekas Luka secara Medis

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka yang kelihatan di permukaan kulit tak jarang kali membuat seseorang merasa tak percaya diri. Anda tak perlu lagi merasa minder dan kurang percaya diri dengan tampilan bekas luka yang kelihatan, karena ada bermacam-macam variasi cara menghilangkan bekas luka yang bisa menjadi pilihan.

 

Untuk mendapatkan tubuh yang mulus dan bersih, seseorang bisa mengerjakan bermacam-macam cara untuk menghilangkan bekas luka, baik dengan menerapkan krim yang dipercaya bisa menghilangkan bekas luka, menerapkan bahan-bahan natural, atau melewati prosedur medis.

 

Jika cara natural tak bisa menghilangkan bekas luka, Anda bisa mencapai cara medis untuk menghilangkannya. Biasanya cara yang digunakan dalam menghilangkan bekas luka akan berbeda-beda, tergantung pada variasi luka dan lokasinya. Sebagian cara di bawah ini mungkin bisa menjadi pilihan:

 

Dermabrasi

Jika bekas luka yang dimiliki berbentuk seperti gumpalan padat atau lebih tinggi dari kulit sekitarnya, atau menyebabkan permukaan kulit menjadi tak rata, Anda bisa menerapkan cara ini. Dermabrasi dikerjakan dengan menerapkan alat khusus yang berfungsi untuk mengikis bagian permukaan kulit bekas luka dan menstimulasi pertumbuhan kulit, sehingga lapisan kulit kelihatan lebih halus dan merata.

 

Mikrodermabrasi

Proses ini lazimnya dikerjakan terhadap bagian bekas luka yang lebih kecil atau dangkal, seperti luka bekas jerawat yang ringan, garis halus, bintik penuaan, dan wajah kusam. Bagus dermabrasi ataupun mikrodermabrasi bisa dikerjakan oleh dokter kecantikan atau spesialis kulit.

 

Suntikan steroid

Suntikan steroid cocok bagi Anda yang memiliki bekas luka hipertrofi atau luka keloid. Suntikan steroid bisa membantu dalam melunakkan tampilan bekas luka variasi tersebut. Namun, suntikan steroid memerlukan sebagian kali penyuntikan pada bekas luka, dan perlu diulang selama jangka waktu yang cukup panjang, guna meratakan bekas luka tersebut.

 

Laser resurfacing

Laser resurfacing memiliki prosedur yang hampir sama dengan dermabrasi, dan memerlukan waktu pemulihan yang lebih singkat diperbandingkan perawatan dengan variasi laser terdahulu. Penerapan laser variasi terkini dalam perawatan ini bisa memberikan hasil yang lebih halus dari bekas luka, karena bekerja pada jaringan kolagen dalam dermis tanpa menghilangkan lapisan atas kulit.

 

Balut tekan bersilikon

Jika Anda memiliki bekas luka cangkok kulit atau luka bakar besar, Anda bisa menerapkan balut tekan bersilikon di atas bekas luka. Dengan menerapkan balut ini, bekas luka akan kelihatan lebih rata dan lembut. Terbuat dari bahan yang elastis dan bisa dikombinasikan dengan lembar gel silikon, balut tekan bersilikon bisa dikenakan 24 jam sehari, selama 6–12 bulan. Prosedur ini harus dikerjakan di bawah pengawasan dokter spesialis kulit.

 

Selain sebagian cara menghilangkan bekas luka di atas, Anda juga bisa menghilangkan bekas luka melewati operasi. Namun, cara ini akan memunculkan luka baru di permukaan kulit. Metode medis apa bahkan yang Anda pilih untuk menghilangkan bekas luka, pastikan Anda mengerjakan konsultasi dengan dokter sebelumnya, untuk mendapatkan saran penanganan bekas luka yang pas.