Peluang Usaha Ternak Kelinci Pedaging Untungnya Bisa Besar

Ternak Kelinci

Siapa sangka, permintaan daging kelinci di pasar dari waktu ke waktu cukup stabil dan cenderung meningkat. Tapi, kenaikan permintaan daging kelinci ini tak dibarengi oleh meningkatnya jumlah peternak kelinci. Padahal, dalam berternak kelinci tak terlampau susah, asal perawatan yang pas dan benar. So, tak heran sekiranya kans usaha ternak kelinci pedaging untungnya bisa besar.

 

Sebetulnya terdapat dua ragam kelinci yang bisa kita budidayakan, yaitu kelinci pedaging dan kelinci hias. Untuk kelinci hias tentu saja bukan untuk diambil dagingnya, namun estetika bulu serta warna kelinci tersebut. Tapi, berdasarkan Suratmin—peternak dan pengusaha kelinci asal Sleman, Yogyakarta—lebih menguntungkan membudidayakan kelinci ragam potong, seperti ragam new Zealand, californian atau giant flame.

 

“Jenis kelinci pedaging ini mempunyai beban cukup berat. Dagingnya cenderung lebih banyak ketimbang ragam hias. Tapi, sekiranya berkeinginan menekuni budidaya kelinci ini, sebaiknya kita lebih-lebih dulu menyenangi tentang perkelincian.” Ungkap Suratmin kepada wartawirausaha.com.

 

Kecuali pertama yang padahal dikerjakan dalam breeding kelinci potong yaitu memilih benih. Suratmin memberi masukan untuk memilih calon indukan yang berbobot besar, dan telah berusia 1 tahun. Untuk menerima hasil optimal, bisa memilih indukan dari ragam new zealand atau persilangan.

 

“Agar dari ragam, pakan, kandang dan lingkungan juga betul-betul menetapkan dalam keberhasilan budidaya kelinci ini. Jika kelinci bisa menghasilkan anakan bermutu, saya memberikan pakan bekatul dan ampas tahu. Elemen malam lazimnya saya beri makanan hijau-hijauan seperti rumput. Pemberian pakan bisa dikerjakan pagi, siang, petang dan malam. Untuk malam hari, pemberian pakan haruslah lebih banyak, sebab lazimnya kelinci betul-betul aktif di malam hari.” Tambah suratmin.

 

Karena lingkungan juga betul-betul berpengaruh akan keberhasilan budidaya kelinci ini. Beberapa ini, penting untuk memperhatikan factor-elemen pemilihan lokasi supaya hasil ternak lebih optimal. Temperatur saran dari Suratmin mengenai lokasi ternak, yaitu: Lokasi ternak dekat dengan sumber pakan seperti di zona sawah dan pasar sayur,  pas untuk ternak yaitu 15 – 25’ C, Lokasi ternak aman dari hewan buas dan pencuri.

READ  Pengeluaran Prioritas Gaji Pertama Freshgraduate Part 1

Related posts