Pengeluaran Prioritas Gaji Pertama Freshgraduate Part 2

Gaji Pertama

Pengalaman menerima gaji pertama menjadi hal yang membanggakan bagi semua orang. Secara, bagi Anda yang baru lulus kuliah, lalu lantas menerima profesi. Merasakan gaji pertama,  menerima upah dari hasil berprofesi keras selama sebulan ini menjadi hal yang kita hargai. Apalagi bila sewaktu kuliah, kita terbiasa menerima pasokan uang dari pemberian orang tua. Rasa gembira, berbangga dan linglung mau dipakai untuk apa saja terbesit di pikiran seorang freshgraduate. Seluruh sesuatu bahkan terpikir untuk menghabiskan uang yang diterima. Perasaan bebas mau membelanjakan semua uang gaji pertama untuk beli ini dan beli itu bermunculan, apalagi uang yang diperoleh adalah hasil keringat sendiri.

 

Menerapkan gaji pertama menyukai-menyukai itu boleh, namun ada baiknya kita, sebagai freshgraduate memiliki mindset cerdas dalam menerapkan gaji pertama yang diperoleh. Misalnya, biasakan untuk mencatat tujuan keuangan dalam sebulan. Lalu belajar untuk mengendalikan pengeluaran prioritas, memiliki tabungan dan dana darurat. Berikut daftar pengeluaran prioritas gaji pertama bagi freshgraduate dan kiat mengelola uang yang bisa diikuti dan dipraktikkan.

 

  1. Memanjakan diri

 

Tak ada salahnya memanjakan diri sendiri sesudah lelah berprofesi. Uang yang dibuat bahkan juga adalah hasil usaha sendiri. Ada beragam ragam cara untuk memanjakan diri dengan uang yang diperoleh, misalnya berbelanja barang yang diinginkan, makan makanan di cafe mewah, pergi jalan-jalan dan sebagainya. Umumnya, perasaan puas dan gembira akan timbul sesudah membeli sesuatu dengan uang sendiri. Akan namun, sebaiknya Anda juga belajar untuk memahami harapan dan kebutuhan agar tidak boros dalam memanjakan diri dengan gaji pertama yang diperoleh. Prioritaskan gaji pertama untuk membeli barang atau alat elektronik yang memang dibutuhkan, bukan sekedar meniru popularitas terbaru.

 

  1. Bersedekah

Sedekah adalah wujud terima beri kita kepada sang pencipta. Sebagai hamba-Nya kita disarankan untuk beramal. Untuk itu, kita perlu menyisihkan sedikit dari uang kita untuk membantu sesama. Kecuali untuk membantu orang lain, bersedakah dalam agama juga bermanfaat untuk membersihkan harta sebab ada hak orang lain dalam rezeki yang diperoleh.

 

  1. Menabung

 

Menabung juga menjadi prioritas pengeluaran penting gaji pertama Anda. Dengan menabungkan sebagian uang yang diperoleh, Anda juga belajar untuk hidup hemat dan penuh perencanaan. Uang yang ditabung bisa dipakai untuk membeli sesuatu yang memerlukan dana yang cukup banyak, misalnya membeli motor atau membeli kendaraan beroda empat untuk kendaraan pribadi Anda berprofesi. Upayakan untuk rutin menyisihkan sejumlah 10% dari gaji Anda untuk ditabung. Sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit, biasakan diri untuk menabung sejak Anda menerima gaji pertama.

 

Umumnya, gaji pertama yang diterima oleh freshgraduate masih terbilang kecil secara nominal. Konsisten berterima kasih dengan gaji yang Anda peroleh, dan lakukan yang terbaik untuk mengendalikan pengeluaran Anda. Misalnya, Anda belajar untuk bijak dalam menerapkan gaji untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tentunya, belanjakan uang yang ada sesuai dengan daftar prioritas Anda. Pilah-pilih kebutuhan yang benar-benar penting untuk dipenuhi, jangan hingga gaji pertama cuma dihabiskan untuk berfoya-foya tidak terarah dan alhasil Anda menyesal di kemudian hari sebab gaji telah habis dalam waktu singkat.