Tips Menangani Invoice yang Telat Bayar

Invoice

Salah satu hal terbesar yang menyebabkan keadaan sulit di dalam cash flow perusahaan yaitu sejumlah pembayaran yang terlambat dilakukan. Itu berarti uang yang mestinya Anda terima sebagai pendapatan tidak Anda terima selama jangka waktu yang tidak dapat dipastikan. Ini yaitu keadaan sulit terbesar yang selalu dihadapi semua pebisnis, termasuk Anda.

 

Bila dibolehkan terus menerus, ini dapat menyebabkan aktivitas operasional perusahaan stop. Sebab sejumlah tagihan dan utang tidak akan dapat dibayarkan. Beberapa langkah di atas mungkin saja tidak akan berhasil dengan optimal.  ini tentu saja diakibatkan pembayaran yang terlambat. Atau dengan kata lain, terjadi gagal bayar. Meskipun Anda percaya dengan pelanggan, tetap saja akan selalu ada kemungkinan mereka melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan perjanjian. Sebab itu, benar-benar penting bagi Anda untuk lebih mengetahui dan memahami tiap-tiap-tiap-tiap pelanggan dengan lebih baik lagi.

 

Dalam keadaan sulit terlambat bayar yang dilakukan pelanggan, Anda harus melakukan perbuatan ekstra untuk mengatasinya. Beberapa langkah di bawah ini dapat diwujudkan sebagai langkah lanjutan dalam menangani keadaan sulit hal yang demikian:

 

Susun dan Prioritaskan Tagihan

Jangan melakukan hal ini dengan acak dan tidak teratur. Secara Anda tidak fokus kepada sebagian tagihan yang harus diutamakan. Selalu urutkan tagihan mulai dari yang terbesar atau dari waktu jatuh tempo yang paling dekat. Dengan hal ini, analitik  penagihan dapat berjalan dengan baik. Itu berarti tiap-tiap-tiap-tiap tagihan dapat teratasi dan sesuai dengan kriterianya.

 

Kenali Pelanggan dan Siklus Pembayarannya

Tiap-tiap-tiap perusahaan akan memiliki karakteristik tersendiri. Seperti juga dengan tiap-tiap-tiap-tiap pelanggan Anda. Amat penting bagi Anda untuk mengenali mereka, mengetahui dengan baik pola pembayaran mereka. Dengan semacam itu, Anda dapat mengatasinya dengan pas, malah mencegah mereka melakukan penundaan pembayaran pada masa yang akan datang.

 

Tangani dengan Serius

Bagi pelanggan yang sedikit “bandel” dan selalu menunda pembayaran, ada bagusnya Anda bersikap lebih tegas. Ingatkan mereka secara formal dan tunjukkan betapa hal ini yaitu keadaan sulit yang cukup serius. Anda dapat mengerjakannya via sambungan telepon atau via email. Hindari untuk mengirimkan peringatan via surat lahiriah. Sebab hal ini akan memerlukan waktu yang lebih lama dan responsnya boleh jadi lambat sampainya ke Anda.

 

Atasi Sulit Kekurangan Kas dengan Pinjaman

Beraneka upaya di atas memerlukan waktu yang mungkin terbilang lama. Sementara kas perusahaan perlu terisi dengan segera. Atasi keadaan sulit kas perusahaan hal yang demikian dengan mencari dana pinjaman cepat.  ini dapat dilakukan ke bank sehingga perusahaan tetap berjalan dengan baik.