Beragam Manfaat Kacang Tanah

Kacang Tanah

Selama ini kacang tidak jarang dihindari, terpenting oleh orang-orang yang sedang menjalani diet. Kacang juga tidak jarang dituduh menjadi penyebab jerawat dan penyakit lain. Walaupun dari sebagian studi menampakkan pelbagai manfaat kacang tanah yang bagus bagi kesehatan.

 

Kacang tanah atau groundnut sebenarnya termasuk dalam klasifikasi legume dan tidak sama dengan kacang-kacangan yang berasal dari pohon atau tree nuts, seperti  almond, kacang mete dan kenari. Namun, karena mempunyai gizi yang hampir sama, kesemuanya lazim dikenali sebagai kacang-kacangan (nuts). Beragam studi mengungkapkan bahwa ada pelbagai ragam kacang yang berkhasiat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan takaran yang pas, di antaranya:

 

  • Kacang tanah mengandung vitamin E, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium, lemak tidak jenuh tunggal, serta kaya akan antioksidan. Kandungan gizi ini berperan mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan, risiko sakit jantung pada orang yang mengonsumsi 140 gram kacang-kacangan atau lebih per pekan menurun sebanyak sekitar 35%.
  • Menolong meningkatkan kadar kolesterol bagus dan mengurangi kandungan kolesterol jahat.
  • Manfaat kacang tanah termasuk mencegah pengerasan arteri serta membantu melebarkan pembuluh darah.