Rahasia Mulut, Awal Kesehatan Seluruh Tubuh

Rahasia Mulut

Kesehatan gigi dan mulut berhubungan erat dengan kesehatan tubuh. Banyak yang menganggap menyikat gigi saja sudah cukup. Tetapi rutinitas menggosok gigi, membersihkan rongga mulut menerapkan obat kumur, dan menerapkan benang gigi rupanya belum cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

 

Gigi dan mulut yang bermasalah bisa berimbas fatal bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Infeksi pada gigi atau gusi bisa menyebar ke dalam jaringan tubuh lain. Penyakit yang ditimbulkan tak hanya berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut, namun juga kesehatan organ lain.

 

Untuk memastikan gigi dan mulut konsisten sehat, Anda perlu mengerjakan gaya hidup sehat berhubungan pola makan, dan dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi secara teratur.ulut, Awal Kesehatan Semua Tubuh

 

Mulut merupakan gerbang menuju bagian dalam tubuh. Oleh karena itu, kesehatan gigi dan mulut bisa berimbas pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Di seluruh bagian tubuh manusia terdapat banyak kuman yang beberapa besar tak membahayakan, semacam itu pula di dalam mulut. Situasi mulut dan gigi yang sehat bisa menolong mencegah kuman berkembang secara berlebihan. Menggosok gigi dan menerapkan benang gigi secara teratur amat mendorong terciptanya situasi mulut yang sehat.

 

Situasi mulut dan gigi yang tak terawat memberikan kuman di dalam mulut keleluasaan untuk berkembang biak, sehingga memungkinkan terjadinya penyakit gusi dan kerusakan gigi. Kecuali itu, efek samping obat-obatan, seperti antihistamin, pereda nyeri, dan dekongestan, bisa menyebabkan berkurangnya produksi air liur, yang ikut berkontribusi kepada perkembangbiakan kuman. Air liur berguna dalam mencegah masuknya kuman yang berisiko menyebabkan penyakit, juga bertugas menyapu sisa-sisa makanan di dalam mulut dan menetralisasi zat asam yang diproduksi oleh kuman. Apabila kebersihan dan kesehatannya tak terjaga, mulut justru menjadi pintu gerbang masuknya berbagai kuman penyakit.