Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi Part 2

Wisata di Bogor

Ada beberapa alasan mengapa Bogor kerap kali kali dijadikan destinasi tamasya andalan oleh warga ibu kota. Pertama, kota ini terletak tidak semacam itu jauh dari Jakarta. Pelancong yang mau menjalankan penjelajahan hanya perlu mencapai waktu perjalanan 1-2 jam dari Jakarta. Berikutnya, Bogor juga memiliki banyak daerah tamasya alam yang menarik. Kota yang memiliki Istana Kepresidenan ini menawarkan aneka tamasya alam mulai dari curug, kebun teh, kebun raya hingga theme park yang mengesankan. Berita lengkap terkait saran daerah tamasya di Bogor yang sepatutnya dikunjungi, simak daftarnya di bawah ini.

 

  1. Curug Cigamea

 

Curug Cigamea berada di Desa Gunung Sari, Pamijahan, di dalam Wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor. Untuk bisa hingga ke daerah tamasya di Bogor ini, pelancong dianjurkan menggunakan kendaraan pribadi atau bila mau backpacker-an bisa menggunakan angkutan biasa dengan nomor 3 dari Bubulak. Berikutnya, setelah hingga di lokasi, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 700 meter. Curug yang memiliki bunyi cukup gemuruh ini terdengar dari kejauhan ketika pelancong berjalan ke arahnya. Di sekeliling curug ini hakekatnya masih ada lima curug kecil padahal Curug Cigamea merupakan yang terbaik dengan terjunan air yang cukup deras dan cipratan air yang membikin sekitar curug menjadi terasa segar. Harga karcis masuk ke zona curug merupakan Rp7.500 per orang tiap-tiap harinya. Kecuali karcis masuk ke zona air terjun, pelancong yang mau merasakan keindahan air terjun ini juga sepatutnya membayar biaya masuk Taman Nasional sebesar Rp5.000. Oh ya, selain air terjun, wilayah ini juga ada fasilitas outbound seperti misalnya permainan flying fox lho.

 

  1. Taman Liburan Matahari

 

Taman Liburan Matahari merupakan taman bermain yang sesuai untuk si kecil-si kecil dan remaja. Di daerah tamasya di Bogor ini, pelancong bisa merasakan aneka wahana yang disediakan seperti misalnya petualangan air, wahana edukasi, dan daerah bermain lainnya. Pelancong yang datang ke daerah tamasya ini bisa mencoba 5 wahana dengan bebas setelah membayar karcis masuk yang harganya hanya Rp25.000 saja. Karcis ini juga bisa dipakai untuk menerima potongan 10% ketika membeli makanan Sunda di Express Resto. Untuk tiba di kafe hal yang demikian, pelancong bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan biasa. Alamatnya berada di Jl. Raya Puncak KM. 77, Cilember, Bogor. Taman Liburan Matahari sendiri buka tiap-tiap hari mulai pukul 08.00-16.00 pada hari biasa dan pukul 08:00 hingga dengan pukul 17.00 ketika akhir pekan atau hari libur.

 

  1. Rafting Sungai Cisadane

 

Bogor tidak hanya dipenuhi dengan air terjun cantik yang hampir semuanya masih tersembunyi dan jalan masuknya cukup menantang. Pelancong yang mau tantangan lebih besar bisa mencoba untuk menjalankan rafting di Sungai Cisadane. Jeram-jeram dan kelokan dari sungai akan menguras adrenalin hingga habis tidak tersisa. Kecuali kelokan dan jeram yang bisa membikin siapa saja terbalik dari perahu, keindahan dari pemandangan yang ada di sekitar sungai cukup mempesona. Pelancong bisa merasakan pemandangan sawah, pegunungan, hingga bila beruntung bisa bertemu beberapa satwa liar yang sedang bermain di pinggir sungai. Untuk merasakan serunya rafting di Sungai Cisadane, pelancong bisa datang ke Jl. Muarajaya, Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Tarif satu sesi rafting merupakan sekitar Rp150.000-250.000 per orang tergantung dari jarak tempuh yang diinginkan. Kecuali rafting, daerah tamasya di Bogor ini juga memiliki fasilitas outbound dan paintball.

 

  1. Kampung Adat Sindang Barang

 

Kampung Adat Sindang Barang merupakan salah satu kampung tertua yang ada di Bogor. Berlokasi di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, pelancong bisa merasakan banyak sekali web adat istiadat yang jumlahnya ada 93 titik dan juga berjenis-jenis-tipe kesenian tradisional yang jumlahnya ada 8. Kecuali melestarikan adat istiadat Sunda kuno, desa kuno ini juga menjalankan kerja sama dengan Universitas Indonesia untuk meneliti peninggalan dari Kerajaan Pajajaran. Website-web kuno yang ada di sini dipelajari dan juga dilindungi agar tetap terjaga dan diketahui ceritanya hingga generasi-generasi berikutnya. Tempat tamasya di Bogor ini buka tiap-tiap hari mulai pukul 09.00-17.00. Seandainya datang ke sini, pelancong bisa berkeliling untuk merasakan suasana desa yang asri dan juga belajar beberapa kesenian tradisional.

 

  1. Curug Bengkok Leuwi Hejo

 

Sedikit berbeda dengan curug yang pada umumnya yang tinggi dengan aliran deras, Curug Bengkok Leuwi Hejo tidak terlalu tinggi. Sedangkan demikian, keindahan alam yang ada di sekitarnya dan kolam natural yang berada di bawahnya sesuai untuk relaksasi. Pelancong bisa berenang di kolam dengan kedalaman 2,5 meter ini atau sekedar bermain air di pinggirannya. Untuk bisa hingga ke daerah tamasya di Bogor ini, pelancong bisa menggunakan kendaraan biasa atau pribadi ke Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang. Dari Jakarta, ambil rute ke Sentul City atau Citerureup menuju Babakan Madang. Masuk ke air terjun ini cukup susah sebab medannya cukup curam. Dikala musim hujan trek akan licin sehingga pelancong dianjurkan untuk lebih hati-hati. Curug Bengkok Leuwi Hejo buka tiap-tiap hari dengan karcis masuk seharga Rp5.000.

 

  1. Taman Safari

 

Mau menjelajah hutan yang penuh dengan binatang liar? Cobalah datang ke Taman Safari Indonesia yang terletak di Jl. Raya Puncak, Cisarua, Bogor. Anda bisa merasakan berjenis-jenis-tipe program unggulan yang disediakan oleh pengelola seperti misalnya Safari Siang dan Safari Malam. Untuk bisa merasakan daerah tamasya di Bogor ini, pengunjung diharuskan menggunakan kendaraan pribadi. Dengan menggunakan kendaraan ini, mereka bisa berkeliling ke semua penjuru hutan sesuai dengan alur yang disediakan. Dikala menjelajah, pelancong dilarang membuka jendela atau memberi makan binatang yang ada di sini sebab cukup berisiko tergigit atau makanan yang diberi tidak steril sehingga bisa berbahaya keselamatan binatang. Karcis masuk ke Taman Safari bervariasi dan bertumpu dengan tipe paket yang diambil. Namun, untuk karcis standar harganya Rp140.000 untuk si kecil-si kecil, dan Rp150.000 untuk orang dewasa. Taman Safari buka pada pukul 08.00-17.30 ketika akhir pekan dan hari libur atau 08.30-17.00 ketika hari biasa.

 

  1. JungleLand Adventure Theme Park

 

JungleLand Adventure Theme Park yang terletak di wilayah Sentul Nirwana, Kaki Gunung Pancar, Bogor memiliki setidaknya 30 wahana. Dengan fasilitas yang cukup lengkap ini, pelancong yang datang ke daerah tamasya di Bogor ini bisa mencoba semua wahana hingga puas mulai dari pagi hingga malam. JungleLand Adventure Theme Park buka tiap-tiap hari pada pukul 10.00-22.00. Karcis masuknya Rp125.000 ketika hari biasa dan Rp175.000 ketika akhir pekan. Kecuali bisa merasakan wahana hingga puas, pelancong yang datang ke daerah tamasya di Bogor yang sesuai untuk keluarga ini juga bisa merasakan pusat ilmu pengetahuan dan teknologi terbesar dan terlengkap yang ada di Indonesia.

 

  1. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

 

Bogor juga memiliki daerah yang sesuai untuk lokasi relaksasi dan merasakan hangatnya air natural yang keluar dari kaki gunung. Pelancong yang mau merasakan nyamannya hot spring atau sumber air panas yang natural dan berguna untuk kesehatan tubuh bisa seketika datang berkunjung ke Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng yang terletak di Cantik Cogreg, Desa Bojong Masuk, Kecamatan Parung, Bogor. Masuk jalan ke pemandian air panas ini tidak terlalu susah. Namun, dianjurkan untuk menggunakan kendaraan pribadi saja agar gampang ketika kembali pulang. Oh ya, sebab pemandian ini tutup pada pukul 17.00, dianjurkan untuk datang lebih pagi untuk bisa merasakan keindahan alam di seberang kolam sembari berendam. Tempat tamasya di Bogor ini dibangun pada lahan yang memiliki luas sekitar 8 hektare. Anda bisa datang mulai pukul 07.00 untuk merasakan sensasi relaksasi dan ketenangan alamnya dengan biaya masuk sebesar Rp8.000 untuk si kecil-si kecil dan Rp12.000 untuk dewasa.