Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Harus Dikunjungi Part 1

Jawa Tengah

Jawa Tengah adalah provinsi yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Karena letaknya yang berada di tengah, provinsi ini sering kali dipakai sebagai tempat istirahat bagi orang yang melakukan perjalanan dari Jawa Barat menuju Jawa Timur. Provinsi yang adalah pusatnya budaya Jawa ini juga memiliki banyak tempat wisata menarik. Apa saja tempat wisata di Jawa Tengah yang mesti dikunjungi ?

 

  1. Dataran Tinggi Dieng

 

Terletak sekitar 30 KM dari Wonosobo Jawa Tengah, Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan gunung api raksasa yang memiliki sebagian kawah dan candi-candi Hindu kuno. Karena berada pada ketinggian 2,000 meter, Dataran Tinggi Dieng memiliki suhu yang betul-betul dingin. Pada siang hari, suhu udara dapat mencapai 15 derajat Celsius dan 10 derajat Celsius pada malam hari. Dataran Tinggi Dieng dikelola sebagai tempat wisata di Jawa Tengah secara bersama oleh Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

 

  1. Taman Liburan Air Panas Guci

 

Taman Liburan Air Panas Guci terletak di Tegal, Jawa Tengah. Untuk dapat mencapai lokasi Taman Liburan Air Panas Guci, Anda mesti berkendara ke arah selatan dalam jarak tempuh sektiar 40 KM dari kota Tegal, atau sekitar 30 KM dari Slawi. Seperti halnya tempat wisata air panas natural yang lain, air panas di Taman Liburan Air Panas Guci yang terletak di kaki Gunung Slamet ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berjenis-variasi variasi penyakit. Fasilitas wisata yang terdapat di kawasan wisata seluas 210 hektar ini adalah kolam renang air panas, wisata hutan, penginapan, perkemahan, sampai dengan lapangan tenis dan lapangan sepak bola.

 

  1. Kepulauan Karimunjawa

 

Kepulauan Karimunjawa terletak di utara kota Jepara dan Semarang Jawa Tengah. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau, yang mana hanya 5 pulau saja yang berpenghuni. Kepulauan Karimunjawa adalah salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang paling familiar sebab estetika laut dan pantai yang ditawarkannya. Selain wisata pantai, Anda juga dapat bermain dengan penyu dan hiu di Kepulauan Karimunjawa. Untuk dapat berkunjung ke kawasan wisata ini, Anda mesti memandang jadwal kapal dengan bagus, jangan sampai ketinggalan!

 

  1. Candi Borobudur

 

Candi Borobudur adalah tempat wisata di Jawa Tengah yang paling banyak dikunjungi pelancong dari berjenis-variasi belahan dunia. Candi Borobudur adalah candi Buddha yang paling besar di dunia sehingga mengundang minat banyak pelancong yang beratensi dengan wisata budaya dan wisata religi. Terletak sekitar 40 KM di sebelah barat laut Yogyakarta, Candi Borobudur memiliki koleksi relief Buddha yang paling komplit di dunia. Candi Borobudur adalah teladan mini dari alam semesta dan dibangun pada tahun 770 Masehi sebagai tempat beribadah dan memuliakan Buddha.

 

  1. Museum Kereta Api Ambarawa

 

Museum Kereta Api Ambarawa terletak di pusat kota Ambarawa, sekitar 20 KM dari Semarang Jawa Tengah. Sebelum beralih fungsi menjadi sebuah museum, Museum Kereta Api Ambarawa dulunya adalah sebuah stasiun kereta api yang berjaya pada masa lalu. Layak dengan namanya, Museum Kereta Api Ambarawa memiliki koleksi kereta api yang unik dan komplit di antaranya 21 kereta uap, alat telegraf morse, telepon antik, perabotan antik, dan juga bel antik. Koleksi kebanggan milik Museum Kereta Api Ambarawa adalah kereta uap bergerigi yang hanya ada 3 di seluruh dunia.