Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi Part 1

Lombok

Lombok yakni alternatif destinasi tamasya populer di Indonesia Tengah, sesuai untuk yang berkeinginan mencari daerah tamasya seindah Bali, melainkan relatif lebih sepi. Selain memiliki panorama cantik, Lombok juga menawarkan tamasya pantai, budaya, sejarah, hingga masakan. Berharap tau apa saja daerah tamasya di Lombok yang paling oke? Berikut daftar ulasan daerah tamasya yang paling direkomendasikan di pulau cantik ini.

 

  1. Pantai Kuta

 

Pantai Kuta di Lombok berbeda dengan Pantai Kuta di Bali, karena relatif masih bersih dan lebih sepi. Berlokasi di Desa Kuta di Lombok Tengah, pantai cantik ini sering kali kali menjadi salah satu tujuan pertama bagi pelancong yang baru mendarat di Bandar Internasional Lombok. Pantai ini menawarkan pasir lembut, ombak yang sesuai untuk belajar berselancar, serta panorama bawah laut yang cantik. Kesibukan yang direkomendasikan di Pantai Kuta antara lain yakni snorkeling, berselancar (untuk pemula hingga tingkat menengah), menyewa perahu, berenang, dan memandang matahari terbenam. Tempat tamasya di Lombok ini dikelilingi fasilitas yang cukup komplit, seperti umpamanya homestay, daerah penyewaan papan selancar dan perlengkapan snorkeling, hingga toko makan. Pengunjung sebaiknya datang antara pukul 09:00 dan 15:00 untuk menikmati suasana serta ombak yang maksimal. Apabila berkeinginan memandang matahari terbenam, datanglah sekitar pukul 16:00 atau 17:00 untuk menikmati suasana petang di Pantai Kuta.

 

  1. Pantai Selong Belanak

 

Pantai Selong Belanak berada dalam trek yang sama dengan Pantai Kuta, sehingga sesuai dihasilkan tujuan tamasya pantai berantai. Tempat tamasya di Lombok yang satu ini memiliki pasir putih lembut serta air biru, dan masih relatif sepi walau sudah memiliki fasilitas standar. Pantai ini memiliki ombak yang sesuai untuk berselancar, melainkan tidak terlalu besar, sehingga lebih sesuai untuk pemula. Kesibukan yang direkomendasikan di Pantai Selong Belanak antara lain yakni berselancar, berenang, berjemur, memandang matahari terbenam, dan snorkeling. Tidak ada tarif masuk ke pantai ini, melainkan pengunjung yang membawa kendaraan semestinya membayar sewa parkir sebesar Rp3.000. Pantai Selong Belanak berjarak sekitar 30 menit berkendara dari Pantai Kuta. Jalan menuju pantai ini kini memiliki kondisi baik. Terdapat sebagian toko makan murah di sekitar pantai, sehingga pengunjung bisa makan dengan tarif relatif murah.

 

  1. Pantai Tanjung Aan

 

Pantai Tanjung Aan berlokasi cukup dekat dengan Pantai Kuta dan Selong Belanak, sehingga bisa dikunjungi sekalian dalam sehari. Tempat tamasya di Lombok ini juga bersih dan menawarkan ombak lembut, melainkan karakteristik pasirnya lebih mirip butiran merica. Terdapat sebagian tonjolan bebatuan dan formasi karang, melainkan secara keseluruhan, pantai ini cukup ramah pengunjung dan sesuai untuk peselancar pemula. Pantai Tanjung Aan yakni daerah tamasya di Lombok yang sesuai untuk dihasilkan daerah snorkeling. Penduduk setempat banyak yang menyewakan perlengkapan snorkeling, atau membuka toko makan sederhana. Anda juga bisa membeli kelapa muda, dan duduk di kursi-kursi sederhana yang disediakan. Pada bulan Februari dan Maret, daerah tamasya di Lombok ini sering kali kali menjadi salah satu lokasi Festival Bau Nyale, kecuali Pantai Kuta dan sekitarnya. Pantai Tanjung Aan cuma berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Kuta. Terdapat kendaraan umum yang melalui Pantai Tanjung Aan, melainkan jika tidak berkeinginan menghabiskan banyak waktu, pelancong direkomendasikan untuk menyewa motor atau kendaraan beroda empat.

 

  1. Pantai Bangko-Bangko

 

Peselancar pakar yang tidak puas dengan Pantai Kuta atau Selong Belanak bisa memilih Bangko-Bangko. Dikenal juga dengan nama Desert Point, Pantai Bangko-Bangko Lombok memiliki ombak besar serta area berbatu tajam yang cukup menantang bagi peselancar pakar. Pantai ini berlokasi di barat tenaga Lombok, di area yang agak terpencil, sehingga kondisinya masih cukup asri. Wisatawan bisa mencapai Pantai Bangko-Bangko dengan menyewa perahu dari Pelabuhan Lembar. Anda masih semestinya menyewa kendaraan beroda empat atau ojek untuk mencapai area pantai. Walau tidak memiliki banyak fasilitas, penduduk setempat menyewakan pondok-pondok penginapan murah di sekitar area pantai.

 

  1. Pantai Tangsi

 

Pantai Tangsi yakni pantai di Lombok Timur yang memiliki keunikan berupa pasir warna merah muda, sehingga sering kali kali juga disebut Pantai Pink. Wisatawan bisa menemukan daerah tamasya di Lombok ini dengan berkendara sejauh 2 kilometer dari Mataram, hingga menemukan papan penunjuk jalan bertuliskan “Pantai Pink 50m”. Ada juga kapal sewaan dari Pelabuhan Tanjung Luar yang menuju area daerah pantai ini berada. Pantai Tangsi paling sesuai dikunjungi antara pukul 08:00 hingga 16:00, karena cahaya mataharinya cukup jelas untuk memantulkan warna merah muda pada pasir. Pastikan untuk datang ketika musim kemarau, agar bias warna merah muda yang muncul menonjol maksimal. Wisatawan direkomendasikan membawa bekal dan pulang sebelum senja, karena tidak ada penginapan, toko, atau fasilitas turis lain di sekitar pantai.