Kelainan Yang Bisa Terjadi pada Katup Jantung

Katup Jantung

Jantung bocor atau adanya lubang di jantung, tak jarang kali tak terdeteksi sebab jarang sekali menimbulkan tanda atau gejala khusus. Situasi ini dapat terjadi pada segala orang tanpa disadari. Istilah jantung bocor biasanya digunakan untuk menyebut kelainan katup jantung dan adanya lubang pada sekat jantung. Pada orang dewasa, jantung bocor lebih tak jarang terjadi sebab salah satu katup tak dapat tertutup atau berfungsi dengan bagus. Walaupun pada si kecil-si kecil atau bayi, kasus jantung bocor dapat disebabkan sebab lubang antara dinding di ruang kiri dan kanan jantung tak tertutup sempurna sebagaimana mestinya, meskipun ada juga si kecil-si kecil yang mempunyai gangguan pada katup jantung.

 

Jantung manusia mempunyai empat katup jantung, ialah katup trikuspid, pulmonal, mitral, dan aorta. Jaringan khusus di dalam jantung ini berfungsi membatasi aliran darah dari satu komponen ke komponen lain. Tiap-setiap katup terdiri dari dua atau tiga kelopak yang dapat membuka dan menutup. Kelopak katup akan terbuka ketika darah dipompa di antara ruang jantung atau dipompa ke organ lain melalui pembuluh darah, dan menutup untuk mencegah darah yang sudah dipompa keluar untuk kembali ke jantung.

 

Tetapi, ada kalanya katup jantung ini tak tertutup dengan sempurna. Kesudahannya, aliran darah yang sepatutnya sudah bermigrasi ke daerah lain justru kembali ke dalam jantung. Inilah yang disebut dengan katup jantung bocor atau regurgitasi katup jantung.

 

Katup jantung bocor tak jarang kali tak menimbulkan gejala, namun kadang dapat saja gejala tiba-tiba muncul. Gejala katup jantung bocor yang gampang terlihat antara lain ialah nyeri dada, berdegub atau palpitasi (ritme jantung kencang atau tak beraturan), sesak napas, merasa lelah dan lemah, tak cakap beraktivitas normal, pusing, pingsan, dan pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, atau perut.

 

Pengobatan regurgitasi katup tergantung pada seberapa parah situasi kebocoran jantung, apakah ada tanda-tanda dan gejala yang jelas, dan apakah situasi pasien kian parah. Tujuan pengobatan ialah untuk meningkatkan fungsi dan kerja jantung. Walaupun untuk menyembuhkan regurgitasi katup, hanya dapat dengan operasi, ialah dengan membetuli atau mengganti katup yang bermasalah.

 

Penting bagi pasien dengan katup jantung bocor untuk rutin berolahraga (bicarakan secara khusus dahulu dengan dokter mengenai jenis dan intensitas olahraga yang cocok), tak mengisap rokok, dan menjaga berat badan pas. Selain itu, jangan lupa untuk melaksanakan pemeriksaan rutin ke dokter.