Mitos Kacamata Terapi Bisa Memperbaiki Penglihatan

Kacamata Terapi

Kacamata terapi kerap kali diciptakan pilihan untuk memecahkan berbagai permasalahan pada mata. Namun sayangnya, efektivitas kacamata ini dalam membetulkan penglihatan masih menjadi kontroversi.  Menerapkan kacamata adalah salah satu metode untuk membetulkan penglihatan Anda. Setidaknya, ada dua variasi kacamata terapi yang diklaim dapat menormalkan mata Anda, adalah pinhole glasses (kacamata berlubang) dan kacamata orthoptic.

 

Pinhole Glasses

 

Kacamata terapi ini didesain khusus untuk orang yang memiliki penyakit rabun dekat dan rabun jauh. Tak seperti kacamata pada lazimnya, lensa pada pinhole glasses dilapisi selembar plastik berwarna gelap yang dipenuhi oleh lubang-lubang kecil. Lubang-lubang ini memungkinkan pancaran cahaya untuk masuk ke mata dan terfokus pada retina dengan lebih baik guna memperjelas penglihatan Anda.

 

Pinhole glasses pada Kacamata terapi dapat diterapkan untuk menolong diagnosis pada kondisi mata tertentu, semisal katarak dan distorsi kornea. Kecuali itu, kacamata berlubang ini juga dapat dimanfaatkan oleh penderita aniridia, di mana iris mata (bagian yang berwarna pada mata) tidak berkembang dengan total atau malah tidak terbentuk sama sekali. Alhasil, cahaya yang masuk ke dalam mata menjadi tidak terkendali. Hal ini berujung pada meningkatnya kepekaan mata terhadap cahaya (silau) dan berkurangnya ketajaman penglihatan. Dengan menerapkan pinhole glasses, jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata dapat dibatasi dan penglihatan malah menjadi lebih jelas

 

Namun, efek sebaliknya juga dapat terjadi. Kacamata terapi ini mungkin dapat membuat penglihatan Anda buram dan terhalang. Pinhole glasses tidak dianjurkan diterapkan ketika berkendara atau ketika mengoperasikan mesin, sebab efeknya dapat mengurangi tingkat kecerahan obyek.

 

Beberapa produsen sudah mengkampanyekan kegunaan pinhole glasses Kacamata terapi. Padahal demikian itu, ada sebagian kalangan yang masih mempertanyakan khasiatnya. Mereka beranggapan bahwa klaim khasiat pinhole glasses belum dapat diterangkan secara ilmiah. Walau diduga dapat memberi efek baik bagi sebagian orang, kacamata pinhole ini tidak baik diterapkan untuk membaca, berdampak buruk pada lapang pandang, dan tidak nyaman untuk dikenakan. Kecuali itu, pinhole glasses kebanyakan diterapkan oleh dokter mata cuma sebagai alat diagnosis, bukan untuk mengobati.

 

Beberapa dokter mata merekomendasikan Kacamata terapi orthoptic, tapi ada pula yang tidak menganjurkannya mengingat data klinis yang mendukung manfaat kacamata terapi ini masih kurang. Jadi, sebelum Anda menentukan untuk menerapkan kacamata terapi, konsultasikan secara khusus dahulu dengan dokter mata.