Bidang Kerja Onkologi

Onkologi

Dokter pakar onkologi adalah dokter yang khusus menangani dan mengobati penyakit yang diakibatkan oleh kanker. Penyakit ini mempunyai angka kematian yang tinggi. Menurut World Health Organization (WHO), pada tahun 2015 saja sebanyak 8,8 juta orang meninggal pengaruh kanker. Penyakit kanker banyak terjadi di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Sehingga wajar apabila penyakit mematikan ini menerima perhatian khusus di dunia kedokteran. Banyak elemen yang menjadi pencetus seseorang menderita penyakit kanker, seumpama pola hidup yang tak sehat, elemen lingkungan, hingga elemen keturunan (genetika). Di Indonesia sendiri, jumlah penderita kanker terus bertambah tiap tahunnya.

 

Onkologi adalah bidang kedokteran yang khusus menangani pengobatan dan pencegahan penyakit kanker. Meskipun, dokter yang mengkhususkan diri pada bidang onkologi disebut sebagai onkolog. Secara klinis, bidang onkologi bisa dibagi menjadi tiga bidang utama, adalah:

 

  • Bedah onkologi
  • Bidang bedah onkologi berpusat pada penanganan kanker dengan cara pembedahan, seperti pengangkatan jaringan tumor dan biopsi.
  • Onkologi–hematologi
  • Bidang onkologi–hematologi berpusat pada pengobatan kanker darah, seperti lifoma, mieloma, dan leukemia.
  • Radiasi onkologi
  • Bidang radiasi onkologi berpusat pada penanganan kanker dengan cara terapi radiasi atau radioterapi.

 

Kecuali memberikan pengobatan, dokter pakar kanker juga bertanggung jawab untuk memberikan anjuran penanganan medis yang disesuaikan dengan keperluan pasien, menilai hasil pengobatan, dan merawat keadaan pasien sesudah pengobatan. Bila pasien kanker membutuhkan pengobatan khusus, dokter onkologi akan bekerjasama dengan sebagian dokter dari bidang lain untuk membantu cara kerja pengobatan.