Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi Part 1

Jawa Timur

Jawa Timur yaitu sebuah provinsi di ujung timur Pulau Jawa dengan ibukota Surabaya. Provinsi Jawa Timur mempunyai luas lahan yang lebih besar dari pada provinsi lain yang ada di Pulau Jawa. Jawa Timur juga mempunyai tempat tamasya yang tak kalah menarik dari tempat tamasya di Jawa Barat. Apa saja tempat tamasya di Jawa Timur yang wajib dikunjungi?

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo yaitu tempat tamasya di Jawa Timur yang paling terkenal dan paling ramai dikunjungi. Pengunjungnya tak hanya dari tempat Jawa Timur saja, tetapi juga dari tempat lain yang cukup jauh, umpamanya Jakarta dan sekitarnya. Gunung Bromo yaitu gunung berapi aktif yang berlokasi di 4 wilayah, yaitu Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. Aktivitas yang paling diminati di Gunung Bromo yaitu memandang sang surya terbit, mendaki gunung, berkuda, dan berjalan melewati padang pasir Gunung Bromo.

2. Jawa Timur Park (Jatim Park)

Jatim Park yang berlokasi di Kota Baru, Jawa Timur yaitu sebuah taman rekreasi dan belajar yang sungguh-sungguh besar dan lengkap. Terletak sekitar 20 KM dari kota Malang, Jatim Park mempunyai lebih dari 36 wahana permainan yang berbeda dan sudah menjadi ikon tamasya Jawa Timur. Jatim Park juga pernah mendapatkan penghargaan juara pertama tamasya buatan nasional oleh menteri pariwisata sehingga tak diragukan lagi, Jatim Park yaitu salah satu tempat tamasya di Jawa Timur yang wajib dikunjungi.

3. Pantai Balekambang

Berada di sisi selatan provinsi Jawa Timur, Pantai Balekambang yaitu salah satu tempat tamasya di Jawa Timur yang terkenal dengan keindahan pantai, dan pura yang berada di atas sebuah pulau karang di pinggir Pantai Balekambang. Pantai Balekambang berlokasi hanya sekitar 45 KM di selatan kota Malang, sehingga Pantai Balekambang dikala ini sudah menjadi tempat tamasya favorit bagi warga kota Malang dan sektiarnya. Karakteristik Pantai Balekambang yaitu mempunyai ombak yang besar dan arus yang kuat. Jika anda pernah pergi bertamasya ke Tanah Lot, Bali, Pantai Balekambang akan mengingatkan anda pada tempat tamasya di Bali hal yang demikian karena kemiripan suasananya. Sayangnya, dikala ini trek menuju Pantai Balekambang banyak yang rusak sehingga akan sedikit mengurangi kenyamanan anda pada dikala menuju Pantai Balekambang.

4. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan yaitu sebuah danau alami yang berlokasi di kaki Gunung Lawu, Jawa Timur. Danau yang mempunyai luas sekitar 30 hektar dan kedalaman sekitar 28 meter ini berlokasi sekitar 16 KM dari kota Magetan. Fasilitas di sekitar Telaga Sarangan sungguh-sungguh lengkap, terdapat banyak penginapan, rumah makan, pasar tamasya belanja, zona bermain buah hati-buah hati, taman, tempat ibadah, dan lain-lain. Aktivitas favorit di Telaga Sarangan yaitu berkuda, bermain perahu air, dan memancing.

5. Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo yaitu salah satu tempat tamasya di Jawa Timur yang paling populer. Terletak di Kabupaten Situbondo, perjalanan menuju Pantai Pasir Putih Situbondo akan memakan waktu sekitar 4 jam dari kota Surabaya. Sesuai dengan namanya, Pantai Pasir Putih Situbondo terkenal dengan pasir putihnya yang menawan, dan hamparan hutan yang berada di tepi pantai.