Indikasi Pain Management

Pain Management

Pain management atau manajemen nyeri adalah suatu kumpulan prosedur medis yang bertujuan untuk meredakan atau menghilangkan nyeri pada pasien. Nyeri pada dasarnya adalah suatu sensasi yang tak menyenangkan atau menyakitkan yang timbul dampak rusaknya jaringan tubuh, dan bisa menimbulkan dampak secara fisik dan emosionil.

 

Nyeri timbul sebagai cara yang melindungi tubuh dari kerusakan jaringan lebih lanjut, atau dari kegiatan yang bisa menyebabkan kerusakan tubuh. Menurut sifatnya, nyeri bisa berupa nyeri akut atau kronis. Sedangkan dari intensitasnya, nyeri bisa terasa sebagai nyeri ringan atau berat.

 

nyeri akut timbul secara tiba-tiba, dan lazimnya penyebabnya bisa diketahui dengan jelas. Nyeri kronis timbul dalam rentang waktu yang panjang. Biasanya nyeri kronis akan terasa dalam beberapa minggu atau bulan. Nyeri kronis seringkali timbul dampak adanya suatu kondisi atau penyakit yang diderita oleh pasien.

 

Kadang-kadang untuk memberikan hasil maksimal, seseorang bisa menjalani lebih dari satu tipe cara manajemen nyeri. Ini dikarenakan nyeri seringkali melibatkan banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari pasien. Seorang pasien bisa menjalani pain management seandainya menderita nyeri pada tubuhnya. Menurut penyebabnya, nyeri bisa dibagi menjadi 2 tipe, adalah nyeri nosiseptif dan nyeri neuropatik.

 

Nyeri nosiseptif timbul dikarenakan adanya suatu rangsang yang berpotensi membahayakan, yang dideteksi oleh indra perasa nyeri pada tubuh (nociceptors). Nyeri nosiseptif timbul dikarenakan adanya kerusakan jaringan tubuh, bagus kerusakan mekanis (semisal nyeri sendi atau nyeri punggung), kerusakan dampak temperatur panas, temperatur dingin, atau dampak terkena bahan kimia. Munculnya nyeri nosiseptif bisa ditandai dengan gejala-gejala pada komponen tubuh yang mengalami nyeri, antara lain:

 

  • Rasa sakit yang menusuk, seperti ditusuk oleh paku atau jarum.
  • Kaku.
  • Lemah.
  • Kesemutan.

Nyeri neuropatik timbul dikarenakan adanya kerusakan pada jaringan syaraf, sehingga timbul nyeri yang sekali-sekali secara tiba-tiba. Gejala-gejala yang dimunculkan oleh nyeri neuropatik adalah:

 

  • Rasa terbakar atau seperti ditusuk oleh jarum pada komponen yang mengalami nyeri.
  • Rasa kesemutan dan kaku.
  • Nyeri yang timbul secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas.
  • Sulit tidur dan beristirahat dikarenakan oleh nyeri tersebut.
  • Gangguan emosionil dampak nyeri kronis, susah tidur, dan susah membuktikan nyeri yang sedang diderita.