Pilih Wind Of Change atau Comfort Zone

Wind Of Change

Artikel wirausaha kali ini membahas seputar pentingnya mengerjakan perubahan dalam dunia usaha dan bahaya berada di zona nyaman anda. Ada tiga elemen yang memberi akibat perubahan dunia saat ini, ketiga elemen tersebut sekiranya terjadi pada saat yang bersamaan, maka akan mempercepat laju perubahan yang terjadi.

 

Faktor pertama ialah ledakan berita dan pengetahuan disetiap sisi kehidupan. Sekeping saja penemuan kreatif kreatif baru dalam bidang berita yang terjadi dalam industri yang penuh persaingan, maka akan langsung mengubah dinamisnya usaha dalam waktu pesat. Produk atau layanan yang populer dan banyak dipakai diseluruh dunia akan terus berkembang dan dimaksimalkan menjadi sebuah produk baru, yang sama fungsinya, melainkan dengan hasil dan kwalitas yang lebih pesat, lebih baik, lebih murah dan lebih gampang dari produk sebelumnya.

 

Teladan perubahan besar yang terjadi, umpamanya di tahun 1989, saat Uni Soviet pecah, negara tirai besi ambrol dan era perang dingin usai. Industri pertahanan di seluruh Amerika benar-benar terguncang. Ratusan ribu daya kerja terlatih dan berpengalaman dirumahkan dan kehilangan pekerjaan secara permanen. Segala bidang industri terkena imbasnya, meluas ke penjuru dan efeknya dunia menuju ke jurang resesi. Efek dari perubahan ini benar-benar luar lazim dan tidak bisa dihindari. Cuma mereka yang fleksibel saja yang bisa langsung bereaksi dan merespon efek perubahan tersebut. Bagaimana sekiranya berita pecahnya negara Uni Soviet dideteksi semenjak dini oleh pelaku dunia industri? Tentu jauh hari sebelumnya mereka akan membuat langkah-langkah antisipatif dengan mengerjakan perubahan.

 

Terbukalah pada berita baru

 

Untuk mendapatkan perubahan anda patut fleksibel, agar fleksibel, anda patut tetap terbuka, siap mendapatkan pandangan baru, berita dan pengetahuan baru yang bisa membantu atau pun berpeluang mengancam bisnis dan berbahaya tujuan usaha anda. Sebuah pandangan baru kecil yang ditemukan di ujung benua lain yang lepas dari pengamatan, mungkin bisa berimbas mematikan masa depan bisnis, umpamanya, ditemukan produk baru yang lebih unggul dan seluruh konsumen beralih kepada produk tersebut, meski anda terlanjur menginvestasikan seluruh uang kedalam produk yang sudah tidak terpakai.

 

Dengan penemuan kreatif kreatif sebuah pandangan baru kecil yang kabarnya sukses anda tangkap, bisa ialah langkah awal anda menuju jalan kesuksesan. Dengan satu keping kecil berita yang didapatkan, anda bisa langsung mengerjakan perubahan dan menyesuaikan diri dengan arah perkembangan yang sedang terjadi. Pengusaha tanpa dukungan berita seolah sudah menempatkan bisnisnya diujung tanduk.

 

Segala pemimpin patut menjadi pendengar dan pembaca yang baik. Sangat penting untuk memahami posisi tersebut dan mengerti apa saja yang patut dikerjakan. Selalu up-to-date dengan berita-berita terkini, terpenting yang terkait dengan bisnis anda. Baca majalah, koran, hadiri seminar dan konferensi. Bergabung dalam dalam asosiasi atau golongan sosial bisnis yang dikerjakan dan berinteraksi dengan orang-orang didalamnya untuk sharing dan berbagi berita dan kesempatan usaha terkini. Sebab kemajuan senantiasa berpihak kepada orang yang mempunyai berita terbaik dan terkini.

 

Gelombang Teknologi Faktor

 

Faktor kedua yang membawa perubahan ialah cepatnya pertumbuhan dan perkembangan teknologi. Segala saat penelitian dan percobaan dikerjakan demi untuk menimbulkan teknologi baru sebagai peningkatan dari teknologi sebelumnya. Segala aktifitas tersebut dikerjakan untuk membantu pengguna produk bisa mengerjakan seluruh pekerjaan lebih pesat, lebih baik, lebih murah dan lebih gampang. Kecepatan perubahan teknologi tersebut terjadi tiap-tiap hari dan tugas pengusaha ialah mengantisipasinya.

 

Itu yang berlaku ialah “Teknologi terkini hari ini, esok hari sudah ada penggantinya”. Ketika cepatnya perubahan yang terjadi, hingga ibaratnya peralatan teknologi terkini yang selesai diproduksi sudah akan digantikan oleh produk yang lebih baik, pun sebelum akan dikemas dalam kardus untuk diedarkan. Kompetisi ini rata-rata teknologi baru cuma mempunyai umur 6 bulan saja sebelum digantikan oleh produk baru yang lebih unggul dari produk sebelumnya. Jadi, sekiranya anda tidak terus berinovasi membuat produk atau layanan yang senantiasa lebih baik, maka kompetitor akan bisa menaklukkan anda dalam persaingan.

 

Hati-hati dengan zona nyaman

 

Kadang-kadang bahaya terbesar yang bisa mengancam sasaran kesuksesan jangka panjang anda ialah kesuksesan jangka pendek anda sendiri. Kesuksesan yang sudah kita raih akan menina bobokan kita, akan timbul rasa puas diri lalu mulai timbul rasa ogah untuk terus berubah mencontoh perubahan yang terus terjadi. Pada detik itu, anda akan mulai ketinggalan dan terhempas dari persaingan. Kesuksesan cuma akan menjadi masa lalu.

 

Tekanan Tak Stop Pernah Faktor

 

Tiap-tiap ketiga yang memberi akibat perubahan dan memerlukan fleksibilitas tinggi ialah persaingan. Pesaing akan terus ada dan membayangi tiap-tiap saat, mereka akan lebih kreatif dari sebelumnya. Mereka senantiasa mencari sistem untuk mengambil alih market anda, berusaha menurunkan penjualan anda, mengurangi aliran cashflow, dan sekiranya mungkin, mematikan eksistensi anda dalam persaingan. Mereka agresif dalam memasarkan produk atau layanan dengan mengaplikasikan tiap-tiap celah dan mencari spot lemah untuk menurunkan eksistensi anda dimata konsumen. Pesaing anda akan agresif dengan mengaplikasikan teknologi dan berita terkini untuk membuat anda gagal berkompetisi dan mereka mendapat profit yang kompetitif. Segala hari akan timbul perusahaan baru, produk baru, layanan baru dan daya pemasaran baru dan itu seluruh ialah pesaing anda. Apabila akan semakin keras dan intensif.   mau terus berkembang dan bertahan dalam persaingan bisnis, anda patut bisa lebih konsentrasi dan senantiasa siap mengerjakan perubahan. Dan terpenting dari seluruh itu, anda patut fleksibel dan siap mendapatkan.