Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi Part 2

Wisata di Cirebon

Cirebon punya sejumlah kekuatan tarik yang tidak kalah dengan destinasi liburan favorit lainnya seperti Bandung, Jogja, atau Bogor. Kota yang familiar dengan mangga gedong gincunya ini baru-baru ini banyak dipilih para pelancong sebagai tujuan liburan. Setiap-tiap-tiap musim libur panjang, Cirebon mendadak ramai oleh banyaknya pelancong yang datang dari luar kota.

 

Meningkatnya kunjungan pelancong ke Cirebon dalam sebagian tahun baru-baru ini tidak luput dari perkembangan ekonomi dan pembangunannya yang lumayan kencang. Sejak dibukanya Tol Cipali, jarak tempuh menuju Cirebon bahkan menjadi lebih kencang.

 

Tidak cuma itu, kehadiran sejumlah penginapan di tiap-tiap-tiap-tiap sudut kota juga semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pelancong. Nah, bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke Kota Udang, ada sebagian anjuran tempat liburan di Cirebon yang semestinya dikunjungi. Ada apa saja? Simak uraian lengkapnya berikut ini.

 

  1. Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani

 

Taman Ade Irma Suryani (TAIS) diketahui sebagai taman hiburan si kecil pada dekade 90-an. TAIS sempat terbengkalai sebelum akibatnya disulap menjadi waterpark yang dikasih nama Cirebon Waterland. Sejak dibuka pada tahun 2014, tempat liburan di Cirebon yang satu ini langsung menjadi primadona pariwisata bagi warga Cirebon dan sekitarnya. Absensi pondok ikonik seperti yang terdapat di Dusun Bambu Lembang serta cafe bergaya kapal laut menjadi kekuatan tarik bagi pelancong, terutamanya para pencinta fotografi.

 

Kecuali pondok dan cafe yang ikonik, kolam renang waterboom Cirebon Waterland juga semestinya Anda jajal bersama si buah hati. Daerah liburan di Cirebon ini juga punya taman bermain si kecil yang dilengkapi berjenis-macam wahana permainan dan spot foto menarik.

 

Cirebon Waterland berlokasi di Sebagian Yos Sudarso 1, Lemahwungkuk, Cirebon. Obyek liburan satu ini dibuka tiap-tiap-tiap-tiap hari pada pukul 07:00-21:00 dengan harga karcis masuk seharga Rp50.000 dan Rp65.000 khusus akhir minggu.

 

  1. Bukit Gronggong

 

Cirebon juga punya destinasi liburan dengan panorama malam yang ciamik, namanya Bukit Gronggong. Bukit Gronggong yaitu lokasi nongkrong favorit si kecil muda Cirebon dan sekitarnya. Di wilayah Bukit Gronggong, Anda dapat menikmati menawannya panorama Cirebon pada malam hari dari ketinggian sambil duduk di tempat duduk dan menikmati minuman hangat di tengah teduhnya cuaca perbukitan.

 

Kini, di wilayah tempat liburan di Cirebon ini sudah banyak berdiri cafe dan penginapan yang memberi tahu panorama perbukitan yang memesona. Jadi, liburan bersama keluarga dan teman bahkan dapat semakin menyenangkan. Buat Anda yang tertarik menikmati panorama malam khas Bukit Gronggong yang berlokasi di tempat Patapan, Beber, Cirebon, Anda cuma diharuskan membayar biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp5.000 untuk kendaraan beroda empat.

 

  1. Telaga Remis

 

Telaga Remis menawarkan segarnya panorama alam khas kaki Gunung Ciremai untuk Anda yang berkeinginan melepas penat dari padatnya aktivitas sehari-hari. Terletak sekitar 20 kilometer dari sentra Kota Cirebon, tepatnya di tempat Kaduela, Kuningan, Telaga Remis konon yaitu tempat pertapaan Raja Siliwangi pada masa lalu. Nama Telaga Remis yang dalam bahasa Sunda mempunyai arti embun berasal dari kisah Prabu Siliwangi yang memanfaatkan embun sebagai air minumnya dikala bertapa di tempat hal yang demikian yang dulu familiar tandus. Sang Prabu bahkan kemudian membuang sisa embun hal yang demikian seraya berdoa agar kelak tempat hal yang demikian menjadi telaga yang berguna bagi masyarakat sekitar.

 

Kongkritnya, doa Prabu Siliwangi hal yang demikian menjadi kenyataan. Kini, Telaga Remis Cirebon tidak cuma kapabel menjadi sumber mata air bagi warga sekitar, tapi juga sudah disulap menjadi destinasi liburan yang kapabel mendekatkan pengunjung pada alam. Di lahan seluas 3 hektare ini, Anda dapat menjelajahi wilayah hutan di sekitar telaga yang didiami ratusan macam tumbuhan seperti pohon malaka, sonokeling, dan kosambi. Telaga Remis juga sudah dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang seperti camping ground, kamar mandi, toko, gazebo, dan lahan parkir.

 

  1. Setu Patok

 

Warga setempat menyebut Setu Patok sebagai Danau Toba-nya Cirebon. Wajar saja, sebab Setu Patok dapat dinobatkan sebagai danau terbesar di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Danau Setu Patok acap kali kali dijadikan sebagai tempat bersantai dan berburu foto bagi warga sekitar. Daerah liburan di Cirebon ini paling ramai dikunjungi pada petang hari berkat panorama sunset-nya yang menawan.

 

Panorama danau yang luas dan dikelilingi perbukitan bukan satu-satunya kekuatan tarik yang dimiliki Setu Patok. Di tempat liburan di Cirebon yang satu ini, pengunjung dapat menjajal sejumlah aktivitas menarik seperti memancing, piknik, atau mengelilingi danau dari atas perahu motor. Akses menuju Setu Patok bahkan sungguh-sungguh mudah berkat letaknya yang berada di trek pantai utara wilayah Mundu dan cuma memakan waktu sekitar 30 menit berkendara dari sentra Kota Cirebon.

 

  1. Pusat Batik Trusmi

 

Kawasan Trusmi familiar akan deretan rumah perajin batik. Kini wilayah hal yang demikian sudah disulap menjadi destinasi liburan kebiasaan yang dikasih nama Pusat Batik Trusmi. Di sepanjang Sebagian Trusmi hal yang demikian, Anda akan disampaikan berjenis-macam galeri batik khas Cirebon yang familiar akan motif mega mendung dan coraknya yang cerah tapi lembut.

 

Di wilayah tempat liburan di Cirebon ini, Anda tidak cuma dapat berburu oleh-oleh batik khas Cirebon. Sebagian galeri batik bahkan menawarkan kursus membatik bagi pelancong yang tertarik mencoba menggambar motif batik khas Cirebon. Kecuali membatik, pengunjung juga akan diajak melukis topeng, sekaligus belajar menari topeng di wilayah liburan edukasi Pusat Batik Trusmi. Menarik, bukan?