Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi Part 1

Samarinda

Samarinda yaitu ibu kota Provinsi Kalimantan Timur. Kota ini juga menjadi kota dengan penduduk terpadat di Kalimantan. Selama ini Samarinda dikenal dengan kain tenunnya yang bermotif kotak-kotak dengan berjenis-jenis warna. Pada kenyataannya, kota ini memilliki banyak potensi pariwisata selain kain tenun khasnya.

 

Apabila diperbandingkan beberapa kota lain di Indonesia, pariwisata Samarinda tak banyak dikenal. Melainkan sebetulnya kota ini memiliki banyak daerah wisata yang layak dikunjungi. Berikut 10 daerah wisata di Samarinda yang tak keok dengan daerah wisata lain di Indonesia:

 

  1. Air Terjun Tanah Merah

 

Air Terjun Tanah Merah berada di Dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara, atau sekitar 14 km dari pusat kota Samarinda. Tempat wisata ini gampang sekali diakses dengan kendaraan biasa, Anda hanya perlu naik angkutan perkotaan jurusan Pasar Segiri – Sungai Siring. Air terjun dengan tinggi 15 meter ini tergolong unik. Air yang mengalir akan kelihatan jernih dan bersih, melainkan ketika di bawah, air akan berubah menjadi keruh kemerahan. Hal ini dikarenakan tanah di sini berjenis gambut. Meskipun semacam itu, daerah wisata di Samarinda ini masih banyak dikunjungi wisatawan terutamanya ketika akhir pekan. Apabila tak ingin bermain air dan basah, Anda dapat duduk di gazebo sambil merasakan keindahan air terjun ini. Kecuali bersantai di gazebo, Anda juga dapat memuaskan perut di toko makan sekitar. Apabila membawa buah hati kecil, di kawasan air terjun ini juga disediakan zona bermain buah hati.

 

  1. Desa Budaya Pampang

 

Tamasya adat istiadat banyak diminati sebab selain dapat memandang adat istiadat setempat, Anda juga dapat belajar seputar adat istiadat lain. Di Samarinda, ada sebuah daerah wisata adat istiadat populer yaitu Desa Budaya Pampang. Desa ini dihuni oleh suku Dayak Kenyah. Pada akhir pekan, daerah wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan luar kota ataupun luar negeri. Tiap hari Pekan, pada pukul 13:00 – 15:00 diadakan pertunjukan seni di lamin atau gedung pertemuan desa. Gedung ini unik sebab berupa rumah adat Dayak dengan ukiran khas suku. Menariknya, pada ketika sedang berlangsung pertunjukan seni, segala warga desa akan mengenakan baju adatnya. Anda juga dapat menyewa baju adat untuk berfoto dengan latar rumah adat Dayak. Kecuali itu, di desa ini juga ada toko suvenir yang memasarkan berjenis-jenis kerajinan warga setempat.

 

  1. Kebun Raya Unmul Samarinda

 

Kebun Raya Unmul Samarinda berjarak 10 km dari pusat kota Samarinda. Tempat wisata ini yaitu hutan pengajaran milik Universitas Mulawaman, melainkan terbuka untuk biasa. Pengunjung hanya perlu membayar 5.000 Rupiah per orang untuk dapat masuk ke kebun raya ini. Di kawasan kebun raya, terdapat sebuah danau besar yang dapat Anda kelilingi dengan menyewa sepeda air. Apabila ingin berkeliling kawasan ini, Anda dapat mengaplikasikan sado. Kecuali itu, daerah wisata di Samarinda ini juga memiliki kebun hewan mini dan museum kayu yang berisi berita mengenai ragam-ragam kayu di Kalimantan. Kebun Raya Unmul Samarinda buka tiap-tiap hari selain hari Jumat, mulai pukul 09:00 hingga 16:00

 

  1. Telaga Permai Batu Besaung

 

Tempat wisata di Samarinda ini yaitu sebuah kawasan hijau yang biasa dipakai sebagai lokasi berkemah. Meskipun tak berkemah di sini, melainkan Anda maih dapat merasakan keindahan Telaga Permai Batu Besaung ini. Tanah di kawasan ini memiliki ketinggian yang bervariasi sehingga sungai yang melaluinya jadi menyerupai air terjun pendek. Anda dapat berendam dan bermain di tampungan airnya yang dangkal. Kecuali itu, Anda juga dapat berjalan menjelajahi kawasan ini untuk memandang keindahannya. Telaga permai Batu Besaung hanya berjarak 15 km dari pusat kota Samarinda.

 

  1. Pulau Kumala

 

Pulau Kumala yaitu daerah wisata di Samarinda yang berada di tengah Sungai Mahakam. Pulau ini berasal dari pengendapan lumpur sungai. Apabila dipandang, bentuknya memanjang menyerupai perahu yang terbalik. Tempat wisata ini disebut mirip dengan Taman Mini Indonesia Menawan yang berada di Jakarta. Hal ini dikarenakan Pulau Kumala juga menggambarkan adat istiadat Kalimantan mulai dari bangunan adat, candi dan juga patung lembu. Kecuali bangunan bernilai adat istiadat setempat, di sini juga terdapat wahana permainan modern seperti sky tower setinggi 75 meter, kereta mini, kereta gantung dan juga komemdi putar. Apabila ingin menginap, ada DJS Resort yang menyediakan cottage dan kolam renang. Tempat wisata ini berada di sebelah barat kota Tenggarong, kabupaten Kutai Kartanegara, atau 27 dari kota Samarinda. Untuk menempuh Pulau Kumala, Anda dapat menyeberang mengaplikasikan perahu motor atau kereta gantung dari Tenggarong.