Tips Membersihkan dan Merawat Kulit Wajah Tiap Hari

Merawat Kulit Wajah

Selain menerapkan produk pencerah kulit, ada sistem natural yang bisa ditempuh untuk mencerahkan kulit wajah. Di samping bisa menghemat biaya, juga meminimalkan risiko pengaplikasian krim wajah yang mungkin mengandung bahan-bahan berbahaya.

 

Mencerahkan kulit wajah dengan sistem natural bisa menjadi langkah untuk meminimalkan pengaplikasian krim wajah yang mungkin mengandung hydroquinone atau merkuri. Padahal sanggup membuat kulit wajah kelihatan cerah, pengaplikasian krim wajah yang mengandung hydroquinone dalam rentang panjang bisa menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam di wajah. Padahal krim pencerah wajah yang mengandung merkuri, dalam rentang panjang bisa meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

 

Kulit wajah yang cerah dimulai dari kulit yang bersih dan terawat. Untuk itu, Anda disarankan rutin mengerjakan perawatan wajah, antara lain dengan:

 

Membersihkan wajah dua kali sehari

Pastikan bahwa Anda membersihkan kulit wajah sebanyak dua kali sehari, ialah pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Gunakan pembersih wajah yang layak dengan macam kulit.

 

Memakai toner

Setelah wajah dibersihkan, usap wajah dengan toner menerapkan kapas. Pemakaian toner bermanfaat untuk mengangkat sisa kotoran dan minyak yang masih menempel di kulit.

 

Memakai pelembap wajah

Setelah wajah benar-benar bersih, gunakanlah pelembab wajah layak dengan macam kulit yang dimiliki, supaya kelembapan kulit konsisten terjaga dengan bagus.

 

Mengenakan Tabir Surya

Paparan sinar sang surya berlebihan berisiko menimbulkan bercak-bercak pada kulit wajah, mempercepat timbulnya keriput, dan menjadikannya kelihatan kusam. Ketika terpapar sinar ultraviolet (UVA dan UVB), kulit akan memproduksi lebih banyak melanin yang membuat warna kulit kelihatan lebih gelap.

 

Untuk menghindari efek buruk paparan sinar ultraviolet ini, Anda disarankan untuk mengenakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Gunakan tabir surya saat berkegiatan di luar ruangan padahal cuaca sedang hujan. Pemakaian tabir surya bisa mengurangi risiko perubahan warna kulit.

 

Selain tabir surya, Anda bisa mengenakan pakaian berlengan panjang, topi bertepi lebar,  kacamata hitam maupun payung saat berkegiatan di luar ruangan. Metode ini bisa melindungi kulit dari paparan sinar sang surya segera sehingga sanggup menjaga kulit konsisten cerah.

 

Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Air yang Mencukupi

Tidak hanya dari luar, mencerahkan kulit wajah terbukti juga bisa dikerjakan dari dalam, ialah dengan sistem-sistem di bawah ini:

 

Minum 8 gelas air putih sehari

Untuk memenuhi asupan cairan dengan bagus, Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari. Tujuannya supaya tubuh dan kulit konsisten terhidrasi dengan bagus. Ketika tubuh terhidrasi dengan bagus, sel-sel kulit juga akan turut serta terhidrasi, sirkulasi dan aliran darah bahkan menjadi lebih lancar, sehingga bisa membuat wajah dan kulit kelihatan lebih cerah.

 

Konsumsi makanan sehat

Untuk mendapatkan kulit yang cerah dan kelihatan lebih muda, disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan sehat, seperti sayur, buah, biji-bijian dan protein tanpa lemak.

 

Selain itu, stres terbukti juga memengaruhi kesehatan kulit Anda. Untuk meminimalkan stres, sediakan waktu luang untuk mengerjakan hobi atau kesibukan yang Anda sukai.