Diet Sehat dengan Mengonsumsi Kacang Tanah

Kacang Tanah

Selama ini kacang tidak jarang dihindari, lebih-lebih oleh orang-orang yang sedang menjalani diet. Kacang juga tidak jarang dituduh menjadi penyebab jerawat dan penyakit lain. Padahal dari beberapa studi memperlihatkan bermacam manfaat kacang tanah yang bagus bagi kesehatan.

 

Kacang tanah atau groundnut sebetulnya termasuk dalam klasifikasi legume dan tidak sama dengan kacang-kacangan yang berasal dari pohon atau tree nuts, seperti  almond, kacang mete dan kenari. Namun, sebab mempunyai nutrisi yang hampir sama, kesemuanya lazim dikenali sebagai kacang-kacangan (nuts).

 

Selain khusus, manfaat kacang tanah sangat bagus untuk mereka yang sedang menjalani diet. Penelitian menemukan, orang yang tidak jarang mengkonsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang tanah, justru terbantu untuk menurunkan berat badan.

 

Orang yang sedang diet juga akan cepat merasa kembung sesudah mengkonsumsi kacang, sebab kecuali bernutrisi, kacang mengandung lemak sehat dan serat. Rasa kembung itu memungkinkan orang untuk tidak mengkonsumsi makanan lebih banyak. Berikut beberapa kiat untuk memanfaatkan kacang-kacangan sebagai makanan ringan yang sehat:

 

  • Kacang mengandung sekitar 160-200 kalori tiap-tiap 28 gram, padahal macam kalori ini hampir segala berasal dari kandungan lemak tidak jenuh tunggal. Ini ialah jumlah yang dianjurkan tiap-tiap hari. Angka ini kurang lebih sepadan dengan satu genggaman tangan.
  • Untuk menghindari konsumsi berlebih, ambil kacang seperlunya dengan mangkok kecil dan habiskan pelan-lahan, sehingga Anda dapat lebih mengendalikan berapa banyak kacang yang sudah dihabiskan.
  • Tempatkan kacang dalam wadah-wadah plastik kecil sebagai camilan untuk dibawa seperti dalam perjalanan atau di kantor. Dalam sehari, jangan mengkonsumsi lebih dari wadah yang sudah disiapkan.
  • Namun kacang dalam wujud orisinil, Anda dapat mengonsumsinya dalam wujud selai. Oleskan selai kacang dengan makanan sehat lain, seperti apel atau roti gandum.
  • Kacang dapat juga ditaburkan ke dalam sereal sarapan pagi, yoghurt rendah lemak, salad, maupun es krim rendah lemak.
  • Kacang rebus ialah opsi olahan yang sehat. Apabila, Anda juga dapat memanggang kacang selama 5-10 menit di dalam oven.

Hal yang tidak keok penting untuk Anda kenal ialah hindari memberikan kacang tanah pada buah hati berusia di bawah lima tahun atau balita, sebab dapat membuatnya tersedak. Lazimnya berharap memberikannya, sebaiknya kacang tanah ini ditumbuk lebih-lebih dahulu sampai halus. Waspadai juga kemungkinan alergi, lebih-lebih bila keluarga Anda mempunyai riwayat alergi kacang.

 

manfaat kacang tanah sangat bagus, termasuk bagi yang sedang menjalani program diet. Kacang tanah dapat dikonsumsi sebagai pengganti makanan ringan dengan jumlah yang terbatas, ialah sebanyak 28 gram tiap-tiap hari dalam seminggu. Untuk mengoptimalkan manfaat kacang tanah sebagai teman diet, Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter nutrisi.