Penyakit yang Ditangani Dokter Onkologi

Onkologi

Dokter pakar onkologi yakni dokter yang khusus menangani dan mengobati penyakit yang diakibatkan oleh kanker. Penyakit ini mempunyai angka kematian yang tinggi. Menurut World Health Organization (WHO), pada tahun 2015 saja sebanyak 8,8 juta orang meninggal pengaruh kanker. Penyakit kanker banyak terjadi di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Sehingga wajar sekiranya penyakit mematikan ini mendapat perhatian khusus di dunia kedokteran.

 

Banyak unsur yang menjadi pelopor seseorang menderita penyakit kanker, seumpama pola hidup yang tak sehat, unsur lingkungan, hingga unsur keturunan (genetis). Di Indonesia sendiri, jumlah penderita kanker terus bertambah tiap tahunnya. Dokter onkologi mengkhususkan diri pada pengobatan dan perawatan penyakit kanker. Berjenis-jenis penyakit kanker yang biasa ditangani dokter onkologi, di antaranya:

 

Kanker payudara

Kanker payudara yakni variasi kanker yang terjadi pada banyak wanita. Biasanya wanita yang menderita kanker payudara mempunyai gejala khas, berupa benjolan di payudara, nyeri di bagian puting, puting payudara berminat ke dalam, keluar cairan dari payudara, dan perubahan warna kulit di payudara.

 

Kanker paru

Kanker paru tak jarang diderita oleh para perokok aktif dan pasif. Biasanya penderita kanker paru mempunyai gejala berupa batuk yang tak kunjung sembuh, batuk berdarah, sesak napas, suara berubah menjadi serak, dan nyeri di bagian dada.

 

Kanker kolorektal

Kanker kolorektal yakni variasi kanker yang tumbuh pada usus besar. Kebanyakan kasus kanker variasi ini dimulai dari benjolan (polip) di usus besar yang lama kelamaan berubah menjadi kanker. Gejala yang tak jarang dialami penderita kanker ini mencakup diare, konstipasi, darah pada tinja, tak jarang merasa mual dan kekenyangan, hingga penurunan berat badan tanpa karena yang jelas.

 

Kanker ovarium

Kanker ovarium juga termasuk salah satu variasi kanker yang banyak diderita kaum wanita. Wanita yang menderita kanker ovarium kadang-kadang tak memperlihatkan gejala yang spesifik. Namun, keadaan ini dapat dicurigai dari adanya gejala seperti pembengkakan perut, perut tak jarang terasa kekenyangan, dan sakit saat berhubungan seksual.

 

Leukemia

Leukemia yakni salah satu variasi kanker yang menyerang produksi dan fungsi sel darah putih. Seorang yang mengidap kanker variasi ini mempunyai gejala mudah lelah, berkeringat banyak di malam hari, tak jarang mengalami perdarahan atau lebam tanpa karena yang jelas, nyeri sendi, dan pembengkakan di kelenjar getah bening.

 

Melanoma

Melanoma yakni variasi kanker kulit yang benar-benar berbahaya, tetapi jarang terjadi. Gejala kanker ini seringkali ditandai dengan munculnya tahi lalat baru atau terjadi perubahan format dari tahi lalat yang lama.

 

Anda dapat mengonsultasikan berjenis-jenis-variasi variasi kanker terhadap dokter pakar kanker mengenai pengobatan dan perbuatan terupdate dalam mengobati kanker atau mengatur gejalanya.