Peran Enzim dalam Proses Pencernaan

Enzim pencernaan

Setelah Anda makan, pernahkah terpikirkan bagaimana makanan dicerna di dalam tubuh? Pengerjaan pencernaan makanan dibatasi oleh enzim pencernaan. Enzim ini berperan penting dalam memecah partikel makanan menjadi komponen terkecil, sehingga nutrisinya gampang diserap tubuh.

 

Enzim sendiri yakni sejenis protein yang berfungsi untuk mempercepat laju respon biokimiawi di dalam tubuh. Beberapa besar enzim pencernaan diproduksi secara natural di saluran pencernaan, seperti mulut, lambung, pankreas, dan usus kecil. Beberapa keadaan medis tertentu bisa memengaruhi produksi enzim yang pada akhirnya menyebabkan dilema pencernaan. Kalau gangguan pencernaan terjadi imbas kekurangan enzim, karenanya diperlukan tambahan enzim yang berasal dari luar tubuh.

 

Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda harus dipecah menjadi nutrisi dasar, yakni asam amino dari protein, asam lemak dan gliserol dari lemak, serta glukosa dari karbohidrat. Pengerjaan ini terjadi agar nutrisi gampang diserap dan dialirkan ke segala tubuh untuk mensupport metabolisme. Pengerjaan pemecahan nutrisi beberapa besar dibantu oleh enzim pencernaan.

 

Enzim pencernaan dijadikan oleh tubuh, dan masing-masing mempunyai fungsi spesifik untuk memecah ragam nutrisi tertentu yang terkandung dalam makanan. Berikut ini tiga enzim utama pencernaan beserta fungsinya:

 

Enzim lipase

Ini yakni enzim yang berguna untuk memecah lemak dan minyak, kemudian mengubahnya menjadi gliserol dan asam lemak. Enzim lipase diproduksi di pankreas dan usus kecil. Kecuali itu, enzim ini juga bisa ditemukan di dalam ASI.

 

Enzim protase

Ini yakni enzim yang berfungsi untuk memecah protein menjadi asam amino. Enzim ini diproduksi di lambung, pankreas, dan usus kecil. Itu sebabnya, beberapa besar proses pemecahan protein terjadi di lambung dan usus kecil.

 

Enzim amilase

Enzim ini diperlukan tubuh untuk memecah karbohidrat menjadi glukosa, yang yakni sumber daya utama tubuh. Enzim ini diproduksi di kelenjar air liur, pankreas, dan usus kecil.

 

Perlu diingat, sebelum mengonsumsi suplemen enzim atau bahan makanan yang mengandung enzim pencernaan, senantiasa konsultasikan dengan dokter lebih-lebih dahulu. Hal ini bertujuan agar penyebab gangguan bisa dikenal dan dituntaskan, juga untuk menghindari bermacam-ragam risiko kesehatan yang mungkin bisa muncul setelah mengonsumsi enzim pencernaan tambahan.