Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Dikunjungi Part 1

Tempat Wisata di Aceh

Nanggroe Aceh Darussalam atau lebih dikenal dengan Aceh ialah sebuah provinsi di ujung Pulau Sumatera. Provinsi ini mempunyai estetika alam yang luar umum, mulai dari pantai sampai pegunungannya. Setelah mengalami kerusakan dampak tsunami pada tahun 2004 di sebagian zonanya termasuk tempat wisatanya, Aceh kembali bangkit dan merapikan sektor pariwisatanya dengan bagus. Berencana liburan ke Aceh? Telah tahu akan menghabiskan waktu Anda di mana? Agar tidak kebingungan berkeinginan ke mana, simak dahulu 10 tempat liburan di Aceh yang pantas dikunjungi berikut ini:

 

  1. Masjid Raya Baiturrahman

 

Masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 ini sudah menjadi ikon Aceh. Bangunan utama mesjid berwarna putih dengan kubah hitam besar dikelilingi oleh tujuh menara. Kesan megah kian terasa dengan adanya kolam besar dan pancuran air di komponen depan mesjid yang mengingatkan pada Taj Mahal di India.

 

Masjid ini menjadi tempat liburan religi di Aceh yang banyak dikunjungi karena keindahannya. Web Huffington Post memasukkan Masjid Raya Baiturrahman ke dalam daftar 100 mesjid terindah di dunia, pun Yahoo! menyebut mesjid ini sebagai salah satu dari 10 mesjid terindah di dunia. Hal ini tentu saja kian membikin bangga warga Aceh dan Indonesia.

 

Bila berkeinginan membeli suvenir, Anda bisa datang ke Pasar Aceh yang berlokasi di belakang mesjid. Setelah puas berkeliling, Anda bisa bertamasya masakan karena ada banyak penjual makanan di pasar ini.

 

  1. Air Terjun Blang Kolam

 

Tempat liburan alam yang satu ini sayang untuk dilewatkan. Air Terjun Blang Kolam berlokasi di Desa Sidomulyo, Aceh Utara dan bisa dicapai dalam waktu 30 menit dari Lhokseumawe. Di sini, Anda bisa memandang air terjun kembar dengan tinggi 75 meter yang dikelilingi oleh pohon-pohon rindang. Di sekitar air terjun, ada banyak orang yang bermain air, berendam di kolam tampungan air terjun atau sekadar bersantai di tepiannya. Bila Anda berkeinginan merasakan pengalaman yang berbeda, coba datang dengan membawa perlengakapan berkemah Anda. Di Air Terjun Blang Kolam ini, Anda bisa berkemah dan merasakan alam bebas dengan biaya 5.000 Rupiah per orang.

 

Tempat liburan di Aceh ini tidak hanya menawarkan estetika alamnya, namun juga menawarkan harga yang murah. Anda cukup membayar 2.500 Rupiah per orang untuk bisa masuk dan menggambarkan estetika Air Terjun Blang Kolam.

 

  1. Air Terjun Suhom

 

Air Terjun ini berada di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Untuk bisa menempuh tempat liburan ini, Anda sepatutnya via trek naik-turun dengan panorama pegunungan Paro dan Kulu. Di tengah perjalanan, jangan terkejut saat memandang banyak monyet berkeliaran di jalan. Simpanse-monyet ini lazimnya minta buah-buahan atau makanan ringan lain pada pengguna jalan yang via. Air terjun setinggi 50 meter ini dibagi menjadi tiga tingkat, namun Anda tidak diizinkan naik menuju tingkat dua dan tiga demi alasan keselamatan karena adanya pembangkit listrik bertegangan tinggi.

 

Sedangkan demikian itu, tempat liburan di Aceh ini konsisten mempersembahkan panorama yang luar umum. Anda bisa berenang di telaga sedalam dua meter di bawah air terjun atau mengantar si kecil-si kecil bermain air di kolam renang si kecil. Tak berkeinginan bermain air? Silakan bersantai di gazebo yang sudah disediakan sambil merasakan makanan yang banyak dijual di sekitar lokasi air terjun.

 

  1. Pantai Lampuuk

 

Warga Aceh tidak perlu merasa iri dengan Bali yang mempunyai banyak pantai menawan karena di Aceh juga terdapat banyak pantai dengan panorama menakjubkan. Salah satu tempat liburan pantai yang bisa dipercaya ialah Pantai Lampuuk. Pantai ini disebut juga sebagai Pantai Kuta di Aceh. Pantai Lampuuk mempunyai garis pantai sepanjang 5 km dari selatan ke utara dengan pasir putih lembut dan tebing karang di ujung pantai. Banyak kesibukan yang bisa Anda lakukan di pantai ini mulai dari browsing, berjemur, berenang dan juga bermain banana boat.

 

Satu lagi kesibukan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat liburan ini ialah memandang upaya pelestarian penyu. Anda bisa turut serta melepas tukik ke laut lepas. Seru, ya? Wisata sekalian menjaga kelestarian alam. Bila belum puas merasakan Pantai Lampuuk dalam sehari, Anda bisa menginap di cottage yang ada di wilayah pantai. Kecuali bisa lebih lama merasakan estetika pantai ini, Anda juga bisa memuaskan perut dengan aneka sajian ikan bakar di warung-warung sekitar pantai.

 

Pantai Lampuuk berada di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh Besar. Harga tiket masuk ialah 3.000 Rupiah.

 

  1. Pantai Lhoknga

 

Pantai Lhoknga berada tidak jauh dari Pantai Lampuuk. Tempat liburan ini berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Di sini, Anda bisa bersantai di bawah pohon-pohon yang rindang atau bermain voli pantai di pasirnya yang luas dan landai. Bila bersantai dan berjemur di tepian pantai masih kurang menyenangkan bagi Anda, cobalah browsing di lautnya. Pantai Lhoknga mempunyai ombak dengan ketinggian 1,5 – 2 meter yang pantas untuk olahraga ini. Hari beranjak petang, jangan pulang dahulu. Jangan lewatkan panorama sang surya terbenam yang menawan di pantai ini. Tempat liburan di Aceh ini kian ramai pada petang hari, banyak yang datang untuk memandang panorama sang surya terbenamnya dengan duduk bersantai dan merasakan jagung bakar.