Jangan Sampai Kulit Berbintik Mengganggu Penampilan

Kulit Berbintik

Bintik-bintik cokelat pada kulit wajah memang kerap kali membuat tak percaya diri. Namun, hening saja. Kecuali disamarkan dengan riasan, bintik kulit ini bisa dihilangkan dengan cara tertentu. Yuk, kenali dulu penyebab dan cara menuntaskannya.

 

Pernah memperhatikan atau mengalami sendiri bintik-bintik cokelat di kulit wajah? Kecuali pada wajah, bintik-bintik cokelat ini kadang juga bisa ditemukan di tangan. Tidak cuma berwarna cokelat, ada juga yang mengalami bintik berwarna kemerahan, cokelat muda, kuning, ataupun hitam. Walaupun biasanya bukanlah suatu situasi sulit yang perlu dikhawatirkan, namun beberapa orang mungkin ingin menghilangkannya.

 

Sebagian kecil orang mempunyai bintik sejak lahir karena keturunan, namun beberapa besar karena paparan cahaya sang surya. Bintik ini hakekatnya ialah sel kulit yang mengandung pigmen melanin.

 

Umumnya kulit berbintik bisa menjadi pertanda adanya paparan cahaya sang surya berlebihan. Bintik-bintik ini timbul karena kulit memproduksi lebih banyak pigmen melanin sebagai respons terhadap cahaya UV. Ini yang menjadi alasan bintik akan menjadi lebih gelap sesudah terkena paparan cahaya sang surya, karena meningkatnya kadar melanin dan melanosit.

 

Orang yang berkulit lebih terang karena sedikitnya pigmen biasanya lebih berpeluang mengalami kulit berbintik. Bukan saja pada orang dewasa, kulit berbintik bisa timbul pada si kecil-si kecil di sekitar area tubuh yang mudah terkena cahaya sang surya. Bintik ini malahan bisa mulai terlihat sejak usia si kecil 1-2 tahun.

 

Sebaiknya konsultasi ke dokter atau ahli kulit mengenai cara terbaik untuk menghilangkan bintik pada wajah. Sekiranya bintik pada kulit terasa gatal dan atau berdarah, berwarna lebih gelap, atau malahan bertambah besar, lantas konsultasi ke dokter. Hindari penerapan obat di luar rekomendasi dokter demi menghindari efek samping yang tak diharapkan.