Kriteria Perusahaan Asuransi Berkinerja Baik

Perusahaan Asuransi

Seluruh perusahaan asuransi rata-rata mengklaim dirinya yang terbaik. Sejumlah keunggulan dikemukakan perusahaan asuransi hal yang demikian untuk menyakinkan banyak orang. Dapat saja apa yang dikemukakannya berbeda dengan pandangan setiap orang.

 

Sebetulnya, kriteria asuransi berkinerja bagus dapat diketahui dari sejumlah tolok ukur yang umum digunakan untuk membikin peringkat performa perusahaan asuransi. Dari situlah tertata daftar perusahaan-perusahaan asuransi berkinerja bagus.

 

Menurut pengevaluasian InfoBank dalam Rating 123 Asuransi versi InfoBank, berikut ini ialah 10 kriteria pengevaluasian untuk perusahaan asuransi yang diklasifikasikan berkinerja bagus.

 

  1. RBC: Seberapa Sehat Perusahaan Asuransi?

Risk Based Capital (RBC) digunakan untuk mengukur seberapa aman finansial perusahaan asuransi atau seberapa sehat perusahaan asuransi. Sehat atau sakitnya keadaan finansial perusahaan asuransi tercermin dari besar atau kecilnya rasio RBC. Perusahaan asuransi yang sehat lazimnya rasio RBC-nya besar.

 

  1. Bagaimana Rasio Likuiditas Perusahaan Asuransi?

Seberapa cakap perusahaan asuransi untuk mengelola keuangan dengan bagus dan seberapa cakap dalam memenuhi keharusan semisal utang tergantung dari rasio likuiditas. Tingginya rasio likuiditas membuktikan keadaan keuangan berada dalam keadaan bagus.

 

  1. Seberapa Besar Dana Jaminan untuk Melindungi Nasabah Asuransi?

Dikutip dari OJK, Dana Jaminan ialah aset perusahaan asuransi yang digunakan sebagai jaminan terakhir dalam rangka melindungi kepentingan para pemegang polis, tertanggung, atau peserta. Mengenai Dana Jaminan ini, sudah ada undang-undangnya: UU No. 40 Tahun 2014 dan Tata OJK No. 71/POJK.05//2016 perihal Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

 

  1. Investasi/Cadangan Teknis Plus Utang Klaim

Diaplikasikan untuk mengenal kecakapan perusahaan dalam membayar keharusannya kepada pemegang polis asuransi dalam rentang panjang. Angka 100% menjadi tolok ukur untuk mengenal investasi/cadangan teknis plus utang klaim. Sama dengan atau lebih dari 100% sudah termasuk klasifikasi terbaik.

 

  1. Aktiva Tetap/Modal Sendiri

Sejauh mana efisiensi perusahaan asuransi dapat diketahui dari aktiva tetap perusahaan asuransi hal yang demikian. Tidak lebih dari 25% ialah angka terbaik untuk perusahaan asuransi berkinerja bagus.

 

  1. Perubahan Premi Bruto

Untuk mengenal kecakapan perusahaan dalam mengoptimalkan premi asuransi, cari tahu bagaimana perubahan premi bruto perusahaan asuransi. Sekiranya perusahaan asuransi menerima nilai 33% atau lebih, perusahaan asuransi hal yang demikian diklasifikasikan sebagai perusahaan asuransi terbaik.

 

  1. Pendapatan Premi Neto kepada Modal Sendiri

Bagaimana kekuatan modal sendiri kepada tanggungan sendiri dalam perusahaan asuransi? Kurang atau sama dengan 300% ialah standar dari perusahaan asuransi terbaik.

 

  1. Pendapatan Investasi Neto kepada Rata-Rata Investasi

Cari tahu apakah pendapatan investasi neto kepada rata-rata investasi sama atau lebih besar dari rata-rata suku bunga investasi atau tidak. Sekiranya sama atau lebih besar, itu artinya perusahaan asuransi hal yang demikian ialah salah satu perusahaan asuransi terbaik.

 

  1. Rasio Muatan Klaim Neto

Untuk menemukan perusahaan asuransi berkinerja bagus, rasio yang satu ini seharusnya sama dengan atau lebih kecil dari 100%.

 

  1. Rasio Laba (Rugi) Sebelum Pajak kepada Rata-Rata Modal Sendiri

Diaplikasikan untuk mengukur kecakapan modal sendiri dalam mencetak laba asuransi, yang standar terbaiknya seharusnya sama dengan atau lebih dari rata-rata suku bunga investasi.