Review MINI Cooper JCW, Go-Kart Versi Jalan Raya

MINI Cooper JCW

Seluruh MINI, dari yang termurah sampai yang termahal berpegang kuat pada paham “Empat kami mesti stylish dan fun,” dengan perhatian khusus kepada go-kart handling yang menjadi trademark-nya. Tentu saja pada awalnya kami sungguh-sungguh penasaran, memangnya rasa handling go-kart yang berkeinginan ditonjolkan MINI Cooper  itu seperti apa sih?

 

Kami pernah mereview MINI Cooper  standar, versi 3 pintu ataupun 5 pintu, dan memang setelan suspensinya agak sedikit stiff atau kaku untuk kendaraan beroda empat sekelas MINI. Khusus untuk versi JCW, dia punya adaptive suspension yang karakternya lebih bagus, sebab tingkat kenyamanannya lebih ideal apabila anda berkeinginan untuk jalan-jalan santai dengan MINI ini.

 

Namun apabila memang anda butuh karakter suspensi yang menyokong kedinamisan berkendara, MINI Cooper  ini siap memenuhi cita-cita anda. Tinggal ubah driving mode MINI JCW ke mode sport, lantas suspensinya akan menjadi lebih keras dan sungguh-sungguh supportif dalam menyokong pembatasan kendaraan beroda empat pesat imut ini dengan body roll super minim. Walaupun MINI Cooper standar saja handling-nya sudah superior, apalagi ini.

 

Karena ada banyak sekali pembatasan jok yang sudah kami bahas di tulisan sebelumnya, pembatasan tilt-telescopic pastinya sudah mesti untuk MINI Cooper  JCW. Karena pembatasan jok dan setirnya sungguh-sungguh komplit, gampang sekali mencari posisi mengemudi terbaik dalam kokpit MINI Cooper JCW. Setirnya sendiri memang punya beban yang agak berat, tetapi tidak sampai merepotkan untuk penerapan harian.

 

Sekali lagi, mode sport akan mengeluarkan potensi terbaik dari setir MINI Cooper  JCW. Ketika berada di mode sport, setirnya menjadi sungguh-sungguh peka. Seluruh macam kontur trek, bagus itu yang rata, bumpy atau berkerikil akan lantas dapat anda kenali rasakan genggaman tangan anda di setirnya. Responnya malah sungguh-sungguh pesat dalam mengubah arah kendaraan beroda empat layak input dari pengendara. Ketika kami pakai di trek sekitar pesisir pantai Lombok, kami dapat menikmati kendaraan beroda empat ini semaksimal mungkin untuk melintasi trek yang berkelok sembari menikmati panorama yang sungguh-sungguh sungguh-sungguh menawan.

 

Untuk kasus ini, tidak banyak yang dapat kami ungkapkan kepada anda, mengingat standar NVH MINI Cooper  sungguh-sungguh bagus, sebab mengacu pada standar pasar Eropa. Suara lingkungan di sekitar anda tidak terdengar di dalam kabin, meskipun bunyi mesin 2.000 cc TwinPower Turbonya masih kedengaran di alat pendengaran anda. Namun ini nilai bagus, sebab kendaraan beroda empat seperti ini memang mesti dapat dirasakan bunyi mesinnya, lebih-lebih ketika dipacu pesat di kecepatan tinggi.

 

Sementara di komponen Vibration dan Harshness, ketika kita menyalakan mesin MINI Cooper  dan mengizinkannya dalam keadaan idle, kendaraan beroda empat ini rasanya tenang seperti sedang tidur pulas, meskipun dia siap merespons injakan pada pedal gas secepat kilat. Ini sebab tingkat Vibration dan Harshness-nya sungguh-sungguh minim ketika kami menguji kemampuan kendaraan beroda empat ini di pulau Lombok.

 

MINI JCW ini benar-benar kendaraan beroda empat yang UNIQUE dan F.U.N. Penampilan luar-dalam MINI JCW sungguh-sungguh khas dan membuatnya tampil beda dibanding kendaraan beroda empat lain di trek, pastinya cakap membikin siapa malah menoleh. Kedinamisan berkendaranya malah tersaji dengan bagus lewat sasis yang rigid, handling ala go-kart dan mesin yang kinerjanya responsif memberikan arti sebenarnya dari kesenangan dalam mengendarai kendaraan beroda empat.