Tempat Wisata di Jakarta Barat Selain Mall Part 1

Jakarta Barat

Sebagian besar kawasan Jakarta Barat yakni tempat pemukiman penduduk. Jakarta Barat yang tenar dengan bangunan peninggalan Belanda yang hingga kini masih dipakai telah mulai dihasilkan sentra bisnis baru seperti yang terjadi di Jakarta Selatan. Tetapi walau semacam itu, bukan berarti tidak ada tempat wisata di Jakarta Barat. Apa saja tempat wisata di Jakarta Barat kecuali mall? Berikut pembahasannya:

 

  1. Chinatown (Glodok)

 

Wilayah Glodok yakni Chinatown versi Jakarta Barat. Tiap-tiap-tiap normalnya Chinatown, di sini anda dapat memperhatikan bangunan-bangunan dengan arsitektur khas China dan suasana seperti di China. Chinatown senantiasa identik dengan wisata masakan dan wisata belanja, tidak terkecuali Glodok. Di sini anda dapat menemukan banyak sekali barang-barang murah dan unik, serta bermacam-macam macam makanan yang lezat mulai dari yang dalam pertokoan hingga yang di gerobak. Bagi yang beragama Islam, saya sarankan sebelum membeli makanan bertanyalah khususnya dahulu apakah makanan tersebut mengandung babi atau tidak, sebab di tempat ini banyak makanan yang mengandung babi. Barang-barang yang dapat dibeli di tempat ini yakni elektronik, DVD, sayuran, pernak-pernik China, obat-obatan tradisional, mainan, aksesoris, kacamata, makanan, minuman, alat-alat jahit, dan lain-lain. Rekomendasi unik yang ada di sini yakni anda akan memperhatikan sebagian orang masih mengaplikasikan sempoa untuk menghitung di era kalkulator ini.

 

  1. Kota Tua Batavia

 

Kota Tua Jakarta atau sering kali disebut Kota Tua Batavia yakni sebuah peninggalan sejarah yang berlokasi di Jakarta Barat. Dulunya lokasi ini yakni sentra perdagangan di Asia pada abad ke 16. Suasana di Kota Tua sangatlah menarik sebab tempat ini yakni kawasan peninggalan Belanda yang masih absah. Banyak sepeda onthel yang dapat di sewa di sini, dapat dipakai untuk berkeliling Kota Tua, atau untuk berfoto-foto. Lokasi ini yakni lokasi favorit para pemburu foto sebab suasananya yang unik. Kota Tua yakni tempat wisata di Jakarta Barat yang paling populer, khususnya pada saat akhir minggu. Terletak akhir minggu, kawasan ini dipenuhi pengunjung dan pedagang kaki lima.

 

  1. Museum Fatahillah (Museum Sejarah Jakarta)

 

Museum Fatahillah Jakarta Barat atau dikenal juga sebagai Museum Sejarah Jakarta yakni salah satu museum yang paling besar di Jakarta. Dibangun pada tahun 1707 sebagai sebuah balai kota, bangunan ini memiliki ruang kantor, ruang pengadilan, dan penjara bawah tanah. Pada tahun 1974, bangunan dengan arsitektur abad 17 ini beralih fungsi menjadi sebuah museum. Koleksi yang dimiliki museum Fatahillah yakni barang arkeologi, mebel antik, keramik, prasasti, benda kebudayaan betawi, meriam, patung, dan lain-lain. Fasilitas yang dimiliki museum Fatahillah yakni perpustakaan, kantin, warung suvenir, sinema, surau, ruang pertemuan, dan taman. Kecuali saya, seandainya anda berkeinginan datang ke museum ini, datanglah pada akhir minggu sebab trek disekitar museum ini sangatlah macet pada hari kerja.

 

  1. Jembatan Kota Intan

 

Jembatan Kota Intan yakni satu-satunya jembatan peninggalan Belanda yang masih tersisa di Jakarta Barat. Sempat rusak dampak serangan pada tahun 1629, jembatan ini akibatnya dibenarkan kembali oleh Belanda sebab fungsinya yang betul-betul penting.  di kawasan Kota Tua, Jembatan Kota Intan terbuat dari besi dan kayu sehingga cukup menarik untuk menjadi tempat foto-foto.

 

  1. Museum Bank Indonesia

 

Museum Bank Indonesia yakni museum yang terbaik di Jakarta berdasarkan saya. Apa yang membuat saya berkata demikian? Museum Bank Indonesia yakni museum yang betul-betul modern, bersih, dan rapi, tidak seperti kebanyakan museum lain di Jakarta yang kurang terpelihara. Dengan pemberesannya yang rapi, pencahayaan yang menarik, ruangan yang ber AC, dan manajemen yang baik, museum ini memiliki kualitas kelas internasional dan menupakan museum yang paling nyaman dikunjungi di Jakarta berdasarkan saya. Koleksi yang dimiliki Museum Bank Indonesia yakni uang kertas, uang logam, emas batangan, brankas, dan benda lain yang menjadi saksi sejarah Indonesia dan berhubungan dengan keuangan.  nyaman dan edukatif, tarif masuk Museum Bank Indonesia yakni hanya-hanya, oleh sebab itu museum ini yakni salah satu tempat wisata di Jakarta Barat yang mesti dikunjungi!