Kesalahan Fatal Yang Menyebabkan Kegagalan Dalam Bisnis

Kegagalan Bisnis

Dalam mengerjakan usaha apa saja pasti kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk terhindar dari kegagalan, tetapi kalau suatu ketika hal hal yang demikian datang juga tanpa dapat kita hindari lagi, apa yang akan kita lakukan? Dikala pertama yang semestinya kita lakukan yakni berusaha tetap tegar, tenang dan tidak lekas putus hasrat. Kemudian segeralah mengevaluasi apa saja penyebab tidak berputarnya roda bisnis, cari tahu dimana letak kesalahan fatal yang menyebabkan kegagalan dalam bisnis kita.

 

Ada 3 elemen mendasar yang semestinya anda evaluasi sebagai sumber penyebab terjadinya kegagalan, secara khusus dalam hal ini bagi pelaku wirausaha dan UKM. Namun anda mulai merintis mengerjakan sebuah usaha dan kemudian usaha hal yang demikian tidak berjalan sesuai dengan yang anda perkirakan sebelumnya, maka hampir dapat dipastikan penyebabnya yakni salah satu atau ketiga elemen dibawah ini:

 

  1. Kurangnya Pemahaman Teknik Dasar Pemasaran

Mungkin anda memiliki produk yang sungguh-sungguh diperlukan masyarakat luas, sebuah produk yang pasti akan laris di pasaran karena menjadi solusi untuk memecahkan kondisi susah tertentu. Andapun telah mengantongi sasaran market yang terang kemana produk itu akan dijual. Ternyata ketika menjual produk hal yang demikian ke pasaran, muncullah kondisi susah diluar perkiraan; Produk tidak laku dan sasaran penjualan tidak tercapai. Kenapa promosi yang anda lakukan tidak dipahami oleh calon pelanggan potensial anda.

 

Sebab dapat terjadi? Setelah kebanyakan pelaku bisnis UKM kurang merajai 3 hal dasar yang penting dalam pemasaran. yakni ‘Interrupt’, ‘Educate’ dan ‘Offer’.

 

Interrupt ( cari perhatian )

Pertama anda semestinya dapat menemukan metode untuk menerima perhatian dari sasaran market, ini dapat dilaksanakan dengan iklan yang sedikit ‘nyleneh’ atau apa saja yang secara khusus produk anda mendapatkan perhatian calon pelanggan.

 

Educate ( beri kabar yang terang)

Kemudian sesudah sukses meng‘Interrupt’, Anda semestinya menginfokan terhadap mereka manfaat dan keunggulan produk atau layanan anda dengan kencang, singkat dan terang. Berikan kabar tentang apa yang anda lakukan atau produk Anda. Bagaimana produk hal yang demikian berharga untuk hidup mereka.

 

Offer ( penawaran )

Kebutuhan anda merasa sukses mencapai dua yang pertama, kini saatnya untuk menyemangati mereka ke dalam perbuatan untuk membeli produk hal yang demikian. Buat konsep strategi penjualan yang unik, sistematis, gampang dan berbeda dari kompetitor pesaing anda. Jangan lupa tambahkan jaminan atau garansi yang membuat calon pelanggan makin nyaman.

 

  1. Terbatasnya sumber dana

Seandainya arus kas yakni kondisi susah besar bagi sebagian besar pemilik usaha kecil. Mendapatkan Anda tidak sukses menjual apa-apa maka roda usahapun akan langsung terkena imbasnya. Dikala dan mempertahankan angka penjualan yakni darah kehidupan dari setiap-setiap bisnis. Namun anda dalam kondisi tertekan lalu mencurahkan segala upaya untuk mengejar sasaran penjualan, hal hal yang demikian akan menyita waktu, membuat anda gampang kehilangan fokus dan mengganggu keseimbangan usaha secara keseluruhan.

 

Setelah itu, janganlah langsung memasang sasaran yang spektakuler tetapi mulailah dengan membina relasi bagus dengan pelanggan. Anda dapat membangun jaringan kerja melalui daftar pelanggan yang ada ketika ini. Ini dapat menjadi metode tercepat dan paling murah untuk menerima pelanggan-pelanggan baru dengan dasar saran dari pelanggan lama. Kesanggupan yakni prospek termudah untuk mengubahnya menjadi penjualan, anda dapat memberi diskon atau point reward sebagai format penghargaan terhadap pelanggan lama yang sukses meningkatkan penjualan melalui rekomendasinya.

Jaringan ini akan berprofesi bagus, secara khusus ketika anda tahu bagaimana menerapkan “Take and Give” dengan bagus pula. Kembangkan teknik yang paling pas sasaran ini untuk mendongkrak penjualan sambil terus berpikir inovatif untuk menemukan formula-formula baru yang dapat dipakai.

 

  1. Lemahnya Seandainya Management

kesanggupan Management ibarat markas komando dalam sebuah pertempuran, disinilah segala alur strategi dan strategi untuk memenangkan pertempuran dikontrol. Lemahnya kesanggupan management atau menerapkan strategi yang tidak pas sasaran akan mengakibatkan tidak efektifnya penjualan, dan kalau tidak langsung dibetulkan maka lambat laun akan berdampak pada kegagalan bisnis.

 

Untuk mengerjakan konsep pemasaran yang pas sesuai dengan point 1 dan mengelola keterbatasan dana yang dimiliki secara efisien (point 2) maka sungguh-sungguh diperlukan sebuah dukungan management yang bagus. Carilah metode yang paling pas sasaran dan efisien, kembangkan dan revisi menjadi lebih bagus dari waktu ke waktu supaya menjadi sebuah standar dalam pelayanan. Kekeliruan memiliki bawahan dalam mengerjakan usaha, terapkan metode hal yang demikian dan terus monitor cara kerjanya supaya kualitasnya senantiasa terjaga, contohnya dapat dengan membuat metode “Reward and Punishment” sehingga bawahan senantiasa gigih dalam berprofesi.