Manfaat Lari Pagi Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat Lari Pagi

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mengawali seluruh kegiatan yang menyehatkan tubuh dan pikiran, salah satunya melalui olahraga . Jikalau Anda mau menurunkan berat badan, ada pantasnya memutuskan manfaat lari pagi untuk mencapainya.

 

Olahraga lari pagi merupakan salah satu kegiatan yang tak bisa dipisahkan dalam upaya menurunkan berat badan. Menurut penelitian, pagi hari merupakan dikala yang tepat untuk berolahraga sebab lebih gampang menjadikannya sebagai rutinitas.

 

Gampang Dihasilkan Rutinitas Harian

Untuk seseorang yang mengalami kesusahan mewujudkan olahraga sebagai rutinitas, karenanya olahraga lari pagi hari merupakan salah satu pilihan terbaik. Olahraga pagi hari juga sangat menguntungkan, sebab belum terganggu oleh kegiatan sehari-hari.

 

Lari pagi sebagai kegiatan jasmaniah, sangat baik untuk membakar kalori. Secara rata-rata, berlari dengan kecepatan 8 km/jam akan membakar sekitar 295 kalori. Sementara itu, berjalan dengan kecepatan sekitar 5,5 km/jam mampu membakar 140 kalori.

 

Untuk menurunkan berat badan dan menerima manfaat lari pagi, upayakan berolahraga setidaknya 3 kali seminggu dengan sempurna waktu sekitar 60-90 menit. Namun, bagi pemula bisa mulai berolahraga sekitar 10 menit per hari. Kemudian, tingkatkan secara berjenjang. Selain lari pagi, olahraga yang direkomendasikan dijalankan pada permulaan hari antara lain bersepeda, berenang, yoga, atau angkat bobot.

 

Meringankan Gangguan Tidur

Olahraga pagi, termasuk lari pagi, bisa meningkatkan mutu tidur. Menurut penelitian, hal ini merupakan unsur penting dalam menurunkan berat badan. Kwalitas tidur yang buruk akan memengaruhi hormon tertentu dalam tubuh yang memengaruhi nafsu makan. Tidur yang cukup akan membetuli keseimbangan hormon sehingga tubuh mampu membatasi nafsu makan. Sebuah studi membongkar bahwa wanita usia 50-75 tahun dengan berat badan berlebih yang berolahraga pagi sekitar 60 menit per pekan, bisa tidur lebih baik seandainya dibandingkan dengan yang tak berolahraga pagi. Sebaliknya, olahraga pada sore hari justru bisa membuat tidur kian susah.

 

Untuk Anda yang menderita tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, ataupun memiliki risiko penyakit jantung, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter secara khusus dahulu seandainya mau mulai berolahraga. Disarankan untuk mengawali lari pagi secara perlahan sesuai kesanggupan. Jadikan olahraga ini sebagai rutinitas harian untuk memperoleh manfaat lari pagi secara maksimal.