Menggunakan Cairan Pencuci Mata dengan Tepat

Cairan Pencuci Mata

Setidaknya ada tiga tipe obat mata yang biasa diaplikasikan, merupakan obat tetes mata antihistamin dan air mata buatan, cairan pencuci mata dan salep mata. Memahami tipe-tipe obat mata dan sistem memakainya, bisa menolong penyembuhan dari gangguan mata yang dialami.

 

Dikala mengalami sakit mata, dokter mungkin akan memberikan obat mata untuk Anda gunakan secara mandiri. Namun, tahukah Anda, masing-masing tipe obat mata memiliki fungsi dan tata sistem pemakaian yang berbeda? Penting untuk mengikuti petunjuk pemakaian supaya obat mata bisa berprofesi secara maksimal.

 

Tetes mata ada yang tak memiliki kandungan obat mata. Tetes mata ini hanya berupa cairan sebagai substitusi air mata yang berfungsi untuk melembapkan mata yang kering, disebut dengan artificial tears. Selain air mata buatan (artificial tears), ada beberapa tipe obat tetes mata lain, merupakan yang berisi zat-zat tertentu, seperti antihistamin, antiradang, dekongestan mata, dan antibiotik.

 

Obat mata tipe ini berfungsi sebagai pembersih atau pembilas mata. Anda bisa mengaplikasikan cairan ini dikala mata masuk benda asing. Pencuci mata yang tersedia dalam format cairan pencuci dan tetes ini lazimnya berisi cairan saline atau NaCl 0,9%. Bisa pula mengandung asam borat yang digabungkan dengan natrium fosfat, natrium hidroksida, atau natrium borat untuk menjaga kadar keasaman yang ideal.

 

Untuk mengaplikasikan cairan saline sebagai cairan pencuci mata terbilang mudah. Sama halnya dengan pemakaian obat tetes mata lazimnya, Anda hanya perlu meneteskan cairan saline 1-2 tetes ke mata yang kelilipan. Setelah tetesan saline mengenai mata, kemudian berkedip beberapa kali supaya cairan saline bisa membersihkan mata dari benda asing yang mengganggu.

 

Selain meneteskan cairan saline dari botol kecilnya, Anda juga bisa mengaplikasikan sistem lain merupakan mengaplikasikan wadah cangkir kecil pantas dengan ukuran area mata Anda, sebagai tempat membersihkan mata. Caranya juga mudah, tuangkan cairan saline ke wadah cangkir sampai penuh.  Lalu buka mata dan dekatkan mata yang kelilipan atau terkena iritasi ke cangkir yang berisikan cairan saline itu tadi, kemudian pelan gerakan mata ke seluruh arah dalam cairan saline. Dengan sistem ini, cairan saline juga bisa membersihkan benda asing yang mengotori mata.

 

Penting untuk memahami sistem gunakan obat mata dengan benar sampai berfungsi maksimal. Apabila gangguan pada mata tak lantas membaik, sebaiknya lantas konsultasi ke dokter.