Prosedur Operasi Penggantian Lutut

Operasi Penggantian Lutut

Operasi penggantian lutut ialah prosedur medis yang dilakukan dengan metode mengganti sendi lutut yang telah rusak dengan sendi lutut buatan (prostetik). Tujuannya ialah untuk menghilangkan nyeri dan mengembalikan fungsi sendi lutut, supaya pasien tetap bisa menerapkan lututnya seperti awam.

 

Sendi lutut bisa mengalami kerusakan dampak cedera atau peradangan (arthritis), yang bisa menghalangi pasien untuk menjalankan kesibukan sehari-hari. Sendi lutut yang rusak akan menyebabkan timbulnya nyeri pada lutut saat berkesibukan, seperti berjalan, menaiki tangga, duduk, atau terbaring.

 

Pada permulaan prosedur operasi penggantian lutut, pasien akan dipinta untuk mengganti bajunya dengan pakaian khusus operasi. Pasien kemudian akan dipinta untuk terbaring di meja operasi dan akan diberikan anestesi awam, sehingga tak akan sadar selama operasi. Untuk menampung air kencing yang keluar selama operasi, pasien akan dipasangi kateter pada lubang kencingnya. Kalau terdapat banyak rambut pada lokasi operasi, rambut hal yang demikian akan dicukur supaya zona bedah bersih.

 

Daerah kulit lutut kemudian akan diolesi dengan cairan antiseptik untuk menghindari terjadinya infeksi selama dan setelah operasi. Sesudah itu, dokter kemudian akan membikin irisan kulit (insisi) di tempat lutut, ialah sekitar 6-10 cm, untuk membuka bagian lutut. Dokter ortopedi kemudian akan memotong dan membuang bagian sendi lutut yang rusak, dan menggantinya dengan prostetik. Sistem pengggantian sendi lutut yang umumnya dilakukan terhadap pasien, antara lain ialah:

 

Penggantian lutut sempurna. Penggantian lutut sempurna dilakukan dengan metode mengganti segala bagian sendi lutut, termasuk tulang tempurung lutut, sebagian tulang paha, tulang kering, dan tulang betis. Kecuali mengganti tulang, sendi dan bantalan sendi lutut juga diganti dengan logam atau plastik.

 

Penggantian lutut parsial. Penggantian lutut parsial dilakukan dengan metode memotong tulang dan sendi hanya pada bagian yang mengalami peradangan. Kalau radang terjadi pada sendi lutut di bagian tulang paha, maka dokter hanya akan memotong tulang dan mengganti bantalan sendi pada bagian ini. Penggantian lutut parsial memungkinkan pasien menjalani masa pemulihan yang lebih cepat daripada penggantian lutut sempurna. Tetapi, ada kemungkinan pasien wajib menjalani operasi ulang bila radang pada sendi lutut menyebar ke bagian lain.

 

Penggantian lutut bilateral. Penggantian lutut bilateral ialah operasi penggantian lutut yang dilakukan pada kedua lutut di waktu yang beriringan. Pasien yang menjalani penggantian lutut bilateral hanyalah pasien yang telah didiagnosis menderita radang sendi pada kedua lutut. Penggantian lutut bilateral memungkinkan pasien untuk menjalani operasi kedua sendi pada satu waktu. Tetapi, pasien akan menjalani masa pemulihan yang lebih lama.

 

Sesudah pemasangan sendi lutut prostetik selesai dilakukan, dokter kemudian akan menguji apakah lutut prostetik berfungsi dengan bagus atau tak. Caranya ialah dengan menekuk dan memutar lutut dalam kondisi pasien masih tak sadar. Kalau pengetesan lutut prostetik telah selesai dilakukan, dokter akan menutup kembali irisan yang telah dihasilkan dengan benang jahit, kemudian ditutup dengan perban steril untuk mencegah infeksi pada sendi lutut. Operasi penggantian lutut umumnya berlangsung sekitar 2 jam. Sesudah operasi selesai, pasien akan dibawa ke ruang rawat inap untuk menjalani pemulihan pasca operasi.