Sekilas Mengenai SAK ETAP untuk UKM

SAK ETAP

Dikala mencari berita mengenai metode membuat laporan keuangan, sering kali Anda menemukan berita yang kurang cocok dengan keperluan. Kebanyakan berita yang Anda bisa dari dunia online hal yang demikian berisi istilah-istilah yang cukup kompleks. Sesekali tak setiap pelaku bisnis kecil menengah bisa dengan gampang menggunakannya. Meski, laporan keuangan yaitu salah satu kunci keberhasilan dalam melaksanakan usaha, bagus skala kecil ataupun besar.

 

Pada perusahaan skala besar, laporan keuangan sudah dilaksanakan sedemikian rupa dengan betul-betul rapi oleh seorang akuntan. Sebab laporan hal yang demikian tak cuma berfungsi untuk menghitung laba rugi. Tetapi, juga berfungsi sebagai salah satu sumber berita untuk mengambil kebijakan dalam menghadapi persaingan bisnis. Juga sekaligus sebagai bukti pertanggungjawaban dalam laporan pajak. Dalam usaha skala kecil menengah, laporan keuangan juga betul-betul dibutuhkan jikalau memang pemilik usaha mengharapkan agar usaha yang dikelola terus berkembang dan mempunyai arah yang terang.

 

Oleh karena itu, review ini akan mencoba untuk memberikan ilustrasi sederhana beserta ilustrasi metode membuat laporan keuangan sederhana. Laporannya cukup gampang dipahami dan dipraktikkan oleh siapa saja.

 

Perlu diketahui untuk membuat laporan keuangan Anda tak bisa terlepas dengan ilmu akuntansi. Sebab itu, Anda perlu memahami sedikit seputar siklus akuntansi dan beberapa istilah dalam ilmu akuntansi. Terdengar kompleks, tapi Anda tak perlu kuatir. Sebab istilah-istilah hal yang demikian tak akan membuat Anda pusing tujuh keliling jikalau cuma untuk membuat laporan keuangan sederhana.

 

Sebab mempelajari siklus akuntansi, waktu yang dibutuhkan tidaklah singkat. Di sini tak akan dibahas mengenai banyak hal seputar akuntansi, tapi cuma prinsip akuntansi yang dipakai untuk mensimulasikan laporan keuangan hal yang demikian. Secara sederhana menurut kegiatannya, siklus akuntansi memuat beberapa kegiatan, yaitu pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, dan laporan keuangan.

 

Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) yaitu ketentuan yang diwujudkan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan diterbitkan pada 17 Juli 2009 yang mulai berlaku secara pas target sejak 1 Januari 2011. Standar hal yang demikian diwujudkan untuk pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berharap menerapkan prinsip-prinsip laporan keuangan untuk menyediakan berita seputar posisi keuangan, energi kerja keuangan, laporan arus kas, dan sebagainya.

 

SAK ETAP ini dibentuk tanpa mesti memutuskan akuntabilitas publik. Artinya, laporan keuangan hal yang demikian tak diterbitkan untuk tujuan biasa bagi pengguna di luar usaha/perusahaan/eksternal. Oleh karena itu, para pelaku UKM bisa mengatur diri dalam menyusun laporan keuangan menurut SAK ETAP.

 

Dengan mengenal prinsip dasar laporan keuangan sederhana untuk UKM seperti uraian di atas, setidaknya Anda akan menerima ilustrasi lebih gampang dan terang posisi keuangan usaha Anda. Selain itu, Anda juga mengenal bagaimana mesti melaksanakan bisnis Anda dalam menghadapi persaingan ke depannya.