Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi Part 1

Tempat Wisata di Balikpapan

Apa yang terlintas di pikiran Anda dikala mendengar kata Balikpapan ? Kota Minyak? Benar. Kota yang berada di kawasan Kalimantan Timur ini memang dikenal dengan sumber energi minyaknya yang tinggi. Balikpapan disebut sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan ekonomi terbaik di Indonesia. Kota ini juga mempunyai kwalitas udara yang lebih bagus dibanding sebagian kota besar lainnya.

 

Apa lagi yang menarik dari Balikpapan ? Kota ini mempunyai beragam daerah tamasya yang harus dikunjungi. Alam Balikpapan betul-betul indah mulai dari pantai sampai hutannya. Ada juga landmark yang menjadi pujian kota ini. Mau pergi tamasya ke Balikpapan? Simak dahulu 10 daerah tamasya di Balikpapan yang harus dikunjungi berikut ini:

 

  1. Pantai Kemala

 

Pantai Kemala tak hanya menjadi daerah tamasya unggulan warga Balikpapan, tapi juga para pengunjung dari luar kota. Tempat tamasya ini berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Jend. Sudirman, sehingga gampang untuk diakses dari mana saja. Kesan pertama dikala mengunjungi pantai ini adalah suasananya yang mirip dengan Pantai Jimbaran di Bali mulai dari pasir putih, ombak kecil sampai deretan pohon kelapa di sekitar pantai. Selain bersantai sambil merasakan pemandangan sang surya terbenamnya, Anda juga dapat mengerjakan beragam kegiatan seperti flying fox, jetski dan juga banana boat. Tidak hanya suasananya yang mengingatkan dengan Bali, di sini juga terdapat satu daerah makan yang dinamakan D’Jimbaran Restoran yang menawarkan kuliner khas nusantara dan Eropa.

 

  1. Pantai Melawai

 

Pantai Melawai berada tak jauh dari Pantai Kemala Balikpapan. Walaupun lokasi kedua daerah tamasya ini tak jauh tapi suasana yang ditawarkan cukup jauh berbeda. Jika Pantai Kemala terkesan mewah dengan hidangan ala Eropanya, di pantai ini Anda dapat merasakan kuliner dengan harga yang lebih relatif murah. Ada banyak penjual makanan di sekitar pantai, menu yang ditawarkan beragam mulai dari bakso, pecel lele, es kelapa dan masih banyak lagi. Waktu yang pas untuk mengunjungi salah satu daerah tamasya di Balikpapan ini adalah dikala petang hari menjelang malam. Pada dikala itu, penjual makanan telah ramai menggelar dagangannya. Anda dapat merasakan pemandangan sang surya terbenam sambil bersantai merasakan makanan Anda dengan duduk lesehan di atas tikar yang telah disiapkan.

 

  1. Pantai Lamaru

 

Pantai selanjutnya yang juga menjadi daerah tamasya unggulan adalah Pantai Lamaru Balikpapan. Pantai ini berada di Desa Teritip, sekitar 14 km dari pusat kota atau dapat dicapai dalam 30 menit perjalanan. Pasir pantai yang halus dan air yang jernih betul-betul sesuai dipakai untuk bersantai atau berjemur. Selain berenang dan bermain air, Anda dapat bermain flying fox dan banana boat. Anda juga dapat berkeliling pantai dengan menggunakan dokar atau menunggang kuda. Seru, ya?

 

Fasilitas di daerah tamasya Balikpapan ini tergolong cukup lengkap, mulai dari daerah parkir yang luas, kamar ganti, kamar mandi, mushola sampai daerah makan. Selain itu, Anda juga dapat menyewa tikar dan ban renang dengan harga 10.000 Rupiah saja. Pantai Lamaru buka mulai pukul 07:00 sampai 18:00 dan tiket masuk yang dikenakan adalah 10.000 Rupiah tiap orang.

 

  1. Penangkaran Buaya Teritip

 

Tidak jauh dengan Pantai Lamaru Balikpapan, Anda dapat mengunjungi Penangkaran Buaya Teritip. Penangkaran buaya dengan luas 5 hektar ini menjadi salah satu daerah tamasya di Balikpapan yang banyak dikunjungi. Selain ada lebih dari 1.500 ekor buaya, di sini juga ada kandang ular dan kera. Ada pula gajah Lampung yang dapat dinaiki untuk berkeliling kawasan penangkaran buaya ini. Anda penikmat kuliner ekstrim? Coba datang pada dikala akhir minggu atau hari libur nasional sebab Anda dapat mencicipi sate buaya. Jika tak dapat datang pada akhir minggu dan mencicipi daging buaya, Anda masih dapat membeli suvenir yang terbuat dari kulit buaya seperti dompet dan ikat pinggang. Penangkaran Buaya Teritip buka tiap hari mulai pukul 08:00 sampai 17:00 dengan biaya masuk sebesar 10.000 Rupiah tiap orang.

 

  1. Bukit Bangkirai

 

Bukit Bangkirai berada di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Tempat tamasya ini adalah hutan hujan tropis yang masih natural. Fasilitas di sini telah lengkap mulai dari kolam renang, cafe sampai dengan cottage bergaya rumah pentas yang dapat dipakai untuk menginap. Disebut Bukit Bangkirai sebab memang terdapat banyak pohon bangkirai di sini, pun ada pohon bangkirai yang berusia 150 tahun dengan tinggi menempuh 50 meter dan diameter batangnya 2.3 meter. Yang menarik dari daerah tamasya di Balikpapan ini adalah adanya canopy bridge yang menghubuungkan lima pohon bangkirai. Jembatan ini terbuat dari kabel dengan dasar papan dan dinding berjala. Jembatan dengan panjang 64 meter dan tinggi 30 meter adalah jembatan kanopi pertama di Indonesia. Untuk dapat menaikinya, Anda perlu membayar 15.000 Rupiah untuk wisatawan dalam negeri dan 30.000 Rupiah untuk wisatawan mancanegara. Tapi ingat, Anda dilarang menaiki jembatan jikalau angin berhembus sampai dengan kecepatan 30 km per jam demi alasan keselamatan.