Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Lubang pada Sekat Jantung

Sekat Jantung

Jantung bocor atau adanya lubang di jantung, kerap kali kali tidak terdeteksi sebab jarang sekali memunculkan tanda atau gejala khusus. Kondisi ini bisa terjadi pada segala orang tanpa disadari. Istilah jantung bocor lazimnya diterapkan untuk menyebut kelainan katup jantung dan adanya lubang pada sekat jantung. Pada orang dewasa, jantung bocor lebih kerap kali terjadi sebab salah satu katup tidak bisa tertutup atau berfungsi dengan baik. Meski pada si kecil-si kecil atau bayi, kasus jantung bocor bisa disebabkan sebab lubang antara dinding di ruang kiri dan kanan jantung tidak tertutup sempurna sebagaimana mestinya, meskipun ada juga si kecil-si kecil yang memiliki gangguan pada katup jantung.

 

Patent foramen ovale (PFO) terjadi dikala lubang antara serambi kiri dan kanan jantung tidak tertutup. Semua orang memiliki lubang ini semenjak sebelum lahir, dan lazimnya akan menutup sendiri sesaat setelah dia dilahirkan. Tetapi, terdapat beberapa kasus pada bayi di mana lubang hal yang demikian tidak bisa menutup. Oleh karenanya, PFO tidak tergolong dalam penyakit jantung turunan.

 

Bagi beberapa besar penderita, PFO tidak memunculkan persoalan meskipun darah bocor dari serambi kanan ke kiri. Sulit akan timbul dikala darah yang mengalir mengandung bekuan darah . Selain itu, lazimnya PFO tidak memunculkan tanda-tanda atau gejala khusus, sehingga susah untuk dideteksi.

 

Tetapi dalam kasus yang benar-benar jarang, bayi dengan PFO bisa menunjukkan tanda-tanda berupa kulit menjadi biru dikala menangis atau membuang air besar. Tanda-tanda ini lazimnya cuma terjadi sekiranya bayi menderita PFO dan penyakit jantung turunan lain. Meski pada orang dewasa, tanda-tandanya tidak spesifik dan baru terdiagnosis setelah menjalani pemeriksaan kesehatan (check up). Tetapi beberapa ahli menyangka bahwa PFO berhubungan dengan risiko terkena migrain parah, TIA (transient ischemic attack), atau stroke. Tetapi hal ini belum bisa dipastikan.

 

Kebanyakan pasien PFO tidak memerlukan pengobatan. Tetapi PFO bisa ditutup melewati pembedahan atau kateterisasi jantung. Penyakit jantung bocor memang kerap kali kali tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala. Oleh sebab itu, dianjurkan supaya rutin melakukan pemeriksaan ke dokter supaya penyakit bisa lantas dideteksi. Seandainya penyakit dikenal lebih permulaan, pengobatan dan perawatan penyakit jantung malahan bisa diawali lebih dini, sehingga kans keberhasilan pengobatan akan kian tinggi.