Prosedur Terapi Oksigen Hiperbarik

Terapi Oksigen

Terapi oksigen hiperbarik yaitu salah satu sistem pengobatan yang dijalankan dengan sistem memberikan oksigen murni di dalam ruangan khusus bertekanan udara tinggi, untuk dihirup pasien. Terapi oksigen hiperbarik dijalankan di ruangan khusus yang dapat meningkatkan tekanan udara sampai tiga kali tekanan atmosfer normal. Peningkatan tekanan udara di dalam ruangan hiperbarik ini menyebabkan paru-paru pasien mengabsorpsi oksigen lebih banyak dari lazimnya, sehingga dapat menolong penyembuhan beraneka penyakit.

 

Prinsip dari terapi oksigen hiperbarik yaitu menolong tubuh untuk membetulkan jaringan yang rusak dengan meningkatkan aliran oksigen ke jaringan tubuh. Terapi oksigen hiperbarik akan menyebabkan darah mengabsorpsi oksigen lebih banyak dampak peningkatan tekanan oksigen di dalam paru-paru yang dimanipulasi oleh ruangan hiperbarik. Dengan konsentrasi oksigen yang lebih tinggi dari normal, tubuh akan terpicu untuk membetulkan jaringan yang rusak lebih cepat dari lazimnya. Dokter akan memberi saran pasien untuk menjalani terapi oksigen hiperbarik selama sebagian kali, tergantung indikasinya.

 

Sebelum menjalani terapi oksigen hiperbarik, pasien secara khusus dahulu akan diminta untuk stop mengaplikasikan kosmetik atau produk perawatan pribadi dengan bahan yang mudah terbakar. Produk-produk hal yang demikian lazimnya mengaplikasikan bahan hidrokarbon sebagai komposisi utama, yang berisiko terbakar dampak bereaksi dengan oksigen. Kecuali itu, untuk menghindari terjadinya risiko kebakaran, petugas akan minta pasien untuk tak membawa benda-benda yang dapat memicu kebakaran, seperti pemantik api atau baterai.

 

Terapi oksigen hiperbarik dijalankan di tabung atau ruang hiperbarik. Terdapat dua jenis ruang hiperbarik, yaitu monoplace hyperbaric chamber dan multiple hyperbaric chamber. Monoplace hyperbaric chamber hanya dapat menampung satu orang untuk sekali waktu terapi, padahal multiple hyperbaric chamber dapat menampung lebih dari satu orang. Sebagian multiple hyperbaric chamber bahkan dapat menampung sampai 20 orang. Pemakaian dan pemeliharaan ruang hiperbarik semestinya dijaga dengan betul-betul ketat.

 

Terapi oksigen hiperbarik dijalankan tanpa perlu menjalani rawat inap. Pasien pertama kali akan diminta untuk berganti baju dengan baju khusus rumah sakit. Setelah itu, pasien atau sebagian orang pasien akan masuk ke ruang hiperbarik. Pasien kemudian akan diposisikan senyaman mungkin selama terapi, lazimnya dalam posisi duduk santai.

 

Setelah dipastikan bahwa tak ada benda atau bahan mudah terbakar di ruang hiperbarik, petugas akan meninggalkan pasien di ruangan hiperbarik dan mulai menaikkan tekanan udara ruang hiperbarik secara pelan sampai menempuh tekanan yang dibutuhkan. Selama prosedur terapi hiperbarik, pasien akan merasakan adanya penekanan pada gendang alat pendengar dampak peningkatan tekanan udara di ruang hiperbarik. Untuk meredakan rasa tertekan pada gendang alat pendengar, pasien dapat menguap atau menelan air liur sehingga dapat menolong menyamakan tekanan udara di bagian dalam alat pendengar.

 

Terapi hiperbarik lazimnya berlangsung selama dua jam, dan selama itu petugas akan memantau keadaan pasien lewat alat monitor khusus. Kalau telah selesai, petugas akan menurunkan tekanan ruang hiperbarik menjadi normal kembali. Setelah itu, pasien akan diminta beristirahat secara khusus dahulu sebelum melanjutkan aktivitasnya seperti umum. Pasien akan menjalani terapi oksigen hiperbarik ini selama sebagian kali sesuai dengan saran dokter.

Related posts