Tempat Wisata di Jakarta Pusat Selain Mall

Tempat Wisata di Jakarta Pusat

Jakarta Sentra merupakan sentra perekonomian, politik, dan macet di Jakarta, banyak juga sentra perbelanjaan berupa mall, tapi bukan berarti tidak ada daerah liburan di Jakarta Sentra kecuali mall. Bertamasya di Jakarta Sentra tidak wajib selalu ke mall tapi dapat juga ke daerah-daerah menarik lainnya. Berikut merupakan 10 daerah liburan di Jakarta Sentra kecuali mall:

 

  1. Monumen Nasional (Monas)

 

Monumen Nasional atau Monas merupakan ikon dari kota Jakarta yang ramai dikunjungi pelancong. Monas merupakan sebuah tugu dengan tinggi 132 meter dengan sebuah lidah api yang dijadikan dengan emas di ujung atasnya. Terletak di Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Sentra, banyak aktifitas yang dapat anda lakukan di daerah ini, diantaranya menikmati pemandangan dari puncak monas, mengunjungi museum yang berisi diorama, mengamati relief sejarah Indonesia, mendengar rekaman proklamasi, sampai berpiknik dan bersepeda. Monas juga tak jarang kali sekali dipakai sebagai daerah acara besar, seperti pesta tahun baru, dan lain-lain.

 

  1. Gereja Katedral

 

Gereja Katedral yang bertempat tinggal di Jalan Katedral no 7B, Jakarta Sentra ini tenar sebab desainnya yang bergaya eropa pada masa lalu. Kecuali terbuka untuk umatnya, Gereja Katedral juga terbuka bagi siapa saja yang berkeinginan mengunjungi. Banyak pelancong, dan rombongan si kecil sekolah yang datang berkunjung ke gereja yang memiliki suasana hening dan tentram ini. Gereja Katedral betul-betul terawat dengan bagus, membuatnya menjadi salah satu daerah liburan di Jakarta Sentra dengan bangunan yang paling indah. Kecuali itu, Gereja Katedral juga memiliki museum dengan nama Museum Katedral. Museum ini pernah dinobatkan sebagai museum terbaik di Jakarta dengan kategori cagar kebiasaan.

 

  1. Pasar Baru

 

Pasar Baru merupakan sebuah kawasan perdagangan yang berdiri sejak tahun 1820. Kecuali sebagai sentra belanja paling tua di Jakarta, Pasar Baru telah menjadi daerah liburan di Jakarta Sentra yang banyak dikunjungi oleh pelancong bagus yang dari Indonesia maupun yang dari luar negeri. Wisatawan-pelancong ini datang ke Pasar Baru dengan tujuan liburan belanja. Toko-toko di Pasar Baru memiliki wujud seperti bangunan di Eropa dan China. Toko-toko ini memasarkan berbagai barang, mulai dari pakaian, sepatu, kelengkapan olahraga, kain, kacamata, jam tangan, batik, kelengkapan salon, sampai makanan dan jasa penjahitan. Barang-barang di sini dapat dibeli dengan harga murah dan banyak sekali alternatifnya.

 

  1. Museum Nasional (Museum Gajah)

 

Museum Nasional, atau populer dengan sebutan Museum Gajah merupakan sebuah museum yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Sentra. Ciri khas dari museum ini merupakan adanya sebuah patung gajah yang terbuat dari perunggu, pemberian dari Raja Thailand dan diletakan di depan pintu museum. Museum Gajah merupakan daerah liburan di Jakarta Sentra yang kecuali rekreatif, juga edukatif dan kultural. Koleksi yang dimiliki museum ini berupa peninggalan sejarah seperti prasasti, keramik, barang-barang perunggu, tekstil, patung, alat musik tradisional, perhiasan kuno, wayang kulit, tengkorak manusia purba, dan lain-lain dengan total koleksi lebih dari 140,000 barang.

 

  1. Mesjid Istiqlal

 

Mesjid Istiqlal yang berlokasi di Jakarta Sentra merupakan daerah ibadah umat Islam yang juga berfungsi sebagai daerah liburan religi yang memiliki daya tarik tersendiri bagi pelancong luar negeri yang beragama Islam. Mesjid Istiqlal merupakan mesjid terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas sekitar 200,000 orang, menara setinggi 90 meter, dan diameter kubah selebar 45 meter. Banyak pelancong asing yang menyukai datang ke Mesjid Istiqlal dengan tujuan mempelajari Islam. Tiap hari besar Islam, Mesjid Istiqlal selalu padat oleh umat, malah Presiden Indonesia juga selalu turut aktivitas keagamaan di sini.