Tips Sebelum Mengambil Asuransi Mobil

Asuransi Mobil

Asuransi ada karena tiap orang merasa perlu adanya jaminan atas hal yang dikhawatirkannya. Karenanya asuransi hadir menyesuaikan dengan keperluan, mulai dari asuransi kesehatan, jiwa, hingga mobil. Sayangnya, masih ada yang keder dikala hendak mengambil asuransi mobil. Siapa malah sama sekali tak menginginkan kejadian-kejadian buruk menimpa mereka. Namun, siapa yang dapat menebak apa yang terjadi nanti sesudah hari ini. Bisa jadi nasib bagus datang menghampiri. Bisa juga nasib buruk datang seperti itu saja, walaupun jelas-jelas tak diinginkan. Pertanyaan malah timbul, apa ini dapat dihindari, setidaknya mengurangi risiko-risikonya?

 

Di sinilah asuransi memberikan jawaban atas pertanyaan hal yang demikian, terutama bagi mereka yang was-was seandainya kecelakaan atau apa malah terjadi dikala berkendara. Karenanya ditawarkanlah asuransi mobil dengan macam-macam keuntungan oleh perusahaan asuransi. Peminatnya malah boleh dibilang tak sedikit. Ini tercermin dari pertumbuhan asuransi yang positif tiap tahunnya. Sayangnya, masih ada yang belum mengerti hal-hal yang perlu dikenal dari asuransi mobil. Untuk itu, review ini akan memberi tahu hal-hal yang seharusnya dipahami sebelum mengambil asuransi mobil.

 

  1. Perlindungan yang Diinginkan

 

Asuransi mobil dibedakan menjadi dua menurut cakupan perlindungannya. Kedua asuransi mobil hal yang demikian, merupakan asuransi comprehensive dan Sempurna Loss Only (TLO). Bedanya, asuransi comprehensive akan membayar klaim untuk semua macam kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, berat, hingga kehilangan. Sementara asuransi TLO akan membayar klaim atas kerusakan lebih dari 75% pada mobil. Sebab cakupan perlindungannya hal yang demikian, jelas premi asuransi comprehensive lebih mahal diperbandingkan asuransi TLO. Bagaimana perusahaan asuransi memastikan kerusakannya, terutama yang teregistrasi di asuransi TLO, tergantung pada survei yang dijalankan. Jikalau layak dengan syarat, klaim akan diterima. Jikalau tak, klaim akan ditolak.

 

  1. Usia Usia yang Diasuransikan

 

Berapa tahun usia kendaraan yang dimiliki seharusnya dilihat. Usia kendaaraan akan berimbas pada premi asuransi yang dibayarkan. Ada syarat seandainya mobil yang akan diasuransikan berusia di atas 5 tahun, akan dikenakan tambahan biaya premi yang disebut loading fee. Besaran loading fee yang berlaku biasanya sekitar 5% per tahun. Jadi, kian tua usianya, kian besar loading fee-nya. Namun, ada batasan usia maksimal yang disahkan, seperti asuransi comprehensive yang batas maksimalnya 10 tahun dan TLO yang batas maksimalnya 15 tahun.

 

 

  1. Reputasi Perusahaan Asuransi

 

Ada kurang lebih 25 perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi mobil di Indonesia. Dari banyaknya perusahaan asuransi hal yang demikian, ada yang membedakan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Entah dari segi pelayanan, premi yang ditawarkan, hingga reputasi perusahaan asuransi itu sendiri. Untuk mengetahui sejauh mana reputasi perusahaan asuransi, ada sejumlah pengukuran yang dapat digunakan. Umum, mengevaluasi menurut Risk Based Capital (RBC), rasio likuiditas, dana jaminan untuk melindungi nasabah asuransi, investasi/cadangan teknis plus utang klaim, aktiva tetap, perubahan premi bruto, pendapatan premi neto, pendapatan investasi neto, rasio muatan klaim neto, hingga rasio laba. Selanjutnya-lihat kelihatan rumit memang. Lebih mudahnya asalkan perusahaan asuransi hal yang demikian teregistrasi pada Asosiasi Asuransi Profit Indonesia (AAUI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ini boleh jadi tanda perusahaan asuransi punya reputasi bagus. Dikasih, banyaknya cabang yang dimiliki. Kemudian jumlah nasabahnya dan penghargaan yang diterima.

 

  1. Umumnya yang Sebab

 

Jikalau perusahaan asuransi menawarkan asuransi mobil dengan beberapa keuntungan yang akan diterima nasabah. Tidaklah sama keuntungan yang diberi perusahaan asuransi yang satu dengan perusahaan asuransi yang lain. Paling tak hampir semua perusahaan asuransi sama-sama memberikan keuntungan tanpa survei kepada nasabah. Di luar itu beberapa perusahaan asuransi memberikan keuntungan lain, merupakan penerbitan polis dan surat instruksi kerja (SPK) 1 x 24 jam sesudah syarat terpenuhi, fasilitas derek gratis, layanan gratis ambulans, penggantian mobil, dan layanan emergency gratis. Pilihlah asuransi dengan banyak keuntungan, tapi dengan tetap memastikan reputasi perusahaan dan preminya.

 

  1. Bengkel yang Menjadi Rekanan

 

Bagi pemilik kendaraan, terutama mobil, urusan pemeliharaan (maintenance) atau pembenaran kerusakan yang dijalankan bengkel jadi hal yang utama. Sebab itu, pemilik kendaraan sedikit sungguh-sungguh selektif dalam memilih bengkel. Banyak bengkel, tapi soal daya kerja dan pelayanan punya kelasnya sendiri-sendiri. Tipe Anda sudah punya bengkel opsi, cari tahu apakah bengkel hal yang demikian sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan asuransi atau tak. Syukur-syukur bengkel opsi Anda menjadi bengkel rekanan perusahaan asuransi yang masuk daftar opsi Anda. Ketentuan tak, Anda perlu memastikan bengkel rekanan yang berprofesi sama dengan perusahaan asuransi. Pertimbangkan juga jumlah bengkel yang menjadi rekanan perusahaan asuransi. Banyaknya jumlah bengkel memberikan banyak opsi kepada Anda ke bengkel mana Anda membetuli mobil. Pilih bengkel dengan mengacu pada track record bengkel, lamanya pembenaran yang dijalankan bengkel, pemberian garansi dari bengkel, dan spare part yang dijual terjamin keorisinalannya.

 

Sebab menyangkut dengan uang yang disetorkan sebagai premi nantinya, mengambil asuransi seharusnya benar-benar didasari pemahaman benar dan menyeluruh.  sedikit yang kecewa dengan asuransi yang diambil karena lain dengan yang diinginkan. Untuk itu, pentingnya untuk mengetahui dan memahami supaya tak keliru.

Related posts