Daftar Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Part 1

Daftar Tempat Wisata di Indonesia

Sudah sejauh apa Anda menjelajah Indonesia? Anda lebih menyukai wisata ke luar negeri atau berkeliling negeri sendiri? Dari Sabang hingga Merauke, Indonesia bagai hamparan permadani dengan estetika alam yang luar biasa. Mulai dari kekayaan alam bawah laut hingga gugusan pegunungan, Indonesia yakni juaranya. Anda menyukai pantai? Indonesia mempunyai deretan pantai yang tak akan habis Anda jelajahi. Anda menyukai gunung? Indonesia mempunyai daftar pegunungan yang menunggu untuk lantas Anda daki.

 

Tidak hanya kekayaan alamnya yang melimpah, kebudayaan di Indonesia malah benar-benar pelbagai. Tiap-tiap-tiap daerah mempunyai adat istiadat khas yang menciptakan negeri ini kian berwarna. Masih meragukan kekayaan negeri sendiri? Berikut ikhtisar 10 daerah wisata di Indonesia yang seharusnya Anda kunjungi:

 

  1. Pulau Komodo

 

Pulau Komodo masuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo bersama pulau-pulau lain di sekitar Kepulauan Nusa Tenggara. Pada tahun 1986, UNESCO mempertimbangkan daerah wisata di Indonesia ini sebagai salah satu situs warisan dunia. Pulau ini dianggap sebagai habitat hewan komodo yang seharusnya dilindungi. Salah satu penghargaan tertinggi yang berhasil diraih yakni berhasil masuk dalam jajaran tujuh kejaiban alam di dunia atau yang lebih dikenal dengan New Seven Wonders of Nature pada tahun 2011.

 

Daerah wisata ini menawarkan estetika daratan dan alam bawah laut yang luar biasa. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di sini, mulai dari trekking, menyelam hingga snorkerling.

 

Untuk trekking, Anda dapat menjelajah pulau bersama rombongan dan seorang ranger atau pemandu. Dalam perjalanan, Anda dapat menemukan komodo yang sedang berburu mangsa atau beristirahat. Ranger akan membekali Anda dengan sebuah tongkat yang ujungnya bercabang. Tongkat ini diandalkan dapat melemahkan komodo ketika hewan ini mulai menyerang. Dengan menekan leher komodo memakai ujung tongkat yang bercabang, hewan ini lantas akan jinak. Penting bagi Anda untuk menjaga tiap-tiap gerakan ketika berjalan karena hewan ini benar-benar sensitif kepada gerakan yang tiba-tiba.

 

 

 

Menyelam dan snorkeling di perairan Pulau Komodo tak kalah mengasyikan. Daerah wisata ini juga dikenal dengan estetika alam bawah lautnya dan menjadi salah satu lokasi menyelam unggulan. Meski menarik lagi yakni adanya Pink Beach atau Pantai Merah Muda. Pantai ini yakni salah satu dari tujuh pantai di dunia yang mempunyai pasir berwarna kemerahan. Warna ini diduga berasal dari serpihan koral yang hancur dan bercampur bersama pasir pantai. Ketika terkena ombak, warna merah kian nampak terang karena berair.

 

  1. Trio Gili

 

Trio Gili yakni tiga pulau indah yang ada di Lombok. Ketiga pulau tersebut antara lain Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Ketiganya tak hanya dikenal oleh pelancong dalam negeri, tapi juga telah berhasil mengundang banyak pelancong mancanegara untuk datang.

 

Dari ketiga pulau tersebut, dapat dibilang Gili Trawangan yakni yang paling populer. Kecuali karena ukurannya yang lebih luas dibanding kedua pulau lainnya, di sini juga telah berdiri banyak daerah hiburan seperti bar dan cafe. Ada banyak kesibukan yang dapat Anda lakukan di daerah wisata ini mulai dari berjemur, menyelam hingga snorkeling. Meski lebih asyik, Anda juga dapat menyewa sepeda atau naik cidomo, kereta kuda semacam andong, untuk berkeliling pulau.

 

Pun Gili Trawangan lebih banyak dikunjungi, tapi Gili Meno dan Gili Air tak kalah menarik. Kedua pulau ini juga mempunyai estetika pantai dan alam bawah laut yang menunggu untuk Anda jelajahi. Suasana keduanya relatif lebih sepi dan hening sehingga pantas untuk Anda yang memang berharap lepas dari keramaian.

 

  1. Raja Ampat

 

Raja Ampat menjadi primadona baru di dunia pariwisata Indonesia. Pesona daerah wisata di Indonesia ini mulai banyak dikenal baik oleh pelancong dalam negeri ataupun mancanegara. Raja Ampat sendiri yakni kumpulan dari pulau-pulau di ujung Papua. Ada empat pulau utama di sini, yakni Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta.

 

Kekayaan alam bawah laut Raja Ampat tak perlu diragukan lagi. Perairan di daerah wisata ini dikenal sebagai salah satu lokasi menyelam dan snorkeling terbaik di dunia. Kecuali The Nature Conservancy menyebut bahwa sekitar 75% biota laut dunia dapat ditemukan di perairan Raja Ampat. Untuk membuktikannya, silakan siapkan perlengakapan menyelam Anda dan mulailah menjelajahi alam bawah lautnya. Bulan Oktober dan November disebut sebagai waktu yang terbaik untuk menyelam di sini karena cuaca dan kondisi perairan benar-benar pas.

 

Kecuali menyelam, Anda juga dapat menjelajah estetika daratan pulau-pulau di Raja Ampat ini. Warga setempat akan dengan berbahagia hati menawarkan jasa sebagai pemandu. Selama trekking, Anda juga dapat mampir ke rumah-rumah warga dan berinteraksi secara lantas atau membeli kerajinan tangan seperti patung suku Asmat dan alat musik tradisional hasil karya mereka sebagai suvenir.

 

  1. Danau Sentani

 

Danau Sentani disebut sebagai danau terbesar dengan di Papua. Tidak mengherankan memang, karena danau ini mempunyai luas sekitar 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Daerah wisata di Indonesia ini dihiasi dengan 21 pulau di sekitarnya yang menjadi perkampungan warga.

 

Apa saja yang dapat Anda lakukan di sini? Banyak. Anda dapat memancing, berenang atau berkeliling danau dengan perahu sewaan. Apabila masih merasa masih kurang, mengapa tak berkunjung ke desa-desa setempat? Anda dapat mampir ke rumah-rumah dan berbincang sambil merasakan kuliner khasnya.

 

Apabila Anda berkunjung pada pertengahan bulan Juni, selamat! Anda dapat sekaligus merasakan Festival Danau Sentani. Festival ini yakni acara rutin tahunan yang memperlihatkan pelbagai pertunjukkan seni dan adat istiadat Papua. Kecuali itu, pelbagai kuliner khas Papua dapat Anda nikmati di sini.

 

  1. Bali

 

Siapa tak mengenal Bali? Daerah untuk memilih daerah wisata apa yang paling menarik di Bali, karena hampir seluruh penjuru Bali yakni daerah wisata yang luar biasa. Bali mempunyai banyak estetika alam yang benar-benar indah mulai dari deretan pantainya, suasana pegunungannya hingga pura-pura sakralnya. Dari sekian banyak daerah wisata menarik, yang paling populer di alat pendengar pelancong tentu saja Pantai Kuta, Pantai Legian, Pantai Seminyak, Pura Tanah Lot dan suasana pedesaan Ubud.

 

Bali menjadi bukti bahwa untuk dapat menarikan perhatian dunia internasional, adat istiadat dan poin kekhasan tak perlu dikorbankan. Dengan tetap menjaga kebiasaannya, Bali justru mengundang banyak pelancong asing untuk datang. Di sini, Anda akan banyak menemui sekumpulan pelancong asing yang sedang merasakan pertunjukan seni dan adat istiadat khas Bali.