Mengetahui Usia Kehamilan yang Aman untuk Naik Kereta

Usia Kehamilan

Bepergian naik kereta api dianggap relatif lebih aman untuk ibu hamil (bumil) dibanding pesawat atau bis. Namun, naik kereta mempunyai jarak tempuh dan waktu yang lebih panjang daripada naik pesawat. Hal ini dapat membuat bumil lebih lelah. Penting untuk mengetahui persiapan yang tepat bagi bumil yang akan bepergian dengan kereta. Kereta api dapat disebut sebagai salah satu alat transportasi paling aman dan nyaman ketika hamil. Pergerakan kereta yang lurus mencontoh rel membuat Bunda tidak perlu menghadapi kemacetan. Pemandangan di sepanjang jalan juga dapat dinikmati. Kecuali itu, di dalam kereta eksekutif, Bunda juga lebih gampang meregangkan kaki daripada di dalam bis atau kendaraan beroda empat. Meski demikian, ada hal-hal lain yang konsisten sepatutnya Bunda observasi sebelum bepergian dengan kereta.

 

Dalam web legal Perusahaan Kereta Api Indonesia (PT KAI) mencantumkan regulasi ibu hamil (bumil)bepergian dengan kereta jarak jauh, yakni usia kehamilan 14-28 minggu, serta ibu dan kandungan sepatutnya dalam situasi sehat dan tidak ada kelainan. Pada usia kehamilan ini, mual di masa awal kehamilan biasanya sudah tidak terasa.

 

Untuk bumil dengan usia kehamilan kurang dari 14 minggu atau lebih dari 28 minggu, sepatutnya melampirkan surat keterangan dokter yang mengungkapkan kehamilan Bumil dalam situasi sehat. Jangan lupa, ada ketetapan lain bahwa Bumil sepatutnya dipandu minimal satu penumpang dewasa, antara lain untuk membawa barang bawaan ketika porter tidak tersedia.

 

Hal yang sedikit menyulitkan melainkan tidak dapat dihindari yakni jikalau kebersihan Mandi kereta yang Bumil tumpangi kurang memadai. Kecuali itu, lebih berhati-hati ketika ketika air buang kereta yang sedang berjalan dapat mengganggu keseimbangan.

 

Yang tidak tidak penting diingat, bumil yang sedang hamil si kecil kembar sebaiknya tidak bepergian tidak kehamilan 20 minggu. Bumil juga perlu menunda perjalanan jikalau mengalami perdarahan, nyeri atau kram perut, jikalau, sakit kepala, gangguan penglihatan, bengkak gangguan pada kehamilan. Dengan memerhatikan maupun naik kereta untuk ibu hamil, tutorial perjalanan Bumil tidak tidak hambatan. Selamat bepergian naik kereta dengan aman dan nyaman,