Kolam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor

Bogor

Salah satu daerah liburan alam di Bogor yaitu pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng yang ada di zona gunung kapur kawasan Parung, Bogor. Pemandian air panas ini berlokasi tak jauh dari kota Jakarta yang yaitu kota terpadat di Indonesia. Sebab letaknya yang hanya memerlukan waktu kurang dari 2 jam dari Jakarta, Tirta Sanita Ciseeng yaitu daerah liburan yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun orang terkasih.

 

Kolam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng berlokasi di Jalan Cogreg, Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor. Pemandian air panas ini berjarak sekitar 50 km dari kota Jakarta atau 1,5 jam perjalanan dengan kendaraan beroda empat. Berdasarkan penelitan TEMAC Thai Engineering Materials Analysis, C. Ltd., air panas di Tirta Sanita Ciseeng berasal dari gunung kapur yang mengandung sulfur alami dan bermanfaat untuk mengobati penyakit tulang maupun kulit. Selain itu, air panas di Tirta Sanita Ciseeng juga mengandung garam yang dapat membuat kulit menjadi kian mulus sesudah berendam.

 

Tirta Sanita Ciseeng Bogor tak hanya menawarkan liburan pemandian air panas saja, tetapi juga zona outbound dan penginapan sehingga pengunjung dapat merasakan estetika daerah liburan seluas 8 hektar ini. Selayaknya daerah pegunungan, daerah liburan Tirta Sanita Ciseeng ini memiliki panorama yang asri dan adem. Hal ini dapat dinikmati ketika Anda memasuki gerbang utama pemandian, di sana Anda akan menyaksikan deretan pohon palem raja yang tersusun rapi di sisi kiri dan kanan. Di samping pohon palem raja tersebut terdapat zona bermain buah hati, dan jika Anda menyusuri lebih jauh ke dalam, maka akan ada kios-kios penjual ikan cupang (Betta Splendens) yang dikemas dalam botol plastik.

 

Ketika hingga di komponen utama yang yaitu inti dari pemandian Tirta Sanita Ciseeng Bogor, Anda akan menemukan batu berukuran besar yang sudah berubah warna menjadi putih sebab kandungan sulfur yang ada di gunung kapur ini. Jikalau Anda naik sedikit ke atas, Anda akan memperhatikan kolam air panas berwarna putih kehijauan. Kolam air panas ini dipakai untuk pemandian terbuka yang dipakai beramai-ramai. Di sini, Anda juga akan menyaksikan panorama seperti gunung salju sebab puncaknya tertutup endapan kapur yang berwarna putih sehingga menyerupai salju. Berhati-hatilah ketika menaiki tangga sebab beberapa buah hati tangga sudah mulai rusak.

 

Selain pemandian terbuka, Tirta Sanita Ciseeng Bogor juga menyediakan pemandian tertutup yang berupa bilik-bilik. Pemandian tertutup yang terbagi menjadi kelas awam dan VIP ini hanya dapat dipakai oleh 1 orang per biliknya, tak dapat lebih padahal itu yaitu pasangan suami istri. Untuk dapat mengakses pemandian tertutup kelas VIP, Anda akan melalui jembatan serta wahana permainan flying fox. Pemandian kelas VIP ini berlokasi di kolam yang asri, di mana di tengah kolam terdapat tanaman teratai merah.

 

Selain pemandian air panas, Tirta Sanita Ciseeng Bogor juga menyediakan daerah outbound. Di sini ada banyak wahana permainan seperti high rope, bola air, flying fox, fun kart, motor cross, sepeda air, monorel, fancy trans, motor ATV, paintball, rumah balon, pesawat, bombom car, kolam renang buah hati-buah hati, dan terapi ikan. Selain itu, juga disediakan lapangan utama dan gedung serbaguna yang acap kali dipakai untuk mengadakan konser artis dari ibukota pada ketika akhir pekan.

 

Transportasi, Untuk mengakses pemandian ini, dapat dicapai melalui:

 

  1. Trek Bogor – Jampang hingga ke perempatan Ciseeng, kemudian ambil jalan lurus ke gunung kapur.
  2. Dari Bogor menuju Pasar Parung – Bojong Indah, kemudian ambil jalan ke kiri menuju gunung kapur.
  3. Dari Jakarta, jalan menuju Tirta Sanita sebaiknya melalui tol Pondok Indah – Serpong kemudian melalui Timbul / Puspitek hingga ke perempatan Pasar Prungpung dan ambil jalan lurus kurang lebih 4 km menuju lokasi yang berada di kiri jalan.
  4. Dari Pasar Ciputat, Jakarta menuju ke Parung kemudian ambil jalan belok ke kanan menuju Ciseeng.
  5. Jikalau tak melalui tol, dari Jakarta menuju Tirta Sanita Ciseeng dapat diakses dari Lebak Bulus – Pondok Cabe – Parung – belok kanan menuju Ciseeng.
  6. Dari Depok ke Sawangan menuju Pasar Parung kemudian lurus ke gunung kapur.
  7. Dari Tangerang menuju Serpong kemudian Puspitek – Pasar Prumpung lalu lurus ke arah gunung kapur.

 

Jikalau menerapkan transportasi awam, pakai angkutan kota D-29 dari Ciputat yang menuju Parung, kemudian stop di pertigaan menuju Ciseeng (Anda dapat bertanya kepada sopir angkutan kota jika tak tahu), dan naik angkutan kota lagi jurusan Ciseeng – Timbul (seluruh angkutan kota menuju pemandian air panas Tirta Sanita) atau naik ojek menuju Tirta Sanita Ciseeng.